Penerapan Pembelajaran Problem Based Learning dengan Media Diorama Siklus Air untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPAS Kelas V SDN 03 Taman Madiun
Abstract
Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dilatar belakangi hasil belajar IPA materi siklus air peserta didik kelas V SDN 03 Taman yang masih dikatakan belum mencapai dari kriteria ketuntasan minimal (KKM). Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam materi siklus air menggunakan model Problem Based Learning dengan media diorama pada peserta didik kelas V SDN 03 Taman Kabupaten Madiun tahun ajaran 2024. Peneliti melaksanakan PTK dalam dua siklus dan masing-masing siklus dilaksanakan dalam satu pertemuan. Hasil penelitian pada tindakan prasiklus yang memiliki ketuntasan klasikan 14% dengan nilai rata-rata 66 mengalami peningkatan pada tindakan siklus I. Pada siklus I ketuntasan klasikal mencapai 64 % dan nilai rata-rata 78. Penelitian berakhir pada siklus II mencapai ketuntasan klasikan 100% dan nilai rata-rata 91. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran problem based learning dengan media diorama siklus air dapat meningkatkan hasil belajar IPA materi siklus air pada peserta didik kelas V SDN 03 Taman tahun ajaran 2024.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Depdiknas. (2003). Undang-undang Republik Indonesia Nomor 20 tahun 2003 tentang
Sistem Pendidikan Nasional. Diakses dari https://pusdiklat.perpusnas.go.id
(diunduh 14 Mei 2024)
‘Undang Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003’, Kemenristekdikti, 2003.
Rusmono. (2017). Strategi Pembelajaran dengan Problem Based Learning Itu Perlu
Untuk Menciptakan Profesionalitas Guru Edisi Kedua. Bogor: Ghalia Indonesia.
Suyadi. (2010). Panduan Penelitian Tindakan Kelas. Yogyakarta: Diva Press
Yusuf, Amin. (2014). Analisis Kebutuhan Pendidikan Masyarakat. Jurnal Penelitian Pendidikan. 31(2). 78.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Ela Desiati, Sri Utami, Natal Hari Susanti

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.