Layanan Bimbingan Klasikal Menggunakan Metode Project Based Learning untuk Meningkatkan Keterampilan Sosial Kelas VII C di SMPN 13 Madiun

Fariha Nadiya Lubab Fahrurrozi, Tyas Martika Anggriana, Heri Tursilowati

Abstract


Keterampilan sosial perlu di kuasai oleh seluruh peserta didik karena membantu mereka mampu berkomunikasi dan berkolaborasi secara efektif dengan individu lain dalam berbagai konteks dan kondisi yang berbeda, meningkatkan kemampuan komunikasi, membangun hubungan yang baik, serta memperoleh dukungan sosial yang penting dalam kehidupan pribadi dan profesional mereka di masa depan. Maksud dari penulisan artikel ini adalah agar pembaca dapat mengetahui efektivitas layanan bimbingan klasikal dengan metode project based learning untuk meningkatkan keterampilan sosial peserta didik di SMPN 13 Madiun. Jenis penelitian yang dilakukan adalah menggunakan Penelitian Tindakan Bimbingan dan Konseling (PTBK). Berdasarkan hasil evaluasi pada siklus pertama terdapat beberapa peserta didik belum dapat meningkatkan keterampilan sosial merekadengan presentase 40% yaitu pada indikator kemampuan memahami prespektif orang lain dan kemampuan mengendalikan emosi dan situasi sosial. Dan pada hasil siklus kedua maka dapat diketahui seluruh peserta didik pada kelas tersebut dapat menunjukkan peningkatan keterampilan sosial secara signifikan dengan presentase 90% sesuai dengan ketercapaiannya pada indikator keterampilan sosial. Berdasarkan hasil kesimpulan diatas maka hasil PTBK yang telah dilakukan di SMPN 13 Madiun bahwa Pendekatan layanan bimbingan klasikal yang menerapkan metode project based learning dapat untuk meningatkan keterampilan sosial pada kelas VII C di SMPN 13 Madiun.

Keywords


Bimbingan Klasikal, Project Based Learning, Keterampilan Sosial

References


Andini, L. (2020). Pengaruh Metode Project Based Learning terhadap Pengembangan Keterampilan Sosial Peserta didik. Jurnal Pendidikan Indonesia, 8(3), 234–245.

Ariyanto, R., Dwi Wicaksono, V., & Handayani, S. (2023). Peningkatan Keterampilan Sosial dan Hasil Belajar pada Materi Membangun Masyarakat yang Beradab melalui Pendekatan Project Based Learning pada Peserta didik Kelas IV SDN Besah KEDUA. Jurnal Kajian Pendidikan Dasar, 8(2), 121–209. https://journal.unismuh.ac.id/index.php/jkpd

Christina, V. (2011). Dampak Psikologis Pada Remaja Korban Bullying. In Program Sarjana Universitas Katolik Soegijapranata Semarang.

Creswell, J. (2014). Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches. CA: SAGE Publications.

Heriyanti, I. P., & Bhakti, C. P. (2022). Strategi Layanan Bimbingan Klasikal Blended Learning Berbasis Project Based Learning Untuk Meningkatkan Self Regulated Learning Peserta didik. Jurnal Mahapeserta didik BK An-Nur : Berbeda, Bermakna, Mulia, 8(2), 40. https://doi.org/10.31602/jmbkan.v8i2.7093

Minarni, A. (2016). Pengaruh pembelajaran berbasis masalah terhadap kemampuan pemahaman matematis dan keterampilan sosial smp negeri di kota Bandung. Jurnal Pendidikan Matematika Paradikma, 6(2), 162–174.

Nurihsan, A. J., & Agustin, M. (2013). Dinamika Perkembangan Anak Dan Remaja: Tinjauan Psikologi, Pendidikan Dan Bimbingan. PT. Refika Aditama.

Pendidikan Indonesia, T. (2019). Penelitian Tindakan Bimbingan dan Konseling: Teori dan Praktik. Pustaka Pelajar.

Sugiono. (2016). metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta.

Trianto. (2014). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif, Progresif dan Kontekstual. Prenadamedia Group.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Fariha Nadiya Lubab Fahrurrozi, Tyas Martika Anggriana, Heri Tursilowati

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

SEMINAR NASIONAL SOSIAL, SAINS, PENDIDIKAN, HUMANIORA (SENASSDRA) diterbitkan oleh UNIVERSITAS PGRI MADIUN.
SENASSDRA memiliki ISSN: 2987-3940
Alamat: Jl. Setia Budi No.85, Kanigoro, Kec. Kartoharjo, Kota Madiun, Jawa Timur 63118

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.