Model Project Based Learning Berbantuan Media Audio Visual Terhadap Ketrampilan Menulis Teks Narasi Tema Anak Siswa Kelas IV

Bintang Astririana Anista Putri, Fauzatul Marufah Rohmanurmeta, Heny Kusuma Widyaningrum

Abstract


Di tingkat sekolah dasar, keterampilan menulis teks narasi dengan menggunakan bahasa indonesia yang baik dan benar merupakan sebuah keterampilan yang penting. Oleh karena itu, penggunaan media yang tepat perlu dipertimbangkan agar tujuan pembelajaran kemampuan menulis teks narasi dapat tercapai. Berdasarkan hal tersebut, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model pembelajaran Project Based Learning dalam meningkatkan ketrampilan menulis teks narasi dengan menggunakan media digital di sekolah dasar khususnya kelas IV SDN Banjar Sari 01. Penelitian ini menggunakan desain penelitian tindakan kelas yang terdiri atas dua siklus. Hasil penelitian tersebut  menunjukkan peningkatan dalam menulis teks narasi SDN Banjarsari 1. Proses pembelajaran menunjukkan terjadinya peningkatan yang cukup signifikan dimana pada siklus I siswa ketntasan hasil belajar sebesar 53,84%, sedangkan siklus II presentase ketuntasan belajar 76,92%.


Keywords


Media audio, menulis, teks narasi, model PJBL

Full Text:

PDF

References


Afriani, L., & Fitria, Y. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Berbantuan Adobe Flash Cs6 untuk Pembelajaran pada Masa Pandemi Covid-19. EDUKATIF : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(4), 2141–2148.

Andri Wicaksono. (2014). Menulis Kreatif Sastra.

Ardianti, S. D., Pratiwi, I. A., & Kanzunnudin, M. (2017). Implementasi Project Based Learning (PJBL) berpendekatan science edutainment terhadap kreativitas peserta didik. Jurnal Ilmiah Kependidikan, 7(2), 145–150.

Arikunto, S. (2015). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Rineka Cipta.

Aryananda, J., Chamisijatin, L., & Hafi, A. (2019). Penerapan Model Think Talk Write Untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Kalimat Efektif Pada Siswa Kelas Iii Sdn Sumbersari 1 Kota Malang. Jurnal Basicedu, 3(1).

Cahyadi, E., Dwikurnaningsih, Y., & Hidayati, N. (2019). Peningkatan hasil belajar tematik terpadu melalui model project based learning pada siswa sekolah dasar. Jurnal Riset Teknologi Dan Inovasi Pendidikan, 2(1), 205–218.

Costadena, M. P., & Suniasih, N. W. (2022). E-LKPD Interaktif Berbasis Discovery Learning pada Muatan IPA Materi Ekosistem. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 6(2), 180–190.

Febianti, V., Kusuma, H., & Yanto, E. N. A. (2023). “Pengaruh Media Animasi Audio Visual terhadap Keterampilan Menulis Dongeng Fabel pada Pembelajaran Bahasa Indonesia.” Seminar Nasional Sosial Sains, Pendidikan, Humaniora (SENASSDRA), 2(2), 475–483.

Hamka, D., & Effendi, N. (2019). Pengembangan media pembelajaran blended learning berbasis edmodo pada mata kuliah fisika dasar di program studi pendidikan IPA. Journal of Natural Science and Integration, 2(1), 19–33.

Harahap, E. F., & Amanda, R. Y. (2022). Analisis Pengeluaran Pemerintah, Pendidikan, Angkatan Kerja, Dan Pmdn Terhadap Pertumbuhan Ekonomi Di Sumatera Barat. E-Jurnal Apresiasi Ekonomi, 10(2), 132–138.

Kurniasih, & Sani. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Ekonomi Peserta Didik Kelas XII IPS 2 SMA Negeri 13 Palembang. Jurnal Profit.

Martavia, R. F., Thahar, H. E., & Asri, Y. (2016). Hubungan minat baca dengan keterampilan menulis narasi ekspositoris siswa kelas VII SMP Negeri 11 Padang. Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 5(2), 363–369.

Nafi’ah, S. A. (2018). Model-model pembelajaran bahasa indonesia di sd/mi.

Ramadhani, S. (2020). Model Pembelajaran Sinektik Dan Penguasaan Kosakata Terhadap Keterampilanmenulis Puisi Siswakelas V Sd Pangeran Antasari Medan Tahunpembelajaran 2020. 7(1), 12–22.

Rasyidin, A. (2008). Filsafat Pendidikan Islam. Ciptapustaka.

Rizal, M. P. dkk. (2022). Metodologi Penelitian Kualitatif. Pradina Pustaka.

Rohilah, Asri, S. A., & Ayuningrum, S. (2020). Meningkatkan Keterampilan Menulis Puisi Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Melalui Metode Estafet Writing. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan STKIP Kusuma Negara II, 148–155.

Surya, A. P., Relmasira, S. C., & Hardini, A. T. A. (2018). Penerapan model pembelajaran Project Based Learning (PJBL) untuk meningkatkan hasil belajar dan kreativitas siswa kelas III SDN Sidorejo Lor 01 SalatigaB SALATIGA. Jurnal Pesona Dasar, 6(1), 41–54.

Trianto. (2014). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif, Progresif dan Kontekstual. Prenadamedia Group.

Zainal, T. (2015). Pembelajaran Mengarang Deskripsi Di Sekolah Dasar.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Bintang Astririana Anista Putri, Fauzatul Marufah Rohmanurmeta, Heny Kusuma Widyaningrum

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

SEMINAR NASIONAL SOSIAL, SAINS, PENDIDIKAN, HUMANIORA (SENASSDRA) diterbitkan oleh UNIVERSITAS PGRI MADIUN.
SENASSDRA memiliki ISSN: 2987-3940
Alamat: Jl. Setia Budi No.85, Kanigoro, Kec. Kartoharjo, Kota Madiun, Jawa Timur 63118

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.