Model Inkuiri Terbimbing Berbantuan Media Puzzle Educatif Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IV Sekolah Dasar

Erik Sri Utami, Hartini Hartini, Suyanti Suyanti

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana hasil belajar matematika siswa di kelas IV dipengaruhi oleh model inkuiri terbimbing berbantuan media puzzle pendidikan. Studi ini menerapkan quasi eksperimen desain. Peneliti memilih grup kontrol yang tidak sebanding dalam hal ini. Dalam penelitian ini, SDN Klangon 01 (kelas kontrol) menggunakan model konvensional tanpa media puzzle edukasi, dan SDN Klangon 02 (kelas eksperimen) menggunakan model inkuiri terbimbing. Metode sampling jenuh digunakan. Studi ini dilakukan selama semester genap tahun akademik 2023/2024 di dua sekolah dalam satu gugus: SDN Klangon 01 dan SDN Klangon 02. Uji statistik (uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis) digunakan untuk menganalisis data penelitian ini. Hasil analisis ditentukan oleh sampel t-test independen. menggunakan SPSS IBM 26. Berdasarkan hasil analisis, diperoleh data rata-rata nilai posttest kelas eksperimen adalah 85,59 dan kelas kontrol adalah 76,67. Hasil pengujian hipotesis dengan uji independent sampel t-test diperoleh hasil sig (2-tailed) < 0,05 (0,039 < 0,05). Hal tersebut menunjukkan bahwa terdapat pengaruh model inkuiri terbimbing berbantuan media puzzle educatif terhadap hasil belajar matematika siswa kelas IV sekolah dasar.


Keywords


Inkuiri Terbimbing, Puzzel Educatif, Hasil Belajar.

Full Text:

PDF

References


Amir, N. F., & Andong, A. (2022). Kesulitan Siswa dalam Memahami Konsep Pecahan. Journal of Elementary Educational Research, 2(1), 1–12. https://doi.org/10.30984/jeer.v2i1.48

Anitasari, S., Rahmantika Hadi, F., & Ridwan. (2023). Peningkatan Hasil Belajar Menggunakan Model Pbl Berbantuan Media Konkret Matematika. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(2), 2218–22135.

Badriyah, N., Sukamto, S., & Eka Subekti, E. (2020). Analisis Kesulitan Belajar Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Pada Materi Pecahan Kelas III SDN Lamper Tengah 02. Pedagogik: Jurnal Pendidikan, 15(1), 10–15. https://doi.org/10.33084/pedagogik.v15i1.1279

Bwarnirun, Y., & Santoso, B. (2021). Attadrib: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Pengaruh Motivasi Guru Terhadap Hasil Belajar Matematika Materi Pecahan Pada Siswa Kelas IV Ssekolah Dasar Inpres 109 Perumnas Kota Sorong. Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 4, 13–24.

Dakhi, A. S. (2020). Peningkatan Hasil Belajar Siswa melalui Metode PAKEM. Jurnal Pendidikan Indonesia, 1(3), 468–470. https://doi.org/10.36418/japendi.v1i3.33

Dewi, J. Y., & Napitupulu, S. (2021). Pengaruh Media Pembelajaran Berbasis Video Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika Materi Penjumlahan Pecahan Biasa Di Kelas IV SD Negeri 101771 Tembung. In Education Achievment: Journal of Science and Research (Vol. 2, Issue 3). http://pusdikra-publishing.com/index.php/jsr

Fahmia, H., V.Karjiyati, & Dalifa. (2019). Pengaruh Model Guided Inquiry terhadap Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran Matematika Siswa SD Kota Bengkulu HafizaFahmia. Jurnal Riset Pendidikan Dasar, 2(3), 237–244.

Febrianti, V. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Berbantuan Media Ular Tangga Pecahan Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Dalam Pembelajaran Matematika. Prosiding Konferensi Ilmiah Dasar, 3. http://prosiding.unipma.ac.id/index.php/KID

Gede, D. I., Susila, D., Wiarta, W., Ngurah, G., & Agustika, S. (2021). Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Berbantuan Permainan Edukasi Berpengaruh terhadap Hasil Belajar Matematika. In Jurnal Media dan Teknologi Pendidikan (Vol. 1, Issue 1). https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JMTP

Kanzunnudin, M., Savitri Wanabuliandari, D., & Artikel, I. (2018). Analisis Pemahaman Konsep Matematis Siswa Kelas IV SDN 3 Gemulung Pada Materi Pecahan. ANARGYA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 1(1). http://jurnal.umk.ac.id/index.php/anargya

Muloke, I. C., Ismanto, A. Y., & Bataha, Y. (2017). Pengaruh Alat Permainan Edukatif ( Puzzle ) Terhadap Perkembangan Kognitif Anak Usia 5-6 Tahun Di Desa Linawan Kecamatan Pinolosian Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan. E-Jurnal Keperawatan (e-Kp), 5, 1–6.

Ninawati, M., Wahyuni, N., & Rahmiati, R. (2022). Pengaruh Model Artikulasi Berbantuan Media Benda Konkret Terhadap Keterampilan Berbicara Siswa Kelas Rendah. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 8(3), 893–898. https://doi.org/10.31949/educatio.v8i3.2433

Nurhadi, M., W, S. S., & Utaminingsih, S. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Inquiri Terhadap Hasil Belajar siswa Materi Operasi Hitung Bilangan Cacah Di Kelas VI Sekolah Dasar. Jurnal Pengabdian Multidisiplin, 2(1), 44–60.

Siti Sundari, F., & Indrayani, E. (2019). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA. Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran Guru Sekolah Dasar (JPPGuseda), 02, 72–75. http://journal.unpak.ac.id/index.php/jppguseda,

Suarjana, I. M., Parmii, D. P., & Safitri, P. E. A. (2018). Analisis Kesulitan Siswa Dalam Memyelsaikan Operasi Hitung Pecahan Siswa Sekolah Dasar. International Journal of Elementary Education, 2(2), 144–155. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/IJEE

Tohir, A., & Mashari, A. (2020). Efektivitas Model Pembelajaran Inkuiri dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV SDN 27 Tegineneng. Jurnal IImiah Sekolah Dasar, 4(1), 48–53.

Tri Mahmudi, E., Tika Damayani, A., & Huda, C. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Materi Pechan Kelas IV SDN 5 Bangkleyan Blora. Jurnal Pendidikan, 4(1), 83–92. https://conference.upgris.ac.id/


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Erik Sri Utami, Hartini Hartini, Suyanti Suyanti

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

SEMINAR NASIONAL SOSIAL, SAINS, PENDIDIKAN, HUMANIORA (SENASSDRA) diterbitkan oleh UNIVERSITAS PGRI MADIUN.
SENASSDRA memiliki ISSN: 2987-3940
Alamat: Jl. Setia Budi No.85, Kanigoro, Kec. Kartoharjo, Kota Madiun, Jawa Timur 63118

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.