Peningkatan Hasil Belajar Siswa Kelas II melalui Model Pembelajaran Project Based Learning pada Materi Jenis Sampah di SDN 02 Madiun Lor

Fajar Agung Nugroho, Fida Chasanatun, Yesi Novita Adisatriyani

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar Bahasa Indonesia materi jenis-jenis sampah dengan menggunakan model pembelajaran project based learning pada siswa kelas II SDN 02 Madiun Lor. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan dalam dua siklus, dengan empat tahapan yaitu: perencanaan (planning); aksi atau tindakan (acting); observasi (observating); dan refleksi (reflecting). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas II semester 2 SDN 02 Madiun Lor yang berjumlah 12 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar Bahasa Indonesia siswa mengalami peningkatan. Hal ini dapat ditunjukkan dengan persentase nilai ketuntasan belajar Bahasa Indonesia materi jenis-jenis sampah pada siklus I sebesar 33,33% atau 4 dari 12 siswa dan meningkat pada siklus II sebesar 91,67%. Ketuntasan hasil belajar siswa mengalami peningkatan sebesar 58,34%. Dapat disimpulkan bahwa ada peningkatan hasil belajar Bahasa Indonesia materi jenis-jenis sampah dengan menggunakan model pembelajaran project based learning pada siswa kelas II SDN 02 Madiun Lor.


Keywords


Hasil Belajar, Bahasa Indonesia, Project Based Learning

Full Text:

PDF

References


Destiana, Annisa dkk. 2023. “Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Project Based Learning.” Jurnal Ilmiah Multidisiplin Vol 2(: 2829-7466):226–31.

Dewi, Luh Willa Yasmira, and Kadek Linda Kusnita. 2023. “Edukasi Pemilahan Sampah Sejak Dini Di SDN 1 WONGAYA GEDE.” Jurnal Mandala Pengabdian Masyarakat 4(1):166–70. doi: 10.35311/jmpm.v4i1.189.

Khoirunnisa, Himatul, Ismatul Khasanah, and Ellya Rakhmawati. 2021. “Penanaman Karakter Peduli Lingkungan Melalui Ecobrick Pada Anak Usia 3-4 Tahun.” PAUDIA : Jurnal Penelitian Dalam Bidang Pendidikan Anak Usia Dini 10(1):211–18. doi: 10.26877/paudia.v10i1.8176.

Kristina, Efi, Syamsiati Program, Studi Pendidikan, Sekolah Dasar, and Fkip Untan. 2015. “Peningkatan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Ipa Menggunakan Media Konkrit Di Sekolah Dasar.” Pendidikan Dan Pembelajaran.

Nasution, Mardiah Kalsum. 2017. “Penggunaan Metode Pembelajaran Dalam Peningkatan Hasil Belajar Siswa.” STUDIA DIDAKTIKA: Jurnal Ilmiah Bidang Pendidikan 11(1):9–16.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Fajar Agung Nugroho, Fida Chasanatun, Yesi Novita Adisatriyani

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

SEMINAR NASIONAL SOSIAL, SAINS, PENDIDIKAN, HUMANIORA (SENASSDRA) diterbitkan oleh UNIVERSITAS PGRI MADIUN.
SENASSDRA memiliki ISSN: 2987-3940
Alamat: Jl. Setia Budi No.85, Kanigoro, Kec. Kartoharjo, Kota Madiun, Jawa Timur 63118

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.