Media Pembelajaran Smart Apps Creator (SAC) Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis pada Mata Pelajaran Matematika Kelas IV SD

Falah Firdaus, Heny Kusuma Widyaningrum, Fauzatul Marufah Rohmanurmeta

Abstract


Penelitian ini difokuskan pada bidang penelitian dan pengembangan dan dilakukan menggunakan metodologi penelitian ADDIE. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pengembangan media Smart App Creators (SAC) terhadap kemampuan berpikir kritis siswa dalam mata pelajaran matematika di kelas IV SD. Observasi, wawancara, dan angket atau kuesioner adalah metode pengumpulan data. Berdasarkan hasil uji validitas yang dilakukan pada media pembelajaran SAC yang dikembangkan, disimpulkan bahwa ada dua komponen yang dievaluasi: materi. Aspek yang dievaluasi termasuk isi, materi, pembelajaran, dan bahasa, dengan presentase validitas sebesar 78,75%. Terakhir, sampel yang terdiri dari aspek media yang dikategorikan menurut tampilan dan kepraktisan memiliki presentase validitas sebesar 92,5%. Berdasarkan hasil penilaian validitas ini, disimpulkan bahwa. 


Keywords


Smart Apps Creator (SAC), Kemampuan Berpikir Kritis, Pembelajaran Matematika

Full Text:

PDF

References


Arnandi, F., Siregar, N., & Fitriawan, D. (2022). Media Pembelajaran Matematika Menggunakan Smart Apps Creator pada Materi Bilangan Bulat di Sekolah Dasar. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(3), 345–356. https://doi.org/10.31980/plusminus.v2i3.2194.

AULIA, S. R. (2024). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS ANDROID MENGGUNAKAN ADOBE ANIMATE CC PADA MATERI SISTEM GERAK.

Chang, C.-C., Liang, C., Chou, P.-N., & Lin, G. Y. (2017). Is Game-Based Learning Better in Flow Experience and Various Types of Cognitive Load Than Non-Game- Based Learning? Perspektive from Multimedia and Media Richness. Computers in Human Behavior, 71, 218–227. Retrieved from https://doi.org/10.1016/j.chb.2017 .01.031.

Dasmo, Astuti, I. A. D., & Nurullaeli. (2017). Pengembangan Pocket Mobile Learning Berbasis Android. JRKPF UAD, 4(2), 71– 77.

Elviana, D., & Julianto. (2022). Pengembangan Media Smart Apps Creator (SAC) Berbasis Android Pada Materi Suhu Dan Kalor Mata Pelajaran IPA Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 10(4), 746–760.

Frengky. 2011. Model Pembelajaran Matematika Siswa Kelas Satu Sekolah Dasar. Psikologi, Vol.35 (2): 151-163.

Khasanah, K. (2016). Pengaruh Strategi Pembelajaran Berbasis Masalah Dan Model Pensekoran Terhadap Hasil Belajar Matematika Dengan Mengontrol Inteligensi Siswa. Jurnal Teknologi Pendidikan, 5(01), 1–15.

Komalasari, R. (2020). Manfaat Teknologi Informasi dan Komunikasi di Masa Pandemi Covid 19. Tematik, 7(1), 38–50. https://doi.org/10.38204/tematik.v7i1.369

Kurniasih, S. (2021). The Influence of Android-Based Mobile Learning on Students’ Learning Independence on the Subject of Derivative Algebraic Functions. ITEJ (Information Technology Engineering Journals), 4(2), 67–74. https://doi.org/10.24235/itej.v4i2.32.

Lutfiana, D. A., Hartini, H., & Widyaningrum, H. K. (2023). Pengembangan Media Animasi Berbasis Muvizu Pada Pembelajaran Tematik kelas II SDN 1 Gelanglor. Prosiding Konferensi Ilmiah Dasar, 4, 357-364.

