Upaya Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis melalui Bimbingan Kelompok Menggunakan Media Uno Stacko pada Siswa Tahun Ajaran 2023/2024

Anggi Septya Amanda, Tyas Martika Anggriana, Suharni Suharni

Abstract


Pendidikan abad ke-21 merupakan sebuah tantangan. Dunia pendidikan mempunyai tanggung jawab besar dalam menghadapi tantangan tersebut. Salah satu keterampilan yang diperlukan untuk mengatasi tantangan ke depan adalah kemampuan berpikir kritis (critical thinking). Berpikir kritis adalah kemampuan untuk secara aktif dalam menganalisis dan memahami informasi dengan mendalam sebelum membuat keputusan atau mengambil sikap. Adanya siswa SMA Negeri 4 Madiun yang memiliki kemampuan berpikir kritis yang rendah menjadi masalah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas bimbingan kelompok menggunakan media uno stacko untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen, desain one grup pre-test dan post-test. Penelitian ini menggunakan populasi yaitu siswa kelas X SMA Negeri 4 Madiun. Sampel penelitian ini yaitu 10 siswa dari kelas X9 SMA Negeri 4 Madiun yang dipilih menggunakan purposive sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu menggunakan kuesioner berpikir kritis. Peneliti menggunakan metode analisis statistik nonparametris dengan uji Wilcoxon, untuk menganalisis hasil eksperimen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai Asymp. Sign (2 tailed) adalah 0,005 dimana 0,005 < 0,05, yang berarti 0,005 kurang dari 0,05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bimbingan kelompok menggunakan media uno stacko efektif untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa.

Keywords


Berpikir Kritis, Bimbingan Kelompok, Uno Stacko

Full Text:

PDF

References


Anugrah, M., Astuti, I., & Afandi, A. (2022). Analisis Karakter Pelajar Abad 21 Dalam Studi Kasus di SMA Kristen Makedonia. Jurnal Evaluasi Pendidikan, 13(2), 123–126. https://doi.org/10.21009/jep.v13i2.28276

Anwar, C. (2023). Merancang Pembelajaran Dengan Model Discovery Learning Perbantuan Eddpuzzle Dalam Optimalisasi Berpikir Kritis Siswa Sd. SENTRI: Jurnal Riset Ilmiah, 2(2), 384–393. https://doi.org/10.55681/sentri.v2i2.386

Kumala, S. A., Sumarni, R. A., & Widiyatun, F. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Menggunakan Uno Stacko Pada Materi Fisika Kelas X. Journal of Physics Education, 2(1), 14–20.

Lestari, D., & Purwandari. (2018). Pengembangan Permainan Uno Stacko Sebagai Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Kerja Sama Dan Kemampuan Berfikir Kritis Siswa Pada Materi Kalor Kelas XI TKR 1 SMKN 1 Jiwan. Seminar Nasional Quantum #25, 25, 145–149.

Rahmawati, R., Muttaqin, M., & Listiawati, M. (2019). Peran Permainan Kartu Uno dalam Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa. Jurnal Program Studi Pendidikan Biologi, 9(2), 64–75. www.ftkuinsgd.ac.id

Rosnawati. (2024). Efektivitas Media Uno Stacko Dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Pembelajaran IPA. Madrasah Ibtidaiyah Research Journal, 2(1), 106–110.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.

Utami, M. G., Supriatna, M., & Setiawati. (2023). Meningkatkan Kecakapan Berpikir Kritis Siswa Melalui Bimbingan Kelompok Teknik Pemecahan Masalah. G-Couns: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 8(01), 359–368. https://doi.org/10.31316/gcouns.v8i01.4851


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Anggi Septya Amanda, Tyas Martika Anggriana, Suharni Suharni

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

SEMINAR NASIONAL SOSIAL, SAINS, PENDIDIKAN, HUMANIORA (SENASSDRA) diterbitkan oleh UNIVERSITAS PGRI MADIUN.
SENASSDRA memiliki ISSN: 2987-3940
Alamat: Jl. Setia Budi No.85, Kanigoro, Kec. Kartoharjo, Kota Madiun, Jawa Timur 63118

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.