Pengembangan Media Wordwall untuk Melatih Keterampilan Computational Thinking Peserta Didik pada Materi Sejarah Hindu-Buddha di Indonesia

Bella Merly Farohmatul Ummah, Yudi Hartono, Siti Nur Kholipah

Abstract


Media pembelajaran merupakan hal yang sangat diperlukan untuk menyampaikan dan menerima materi yang sedang di dibahas. Dalam artikel ini, Peneliti mengembangkan sebuah media pembelajaran wordwall yang didasarkan pada analisis kebutuhan serta potensi yang ada di SMA Negeri 5 Madiun. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Subjek dalam penelitian dan pengembangan ini adalah peserta didik kelas X A SMA Negeri 5 Madiun. Instrumen pengumpulan data meliputi kuisioner melalui angket, tes CT, dan wawancara. Media wordwall yang dibuat oleh peneliti berisi konten materi tentang Sejarah berkembangnya Hindu Buddha di Indonesia. Adapun tujuan dari  penelitian dan pengembangan ini adalah untuk melatih keterampilan computational thinking (CT) peserta didik di kelas dan menguji kelayakan serta kemenarikan media wordwall yang digunakan sebagai media pembelajaran sejarah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media Wordwall yang dikembangkan efektif dalam melatih keterampilan CT peserta didik. Hasil tes CT yang menunjukkan peningkatan signifikan sebelum dan sesudah penggunaan media. Selain itu, tanggapan peserta didik terhadap penggunaan Wordwall dalam pembelajaran sangat positif, di mana peserta didik merasa lebih tertarik dan termotivasi untuk belajar Sejarah Hindu-Buddha.

Implementasi media Wordwall tidak hanya membantu peserta didik memahami materi sejarah secara lebih mendalam, tetapi juga melatih kemampuan berpikir kritis, logis, dan kreatif. Berdasarkan hasil penelitian, diharapkan media Wordwall bisa digunakan sebagai alternatif dalam pembelajaran sejarah untuk menciptakan pengalaman belajar yang lebih interaktif dan menyenangkan.


Keywords


Media Pembelajaran, Wordwall,, Computational Thinking, Sejarah Hindu Buddha

Full Text:

PDF

References


Adabiah, R., & Chandra. (2024). PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS WORDWALL UNTUK MENYUKSESKAN PEMBELAJARAN MAJAS DI SEKOLAH DASAR. Journal of Social Science and Multidisciplinary Analysis, 1, 15.

Amril, Yulia Darniyanti, D. R. S. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Menggunakan Wordwall Pada MataPelajaran IpaKelas V Sekolah Dasar. Journal Of Social Science Research, 3, 15.

Chamdani, A. M., & Lestari, A. S. B. (2024). Pengembangan Media Evaluasi Pembelajaran Matematika Gameshow Quiz Wordwall pada Materi Segitiga. Jurnal Pendidikan Tambusai, 8, 7.

Dinda Fabella Mulyana Putri, Masrurotul Mahmudah, L. F. (2024). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS GAME WORDWALL PADA PELAJARAN TEMATIK UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA DIKELAS V SDN 2 MARGA MULYA. Berkala Ilmiah Pendidikan, 4, 10.

Hartutik, R. A. (2024). Pengembangan Wordwall: Inovasi Media Pembelajaran Digital Terintegrasi. : : Jurnal Kependidikan, 3, 15.

Hasan, M. M. D. H. K. T. (2021). Media Pembelajaran. In M. P. Dr. Fatma Sukmawati (Ed.), Tahta Media Group (Issue Mei). Klaten, Jawa Tengah: Tahta Media Group.

Irawan, V. W. E. (2019). Peranan Kecerdasan Spiritual dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. In Munaqasyah Jurnal Ilmu Pendidikan dan Pembelajaran (Vol. 1, Issue 1).

Kurniastuti, Dina, S. W. (2024). Pengembangan Multimedia Pembelajaran PPKn Berbasis Wordwall Untuk Siswa Kelas 6 Sekolah Dasar. : : Jurnal Riset Ilmu Pendidikan, Bahasa Dan Budaya, 2, 12.

Nirmala Wahyu Wardani, Widya Kusumaningsih, S. K. (2024). Analisis Penggunaan Media Pembelajaran terhadap Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Inovasi, Evaluasi, Dan Pengembangan Pembelajaran, 4, 8.

Olisna, M. Z., Sukma, A., & Aeni, A. N. (2022). Pengembangan Game Interaktif Wordwall untuk Meningkatkan Akhlak Terpuji Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6, 9.

Renata Christa Agustina, H. D. K. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Bucergam untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Siswa Kelas I Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6, 9.

Rima latifa, R. M. D. (2024). Pengembangan Media Pembelajaran INteraktif Wordwall Pada Mata Pelajaran Ekonomi. Journal Of Social Science Research, 4, 15.

Rindiantika, Y. (2022). MOTIVASI BELAJAR SISWA DAN PEMANFAATAN MEDIA WORD WALL: KAJIAN TEORI. Jurnal Intelegensia, 7, 10.

Sabrina Ramadhania, Y. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Crossword Puzzle Untuk Meningkatkan Penguasaan Kosakata Bahasa Indonesia Siswa Sekolah Dasar Kelas II. Jurnal Educatio, 8, 6.

Silvia, K. S., & , I Wayan Widiana, D. G. F. W. (2021). Meningkatkan Kosakata Anak Usia Dini Melalui Media Wordwall. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 8.

Wahdania Misliyanti, Adnan, A. H. (2023). Upaya Meningkatkan Keaktifan dan Hasil BelajarMelalui Penerapan Media Pembelajaran Wordwall Pada Pembelajaran Biologi. Jurnal Pemikiran Dan Pengembangan Pembelajaran, 5, 7.

Yusuf, Nidia Wulan Sari, Indah Merakati, Triani Prata Pertiwi, Archristhea Amahoru, A. Y. V. (2024). Manajemen Kelas Bagi Guru Sekolah Dasar Dalam Pelatihan Media Pembelajaran Wordwall. JournalofHumanAndEducation, 4, 5.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Bella Merly Farohmatul Ummah, Yudi Hartono, Siti Nur Kholipah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

SEMINAR NASIONAL SOSIAL, SAINS, PENDIDIKAN, HUMANIORA (SENASSDRA) diterbitkan oleh UNIVERSITAS PGRI MADIUN.
SENASSDRA memiliki ISSN: 2987-3940
Alamat: Jl. Setia Budi No.85, Kanigoro, Kec. Kartoharjo, Kota Madiun, Jawa Timur 63118

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.