Mahardika, A. B. S., & Prof.Dr.Mustaji, M. P. (2018). Viii Smpn 24 Surabaya Pengembangan Media Video Animasi Motion Graphic Materi Bentuk- Bentuk Kerjasama Asean Pelajaran Ips Bagi Siswa Kelas Viii Di Smpn 24 Surabaya Anugrah Budi Satria Mahardika Abstrak. Jurnal Mahasiswa Teknologi Pendidikan …. https://core.ac.uk/download/pdf/322567973.pdf

Mohamad Siri Muslimin, Norazah Mohd Nordin, & Ahmad Zamri Mansor. (2017). MobiEko : A MOBILE EDUCATIONAL APP. Malaysian Journal of Learning and Instructional, 2017(Special Issues), 221–255. https://e-journal.uum.edu.my/index.php/mjli/article/view/mjli.2017.7804/894

Mulyani, F., & Haliza, N. (2021). Analisis Perkembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (Iptek) Dalam Pendidikan. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 3(1), 101–109. https://doi.org/10.31004/jpdk.v3i1.1432

Pramono, R. (2023). Indonesian Journal of Teaching and Learning PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN GAME ULAR TANGGA DIGITAL TENTANG MODERASI BERAGAMA DI MAN 2 BANJARNEGARA Ridlo Pramono Riwayat Artikel. Indonesian Journal of Teaching and Learning, 2(1), 97–104. http://journals.eduped.org/index.php/intel

Putra, E. A., Sudiana, R., & Pamungkas, A. S. (2020). Pengembangan Smartphone Learning Management System (S-LMS) Sebagai Media Pembelajaran Matematika di SMA. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 11(1), 36–45. https://doi.org/10.15294/kreano.v11i1.21014.

Putri, N. R., Widyaningrum, H. K., & Yanto, E. N. A. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Komik Digital Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas V Pada Pembelajaran Tematik. Prosiding Konferensi Ilmiah Dasar, 4, 852-863..

Rindiana, D., & Firdausi, T. (2019). Evaluasi Penerapan Kelas Digital pada SMP Al- Azhar 21 Sukoharjo. Academia: Journal of Multidisciplinary Studies. 3(1), 77-92. ISSN 2579-9711.

Robianto, A., & Wahono, M. 2019. “Pengembangan Modul Berbasis Aplikasi Android Untuk Mata Kuliah Ilmu Bahan Teknik Pada Prodi D3 Teknik Mesin Universitas Negeri Malang.” jurnal teknik mesin dan pembelajaran 2: 124–33.

Soejadi, 2000. Kiat Pendidikan Matematika di Indonesia. Jakarta: Dirjen Dikti Depdikbud.

Sugiyono, S. (2015). Metode Penelitian & Pengembangan Research and Development. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono, 2021. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R&D(M.Dr. Ir. Sutopo, S.Pd (Ed); Ke2 Ed).

Suhartati, O. (2021). Flipped Classroom Learning Based on Android Smart Apps Creator (SAC) in Elementary Schools. Journal of Physics: Conference Series, 1823(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1823/1/012070

Sulistiyarini, D., & Sukardi, S. (2016). the Influence of Motivation, Learning Styles, Teacher Leadership, and Teaching Intensity on Students’ Leaning Outcomes. Jurnal Pendidikan Teknologi Dan Kejuruan, 23(2), 136. https://doi.org/10.21831/jptk.v23i2.12296.

Susilawati, E., Agustinasari, A., Samsudin, A., & Siahaan, P. (2020). Analisis Tingkat Keterampilan Berpikir Kritis Siswa SMA.

Ulfa, Yulia & Sari, Prima. (2021). Pengembangan Macromedia Flash Berbasis Keterampilan Berpikir Kritis di Sekolah Dasar. EDUKATIF : JURNAL ILMU GURUAN. 3. 3131-3144. 10.31004/edukatif.v3i5.1235.

Widiastika, M. A., Hendracipta, N., & Syachruroji, A. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Mobile Learning Berbasis Android pada Konsep Sistem Peredaran Darah di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(1), 47–64. Retrieved from https://doi.org/10.31004/basicedu. v5i1.602.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Falah Firdaus, Heny Kusuma Widyaningrum, Fauzatul Marufah Rohmanurmeta

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

SEMINAR NASIONAL SOSIAL, SAINS, PENDIDIKAN, HUMANIORA (SENASSDRA) diterbitkan oleh UNIVERSITAS PGRI MADIUN.
SENASSDRA memiliki ISSN: 2987-3940
Alamat: Jl. Setia Budi No.85, Kanigoro, Kec. Kartoharjo, Kota Madiun, Jawa Timur 63118

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.