Pengaruh Media Pembelajaran Digital dalam Meningkatkan Motivasi Belajar pada Mata Pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) di SMP Negeri 12 Kota Madiun

Binti Umi Nurhidayati, Nuswantari Nuswantari, Siti Nursabatun Wismarini

Abstract


Media pembelajaran merupakan suatu alat yang bisa digunakan dalam Pendidikan guna membantu peserta didik memahami materi pelajaran. Pada abad 21, perkembangan teknologi dan informasi dapat dijadikan sebagai media pendidikan, salah satunya adalah media digital. Media pembelajaran berbasis digital merupakan sebuah media yang menggunakan teknologi seperti  internet, dan berbagai macam lainnya. Media pembelajaran digital bisa menyampaikan materi pembelajaran kontekstual melalui audio maupun visual yang menarik dan interaktif. Pesatnya perkembangan teknologi komputer juga mendukung hal tersebut. Peneliti melakukan penelitian ini dalam rangka memotivasi siswa dalam mempelajari Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn). Tujuan penelitian ini untuk menjelaskan dampak pendidikan media digital terhadap pengembangan dukungan pendidikan pada program Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) di SMP Negeri 12 Kota Madiun. Metode dalam penelitian ini ialah metode deskriptif kualitatitf. Sebagai alat analisis yang dilengkapi data serta informasi hasil pengamatan. Berdasarkan hasil penelitian, penggunaan pembelajaran berbasis media digital pada pembelajaran PPKn memberikan pengaruh terhadap motivasi peserta didik. Jika menggunakan media digital peserta didik menjadi lebih terlihat aktif dalam pembelajaran, sehingga pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan menjadi lebih efektif dan efisien.

Keywords


Media Pembelajaran Berbasis Digital, Motivasi Belajar, Mata Pelajaran PPKn

Full Text:

PDF

References


Jannah, Raudhatul, dkk. 2020. Dampak Pengaruh Smartphone Terhadap Motivasi Belajar Anak SD Negeri 054876 Cinta Dapat, (Online), Vol.1, No.1, Hal. 55, (https://jurnal.stkipalmaksum.ac.id/i ndex).

Latif, Abdul. “Pengaruh Lingkungan Sekolah Terhadap Hasil Belajar Pendidikan Kewarganegaraan Pada Peserta Didik Di SMK Negeri Paku Kecamatan Binuang Kabupaten Polewali Mandar.” Papatuzu: Media Pendidikan dan Sosial Kemasyarakatan 7.1 (2016):13-26.

Muhasim, 2017. Pengaru Teknologi Digital Terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik,Vol 5.2, Hal. 68 Hhttps//media.neliti.com/media/publications/22 3789-the-influence-of-digital-technology.

Putri Dwi Putri. 2013. Pengaruh Teknologi Terhadap Pendidikan Di Era Sekarang. Disertasi. Padang : Universitas Negeri Padang.

Sholikhah,Imro’Atus,dkk. 2018. Konsepsi Teknologi Pendidikan. Jurnal Teknologi Pendidikan:

(http://core.ac.uk).

Sugiono, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D, (Bandung: Alfabeta, 2013), 204


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Binti Umi Nurhidayati, Nuswantari Nuswantari, Siti Nursabatun Wismarini

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

SEMINAR NASIONAL SOSIAL, SAINS, PENDIDIKAN, HUMANIORA (SENASSDRA) diterbitkan oleh UNIVERSITAS PGRI MADIUN.
SENASSDRA memiliki ISSN: 2987-3940
Alamat: Jl. Setia Budi No.85, Kanigoro, Kec. Kartoharjo, Kota Madiun, Jawa Timur 63118

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.