Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Learning Tipe Jigsaw Menggunakan Media Pembelajaran Kahoot Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Mahasiswa pada Mata Kuliah Otomasi Industri

Cindy Eka Pralaswati, Nurulita Imansari, Prabakti Endramawan

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran cooperative learning tipe jigsaw mengguunakan media Kahoot pada mata kuliah Otomasi Industri terhadap hasil belajar mahasiswa. Metode penelitian yang dignakan adalah metode pre-experimental dengan desain penelitian one-group pretest-posttest design. Uji coba dilakukan pada mahsiswa semester 4 yang sedang mengambil mata kuliah Otomasi Industri. Hasil dari uji t menggunakan uji paired t-test menunjukkan hasil sig (2-tailed) adalah 0,000 < 0,05, maka H0 ditolak dan H1 diterima. Berdasarkan hasil yang diperoleh pada uji t tersebut, maka dapat disimpulkan jika model pembelajaran cooperative learning tipe jigsaw menggunakan media pembelajaran Kahoot pada mata pembelajaran Otomasi Industri berpengaruh pada peningkatan hasil belajar mahasiswa.

Keywords


Cooperative learning tipe jigsaw, Kahoot, Otomasi Industri, Hasil belajar

Full Text:

PDF

References


Anggraini, F. D. (2022). Pembelajaran Statistika Menggunakan Software SPSS untuk Uji Validitas dan Reliabilitas. Jurnal Basicedu, 6(4), 6491-6504. doi:10.31004/basicedu.v6i4.3206

Astiti, N. D. (2021). Faktor Yang Mempengaruhi Hasil Belajar IPA. Mimbar Ilmu, 26(2), 193. doi:10.23887/mi.v26i2.35688

Budiyanto, M. P. (2023). Desain Dan Implementasi Programmable Logic Controller Zelio Soft2 Pada Proses Otomasi Industri Pengepakan. Jurnal Teknologi dan Vokasi, 1(1), 63-67. doi:10.21063/jtv.2023.1.1.9

Darma, B. (2021). Statistika Penelitian Menggunakan Spss (Uji Validitas, Uji Reliabilitas, Regresi Linier Sederhana, Regresi Linier Berganda, Uji t, Uji F, R2). Jakarta: GUEPEDIA.

Darmawan, A. (2020). Pengaruh Penggunaan Kahoot Terhadap Hasil Belajar Materi Ruang Lingkup Biologi. EduTeach : Jurnal Edukasi dan Teknologi Pembelajaran, 2, 91-99. doi:10.37859/eduteach.v1i2.1974

Dr. Heru Kurniawan, M. (2021). Pengantar Praktis Penyusunan Instrumen Penelitian. Yogyakarta: Deepublish.

Dr. Natalia Christiani, M. H. (2019). Modul Teknologi Pembelajaran: KAHOOT. Sukabumi: CV Jejak (Jejak Publisher).

Drs. Syafril, M. (2019). Statistik Pendidikan. Jakarta: KENCANA.

Firdaus, T. A. (2023). Implementasi Sistem Rencana Pembelajaran Semester Berbasis Web Untuk Mempermudah Proses Pembelajaran. Jurnal Teknoinfo, 17(1), 156. doi:10.33365/jti.v17i1.2348

Fridaram, O. I. (2021). Meningkatkan Konsentrasi Belajar Peserta Didik dengan Bimbingan Klasikal Metode Cooperative Learning Tipe Jigsaw. Magistrorum et Scholarium: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(2), 161-170.

Gunawan, I. R. (2023). Pengaplikasian Pembelajaran Model Jigsaw untuk Meningkatkan Hasil Pembelajaran Siswa. PTK: Jurnal Tindakan Kelas, 4(1), 125-134. doi:10.53624/ptk.v4i1.294

Hidayat, A. A. (2021). Cara Mudah Menghitung Besar Sampel. Surabaya: Health Books Publishing.

Ir. Syofian Siregar, M. (2023). Statistik Parametrik untuk Penelitian Kuantitatif. Jakarta: Bumi Aksara.

Irmayanti, L. W. (2021). Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Matematika Materi Persamaan Kuadrat Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw pada Siswa Kelas IX H SMP Negeri 1 Margasari Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2019/2020. Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 3(5), 439-448,.

Irwan, I. L. (2019). Efektifitas Penggunaan Kahoot! untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Pedagogia : Jurnal Pendidikan, 8(1), 95-104.

Karmila Sari, R. S. (2021). Quizizz Atau Kahoot, Gamifikasi Dalam Pembelajaran Bahasa Inggris. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan (JURDIKBUD), 1(3), 78-86.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Cindy Eka Pralaswati, Nurulita Imansari, Prabakti Endramawan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

SEMINAR NASIONAL SOSIAL, SAINS, PENDIDIKAN, HUMANIORA (SENASSDRA) diterbitkan oleh UNIVERSITAS PGRI MADIUN.
SENASSDRA memiliki ISSN: 2987-3940
Alamat: Jl. Setia Budi No.85, Kanigoro, Kec. Kartoharjo, Kota Madiun, Jawa Timur 63118

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.