Penggunaan Model Pembelajaran PBL melalui Media Pembelajaran Visual pada Materi Bangun Datar dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V SDN 02 Klegen

Dherrys Septian Kriswandha, Hendra Erik Rudyanto

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar pada pembelajaran matematika dengan menerapankan model PBL melalui media pembelajaran visual pada siswa kelas V SDN 02 Klegen Kota Madiun. Penelitian ini menggunakan desain Penelitian Tindak Kelas (PTK) yang dilaksankan selama 2 siklus. Subjek penelitian dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas V SDN 02 Klegen Kota Madiun tahun ajaran 2023-2024 yang berjumlah 16 peserta didik. Pengumpulan Data dalam penelitian diambil melalui tes evaluasi. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan hasil tes yang diperoleh yang berupa nilai. Dari nilai tersebut dikelompokkan antara yang tuntas dan tidak tuntas untu dihitung presentasenya, serta nilai dari hasil tes seluruh peserta didik dijumlahkan untuk dihitung rata-ratanya. Hasil penelitian menunjukan adanya peningkatan terhadap hasil belajar siswa kelas V dari tahap Prasiklus, Siklus I sampai tahap siklus II. Persentase ketuntasan peningkatan naik secara beruntun dari 37,5%; 63,5%; dan 87,5%. Perolehan nilai rata-rata peserta didik juga mengalami peningkatan pada tiap pembelajaran. Kenaikan nilai rata-rata peserta didik secara berurutan pada tiap siklus yaitu 68,9; 72,8; dan 81,5.


Keywords


Hasil Belajar, Matematika, Media pembelajaran, Visual, PBL, Sekolah Dasar

References


Angkowati, Juni. 2021. “Penggunaan Model Problem Based Learning Untuk Meningkatkan.” Publisher : Universitas Pakuan 04(01):103–10.

Budiyono, Budiyono. 2016. “Peningkatan Kemampuan Menulis Teks Deskripsi Dengan Media Gambar Bersambung.” Diksa : Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia 2(2):117–31. doi: 10.33369/diksa.v2i2.3299.

Fidiana Astutik, Dkk. 2023. “Integrasi Model Problem Based Learning Pada Pembelajaran Berdiferensiasi Di Sekolah Dasar Untuk Mewujudkan School Well-Being Di Era Merdeka Belajar.” P. 193 in. Pekalongan: Penerbit NEM.

Hotimah, Husnul. 2020. “Penerapan Metode Pembelajaran Problem Based Learning Dalam Meningkatkan Kemampuan Bercerita Pada Siswa Sekolah Dasar.” Jurnal Edukasi 7(3):5. doi: 10.19184/jukasi.v7i3.21599.

Kusumawati, Indah Tri, Joko Soebagyo, and Ishaq Nuriadin. 2022. “Studi Kepustakaan Kemampuan Berpikir Kritis Dengan Penerapan Model PBL Pada Pendekatan Teori Konstruktivisme.” JURNAL MathEdu 5(1):13–18.

L, IDRUS. 2019. “Evaluasi Dalam Proses Pembelajaran.” Adaara: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam 9(2):920–35. doi: 10.35673/ajmpi.v9i2.427.

Oemar Hamalik. 2014. Kurikulum Dan Pembelajaran. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Sunami, Mayang Ayu, and Aslam Aslam. 2021. “Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Video Animasi Berbasis Zoom Meeting Terhadap Minat Dan Hasil Belajar IPA Siswa Sekolah Dasar.” Jurnal Basicedu 5(4):1940–45.

Trianto. 2009. Mendisain Model-Model Pengajaran Inovatif-Progresif. Jakarta: Kencana Prenada Group.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Dherrys Septian Kriswandha, Hendra Erik Rudyanto

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

SEMINAR NASIONAL SOSIAL, SAINS, PENDIDIKAN, HUMANIORA (SENASSDRA) diterbitkan oleh UNIVERSITAS PGRI MADIUN.
SENASSDRA memiliki ISSN: 2987-3940
Alamat: Jl. Setia Budi No.85, Kanigoro, Kec. Kartoharjo, Kota Madiun, Jawa Timur 63118

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.