Penerapan Problem Based Learning (PBL) melalui Media Kartu Gambar untuk Meningkatkan Kemampuan Memecahkan Masalah pada Peserta Didik Kelas IV Sekolah Dasar
Abstract
Keywords
References
Artika, N. S. (2021). Media Kartu Bergambar Terhadap Hasil Belajar Pendidikan Kewarganegaraan (PPKN) Program Studi Guru Sekolah Dasar.
Astra, I. G. (2019). Wahana Implementasi Model Pembelajaran Problem Based Instruction (PBI) untuk Meningkatkan Prestaddi Belajat IPA Siswa Kelas VII C SMP Negeri 4 Kubu Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2017/2018. Wahana Matematika dan Sains: Jurnal Matematika, Sains dan Pembelajarannya, 13(1), 71-80.
Aulia, L., & Budiarti, Y. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap kemampuan Pemecahan Masalah. Journal of Elementary School education, 2(1), 105—109.
Arifin, Zainal. (2012). Penelitian Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Aqib, Zainal, dkk. (2010). Penelitian Tindakan Kelas untuk Guru. Bandung: Yrama Widya.
Binov, H. (2019). Menyemai Nilai Pancasila Pada Generasi Muda Cendekia. ADIL INDONESIA JURNAL, 2(1), 13-23.
Christiana, dkk. (2014). Pengaruh Model Problem Based Learning Berbasis Penilaian Proyek Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis IPA SD Gugus VIII Sukawati. e-Journal Mimbar PGSD universitas Pendidikan Ganesha Jurusan PGSD, Vol.2(1).
Devi, E. A., & Cosmalinda. (2020). Meningkatkan Kepercayaan Diri dan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran Himpunan dengan Problem Based Instruction. Prosiding Nasional Pendidikan: LPPM IKIP PGRI Bojonegoro, 435-440.
Djamarah, S. B., & Zain, A. (2000). Guru dan Anak Didik Dalam Interaksi Edukatif. Jakarta: Rineka Cipta.
Djamarah, S. B., & Zain, A. (2010). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Gunantara, dkk. (2014). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas V. Jurnal Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha Jurusan PGSD, Vol.2(1).
Hadi, K., & Susanti, N. V. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Instruction (PBi) Terhadap hasil Belajar Siswa pada Materi Sistem Pencernaan Manusia di Kelas VIII SMP Negeri 2. Bionatural: Jurnal Ilmiah Pendidikan 46-55. https://www.ejournal.stkipbbm.ac.id/index.php/bio/article/view/188
Hamruni. (2012). Strategi Pembelajaran. Yogyakarta: Insan Madani.
Handayani, S. L., Budiarti, I. G., Kusmajid, K., & Khairil, K. (2021). Problem Based Instruction Berbantuan E-Learning: Pengaruhnya Terhadap Kemampuan Berpikit Kritis Peserta Didik sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 5(2), 697-705. https://doi.org/10.31004/basiicedu.v5i2.795
Happy, Nurina & Djamilah. (2014). Keefektifan PBL ditinjau dari Kemampuan Berpikir Kritis dan Kreatif Matematis serta Self-Esteem Siswa SMP. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, Vol.1 No.1.
Jean Piaget. (2002). Tingkat Perkembangan Kognitif. Jakarta: Gramedia.
Jesy, dkk. (2016). Implementation of Problem Based Learning Model to Improve Student’s Problem Solving Skill and Self-Effcacy (A Study on IX Class Student of SMP Muhammadiyah. Journal of Research & Method in Education Vol 6, Issue 3 Ver. IV.
Kemmis, S., & McTaggart, R. (1988). The Action Research Planner. In Action Research.
Kusumah, Wijayah & dedi Dwitagama. (2010). Mengenal Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Indeks.
Nurgiansah, T. Heru. (2021). Pendidikan Pancasila. Solok: Mitra Cendikia Media.
Qoribusyarif, H. (2020). Pengaruh Penggunaan Media Flashcard Terhadap Perkembangan Bahasa Anak Kelompok B di TK PKBM Halim Qoribusyarif, M. V. Reosminingsih Abstrak. J+ PLUS UNESA, 09(02), 154-160.
Simone, Christina De. (2014). Problem-Based Learning in Teacher Education:Trajectories of Change. International Journal of Humanities and Social Science. Vol.4, No.12.
Wardana, D. J., dkk. (2021). Sosialisasi Nilai-Nilai Pancasila. DisaksiMU (Journal Community service), 3(1), 770-778
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Aqmarina Candra Astika, Hendra Erik Rudiyanto, Sumarsih Sumarsih
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.