Penerapan Model Problem Based Learning dengan Media Panorama untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pendidikan Pancasila Kelas V SDN Pangongangan

Eva Purika Mukholifah, Endang Sri Maruti, Tunjung Dwi Untari

Abstract


Penelitian ini bertujuan guna meningkatkan hasil  belajar peserta didik  kelas V A di SDN Pangongangan pada mata pelajaran pendidikan pancasila khususnya memahami materi tentang Norma dalam Kehidupanku. Penelitian ini melibatkan penggunaan metode Pembelajaran Berbasis Masalah (PBL) dengan bantuan media "Panorama" (Papan Norma-norma). Penelitian ini menggunakan PTK (penelitian tindakan kelas) yang meliputi tiga tahap: pra siklus, siklus I, serta siklus II.  Metodologi pengumpulan data pada penelitian ini mencakup observasi, dokumentasi, tes, serta wawancara. Subjek penelitian ini yakni peserta didik dari kelas V A di SDN Pangongangan Kota Madiun Kecamatan Manguharjo, dengan total 28 siswa yang mencakup 18 siswa laki-laki serta 10 siswa perempuan. Hasil dari penelitian ini memperlihatkan bahwasanya implementasi model PBL dan media "Panorama" pada pembelajaran pendidikan pancasila dapat meningkatkan hasil belajar terhadap peserta didik kelas V A di SDN Pangongangan pada materi tentang norma dalam kehidupanku. Hal tersebut terbukti dari presentase pada siklus pertama sebesar 43% dari 12 peserta didik berhasil mencapai tingkat ketuntasan belajar. Pada siklus kedua, jumlah peserta didik yang mengalami peningkatan yakni 23 siswa, atau sekitar 83%. Berdasarkan analisis data dalam penelitian, persentase peserta didik yang belum mencapai tingkat ketuntasan hasil belajar berkurang dari 57% menjadi 17%. Dapat disimpulkan bahwa pada persentase tersebut telah mencapai ketuntasan hasil belajar peserta didik melalui penerapan model pembelajaran PBL dan penggunaan media "Panorama" dalam mata pelajaran Pendidikan Pancasila di kelas V A SDN Pangongangan pada tahun ajaran 2023/2024.


Keywords


Problem Based Learning, Media Panorama, Hasil Belajar

Full Text:

PDF

References


Masrita, M. (2017). Meningkatkan Hasil Belajar PKn Siswa Kelas IV Melalui Pembelajaran Kooperatif Model Make A Match di SDN 15 Batipuh, Kabupaten Tanah Datar, Sumatera BaratMeningkatkan Hasil Belajar PKn Siswa Kelas IV Melalui Pembelajaran Kooperatif Make A Match di SDN 15 B. Al Ibtida: Jurnal Pendidikan Guru MI, 4(2), 179. https://doi.org/10.24235/al.ibtida.snj.v4i2.1526

Miswandi, M. (2018). Peningkatan Hasil Belajar PKN SD melalui Stategi Crossword Puzzle. Jurnal Pendidikan : Riset Dan Konseptual, 2(3), 300. https://doi.org/10.28926/riset_konseptual.v2i3.66

Indah Wahyuni. (2023). Penggunaan Media Interaktif Youtube dan Quizizz Paper Mode Terhadap Minat Belajar Siswa Kelas IV SDN Lemahireng 05 Dalam Pembelajaran Pendidikan Pancasila. Penggunaan Media Interaktif (Chintya Pramugita, Dkk.) Madani: Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 1(11), 245–254. https://doi.org/10.5281/zenodo.10252180

Sabila Rosyad, S. (2022). PENGGUNAAN MEDIA FLASH CARD PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV DI SDN KARANGDUREN 01 BALUNG JEMBER TAHUN PELAJARAN 2022/2023.

Sodiq Ansori. (2016). KONTRIBUSI ILMU PENGETAHUAN SOSIAL DALAM PENDIDIKAN KARAKTER: Vol. Vol III No 2,.

Sukerteyasa, I. P. (2021). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar PPKn Peserta Didik Melalui Penerapan Model PBL Pada Materi Peran Indonesia Dalam Perdamaian Dunia Di Kelas XI IPS 4 SMA Negeri 2 Denpasar SMA Negeri 2 Denpasar. In Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan Undiksha (Vol. 9, Issue 1). https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPP


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Eva Purika Mukholifah, Endang Sri Maruti, Tunjung Dwi Untari

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

SEMINAR NASIONAL SOSIAL, SAINS, PENDIDIKAN, HUMANIORA (SENASSDRA) diterbitkan oleh UNIVERSITAS PGRI MADIUN.
SENASSDRA memiliki ISSN: 2987-3940
Alamat: Jl. Setia Budi No.85, Kanigoro, Kec. Kartoharjo, Kota Madiun, Jawa Timur 63118

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.