Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Siswa pada Tema 8 Lingkungan Sahabat Kita Kelas V SDN 03 Nambangan Kidul

Devita Rahmawati, Purwandari Purwandari, Nanik Yuliani

Abstract


Pendidikan abad-21 mengharuskan siswa untuk mampu mempunyai kemampuan berpikir kritis. Adapun satu dari berbagai usaha yang mampu dilaksanakan guna menumbuhkembangkan kemampuan berpikir kritis siswa ialah melalui penerapan model pembelajaran Discovery Learning. Model pembelajaran Discovery Learning ialah model pembelajaran yang mengharuskan siswa mencari atau menelusuri sebuah pengetahuan dengan berpikir secara mandiri. Di mana kegiatan belajar mengajar ini didalamnya pendidik hanya sebagai pengarah yang membimbing siswa, jika mengalami kesulitan dalam penemuan suatu informasi. Berdasarkan latar belakang tersebut, penelitian ini mempunyai rumusan masalah berikut “bagaimanakah proses pembelajaran dengan model pembelajaran Discovery Learning mampu meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar siswa kelas V-A pada Tema 8 Lingkungan Sahabat Kita di SDN 03 Nambangan Kidul?. Penelitian ini memakai jenis penelitian Tindakan Kelas (PTK) sedangkan cara mengumpulkan datanya, yakni dijalankan melalui teknik wawancara, observasi dokumentasi, dan tes serta penelitian ini menggunakan subjek siswa kelas V-A sebanyak 19 siswa. Hasilnya, penelitian ini memperlihatkan bahwa dengan menerapkan model pembelajaran Discovery Learning mampu meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar siswa kelas V-A pada Tema 8 Lingkungan Sahabat Kita secara klasikal, ditunjukkan dari presentase ketuntasan siswa di kegiatan pra siklus sebesar 68%, selanjutnya naik menjadi 79% di siklus I, dan naik kembali menjadi 100% di siklus II. Sehingga, kondisi ini dapat diartikan bahwa telah terjadi peningkatan presentase kemampuan berpikir kritis siswa secara klasikal dari pra siklus ke siklus I sebesar 11% dan terjadi peningkatan presentase kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar secara klasikal dari siklus I ke siklus II sebesar 21%.

Keywords


Discovery Learning, Kemampuan berpikir kritis, Hasil belajar, Sekolah dasar.

Full Text:

PDF

References


Alaslan, A. 2021. Metode Penelitian Kualitatif. Edisi Pertama. Depok: PT Rajagrafindo Persada.

Egok, A. S. 2016. Kemampuan berpikir kritis dan kemandirian belajar dengan hasil belajar matematika. Jurnal Pendidikan Dasar UNJ. 7(2):186-199.

Finali, Z., dan L. P. I. Budyawati. (2022). Ekopedagogik dalam Pembelajaran di Sekolah Dasar sebagai Pendukung Penguatan Pendidikan Karakter Bangsa. Jurnal Pendidikan Ekonomi. 16(2):243–249.

Kristin, F. 2016. Analisis Model Pembelajaran Discovery Learning dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SD. Jurnal Pendidikan Dasar Perkhasa: Jurnal Penelitian Pendidikan Dasar. 2(1):90-98.

Masyhud, M. S. 2015. Analisis Data Statistik untuk Penelitian Pendidikan. Edisi Keempat. Jember: Lembaga Pengembangan Manajemen dan Profesi Kependidikan.

Masyhud, M. S. 2021. Metode Penelitian Pendidikan Penuntun Teori dan Praktik Penelitian Bagi Calon Guru, Guru, dan Praktisi Pendidikan. Edisi Ketujuh. Jember: Lembaga Pengembangan Manajemen dan Profesi Kependidikan.

Murdiyanto, E. 2020. Penelitian Kualitatif (Teori dan Aplikasi Disertai Contoh Proposal). Edisi Pertama. Yogyakarta: Lembaga Penelitian dan Pengabdian pada Masyarakat UPN Veteran Yogyakarta Press.

Ana, N. Y. 2018. Penggunaan Model Pembelajaran Discovery Learning dalam Peningkatan Hasil Belajaran Siswa Di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Pembelajaran. 2(1):21-28.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Devita Rahmawati, Purwandari Purwandari, Nanik Yuliani

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

SEMINAR NASIONAL SOSIAL, SAINS, PENDIDIKAN, HUMANIORA (SENASSDRA) diterbitkan oleh UNIVERSITAS PGRI MADIUN.
SENASSDRA memiliki ISSN: 2987-3940
Alamat: Jl. Setia Budi No.85, Kanigoro, Kec. Kartoharjo, Kota Madiun, Jawa Timur 63118

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.