Penerapan Problem Based Learning (PBL) melalui Media Kartu Gambar untuk Meningkatkan Kemampuan Memecahkan Masalah pada Peserta Didik Kelas IV Sekolah Dasar

Aqmarina Candra Astika, Hendra Erik Rudiyanto, Sumarsih Sumarsih

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan peserta didi dalam memecahkan soal cerita bergambar dengan menerapkan pembelajaran problem based learning. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas. Sebjek penelitian ini sebanyak 20 siswa kelas 4 SDN 02 Klegen. Penelitian menghasilkan kemampuan peserta didik dalam memecahkan soal cerita bergambar mengalami peningkatan dari 61,25% pada siklus I, kemudian meningkat pada silus II menjadi 71,25%, dan meningkat hingga 84,25% pada siklus III. Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa strategi problem based learning dengan menggunakan media kartu bergambar pada pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan dapat meningkatkan kemampuan peserta didik dalam pemecahan soal cerita bergambar.

Keywords


Problem based learning, Penelitian tindakan kelas, Kartu gambar, Memecahkan soal bergambar

References


Artika, N. S. (2021). Media Kartu Bergambar Terhadap Hasil Belajar Pendidikan Kewarganegaraan (PPKN) Program Studi Guru Sekolah Dasar.

Astra, I. G. (2019). Wahana Implementasi Model Pembelajaran Problem Based Instruction (PBI) untuk Meningkatkan Prestaddi Belajat IPA Siswa Kelas VII C SMP Negeri 4 Kubu Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2017/2018. Wahana Matematika dan Sains: Jurnal Matematika, Sains dan Pembelajarannya, 13(1), 71-80.

Aulia, L., & Budiarti, Y. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap kemampuan Pemecahan Masalah. Journal of Elementary School education, 2(1), 105—109.

Arifin, Zainal. (2012). Penelitian Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Aqib, Zainal, dkk. (2010). Penelitian Tindakan Kelas untuk Guru. Bandung: Yrama Widya.

Binov, H. (2019). Menyemai Nilai Pancasila Pada Generasi Muda Cendekia. ADIL INDONESIA JURNAL, 2(1), 13-23.

Christiana, dkk. (2014). Pengaruh Model Problem Based Learning Berbasis Penilaian Proyek Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis IPA SD Gugus VIII Sukawati. e-Journal Mimbar PGSD universitas Pendidikan Ganesha Jurusan PGSD, Vol.2(1).

Devi, E. A., & Cosmalinda. (2020). Meningkatkan Kepercayaan Diri dan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran Himpunan dengan Problem Based Instruction. Prosiding Nasional Pendidikan: LPPM IKIP PGRI Bojonegoro, 435-440.

Djamarah, S. B., & Zain, A. (2000). Guru dan Anak Didik Dalam Interaksi Edukatif. Jakarta: Rineka Cipta.

Djamarah, S. B., & Zain, A. (2010). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Gunantara, dkk. (2014). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas V. Jurnal Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha Jurusan PGSD, Vol.2(1).

Hadi, K., & Susanti, N. V. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Instruction (PBi) Terhadap hasil Belajar Siswa pada Materi Sistem Pencernaan Manusia di Kelas VIII SMP Negeri 2. Bionatural: Jurnal Ilmiah Pendidikan 46-55. https://www.ejournal.stkipbbm.ac.id/index.php/bio/article/view/188

Hamruni. (2012). Strategi Pembelajaran. Yogyakarta: Insan Madani.

Handayani, S. L., Budiarti, I. G., Kusmajid, K., & Khairil, K. (2021). Problem Based Instruction Berbantuan E-Learning: Pengaruhnya Terhadap Kemampuan Berpikit Kritis Peserta Didik sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 5(2), 697-705. https://doi.org/10.31004/basiicedu.v5i2.795

Happy, Nurina & Djamilah. (2014). Keefektifan PBL ditinjau dari Kemampuan Berpikir Kritis dan Kreatif Matematis serta Self-Esteem Siswa SMP. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, Vol.1 No.1.

Jean Piaget. (2002). Tingkat Perkembangan Kognitif. Jakarta: Gramedia.

Jesy, dkk. (2016). Implementation of Problem Based Learning Model to Improve Student’s Problem Solving Skill and Self-Effcacy (A Study on IX Class Student of SMP Muhammadiyah. Journal of Research & Method in Education Vol 6, Issue 3 Ver. IV.

Kemmis, S., & McTaggart, R. (1988). The Action Research Planner. In Action Research.

Kusumah, Wijayah & dedi Dwitagama. (2010). Mengenal Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Indeks.

Nurgiansah, T. Heru. (2021). Pendidikan Pancasila. Solok: Mitra Cendikia Media.

Qoribusyarif, H. (2020). Pengaruh Penggunaan Media Flashcard Terhadap Perkembangan Bahasa Anak Kelompok B di TK PKBM Halim Qoribusyarif, M. V. Reosminingsih Abstrak. J+ PLUS UNESA, 09(02), 154-160.

Simone, Christina De. (2014). Problem-Based Learning in Teacher Education:Trajectories of Change. International Journal of Humanities and Social Science. Vol.4, No.12.

Wardana, D. J., dkk. (2021). Sosialisasi Nilai-Nilai Pancasila. DisaksiMU (Journal Community service), 3(1), 770-778


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Aqmarina Candra Astika, Hendra Erik Rudiyanto, Sumarsih Sumarsih

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

SEMINAR NASIONAL SOSIAL, SAINS, PENDIDIKAN, HUMANIORA (SENASSDRA) diterbitkan oleh UNIVERSITAS PGRI MADIUN.
SENASSDRA memiliki ISSN: 2987-3940
Alamat: Jl. Setia Budi No.85, Kanigoro, Kec. Kartoharjo, Kota Madiun, Jawa Timur 63118

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.