Peningkatan Kemampuan Membaca Siswa melalui Media Pembalajaran Flashcard pada Kelas I SDN 02 Madiun Lor

Alifya Rahma Hayya, Sri Lestari, Rita Rahmadhani

Abstract


Penggunaan media flashcard untuk peningkatan kemampuan membaca siswa melalui media pembelajaran flashcard pada kelas 1 SDN 02 Madiun Lor tahun pelajaran 2023/2024, yang melatar belakangi penelitian ini adalah guru tidak menggunakan media dalam mengajar, pembelajaran masih satu arah, dimana guru mendominasi pembelajaran sehingga siswa menjadi pasif dalam mengikuti pembelajaran. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mendeskripsikan cara meningkatkan kemampuan membaca siswa kelas 1 SDN 02 Madiun Lor tahun pelajaran 2023/2024. Penelitian ini dilakukan 1 kali pra siklus dan 2 siklus Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar bahasa indoneisa materi membaca  permulaan dilihat dari tetuntasan belajar klasikal siswa pada pra siklus sebesar 38% meningkat menjadi 85% pada siklus I dan pada siklus II meningkat menjadi 100%. Maka dapat disimpulkan dari siklus pertama dan siklus kedua dapat disimpulkan baha pembelajaran dengan menggunakan media flashcard dapat meningkatkan kemampuan membaca siswa kelas 1 SDN 02 Madiun Lor.


Keywords


Peningkatan, Media Flashcard, Kemampuan Membaca Permulaan

Full Text:

PDF

References


Akbar, S. (2017). Instrumen Perangkat Pembelajaran. Pendidikan.

Arsyad, A. (2011). Media Pembelajaran. Jakarta : Raja Grofindo.

Arsyad, A. (2013). Media Pembelajaran Ediri Revisi . Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Arsyad, A. (2013). Media Pembelajaran Edisi Revisi . Jakarta : PT Raja Grafindo Persada.

Fauziyah, Y. (2016). Efektivitas Penggunaan Media Flashcard Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Anak Usia Dini . Bandung : Universitas Pendidikan Indonesia .

Hamdani. (2011). Strategi Belajar Mengajar . Bandung : CV Pustaka Seti.

Hariyono, A. D. (2015). Metode Praktis Pengembangan Sumber dan Media Pembelajaran. Malang: Genius Media dan Pustaka Inspiratif.

Hasan, M. (2021). Media Pembelajaran . Klaten: Tahta Media Group.

Pakpahan, A. F. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran . Medan: Yayasan Kita Menulis.

Riana, S. &. (2009). Media Pembelajaran . Bandung : CV Wahana Prima.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Alifya Rahma Hayya, Sri Lestari, Rita Rahmadhani

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

SEMINAR NASIONAL SOSIAL, SAINS, PENDIDIKAN, HUMANIORA (SENASSDRA) diterbitkan oleh UNIVERSITAS PGRI MADIUN.
SENASSDRA memiliki ISSN: 2987-3940
Alamat: Jl. Setia Budi No.85, Kanigoro, Kec. Kartoharjo, Kota Madiun, Jawa Timur 63118

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.