Penerapan Pembelajaran Problem Based Learning dengan Media Diorama Siklus Air untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPAS Kelas V SDN 03 Taman Madiun

Ela Desiati, Sri Utami, Natal Hari Susanti

Abstract


Penelitian  Tindakan  Kelas  (PTK)  dilatar  belakangi  hasil  belajar  IPA  materi  siklus  air  peserta didik  kelas  V  SDN  03 Taman  yang masih dikatakan belum mencapai dari kriteria ketuntasan minimal (KKM). Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam materi siklus air  menggunakan  model  Problem  Based Learning  dengan  media  diorama pada  peserta  didik kelas  V  SDN  03 Taman Kabupaten  Madiun  tahun  ajaran  2024.  Peneliti  melaksanakan PTK  dalam  dua  siklus  dan  masing-masing  siklus  dilaksanakan  dalam  satu  pertemuan.  Hasil penelitian pada tindakan prasiklus yang memiliki ketuntasan klasikan 14% dengan nilai rata-rata 66 mengalami peningkatan pada tindakan siklus I. Pada siklus I ketuntasan klasikal mencapai 64 %  dan  nilai  rata-rata  78.  Penelitian  berakhir  pada  siklus  II  mencapai  ketuntasan  klasikan 100%  dan  nilai  rata-rata  91.  Berdasarkan hasil  penelitian  tersebut  dapat  disimpulkan  bahwa penerapan model pembelajaran problem based learning dengan media diorama siklus air  dapat meningkatkan hasil belajar IPA materi siklus air pada peserta didik kelas V SDN 03 Taman tahun ajaran 2024.


Keywords


Problem Based Learning, Siklus Air, Media, Hasil Belajar

Full Text:

PDF

References


Depdiknas. (2003). Undang-undang Republik Indonesia Nomor 20 tahun 2003 tentang

Sistem Pendidikan Nasional. Diakses dari https://pusdiklat.perpusnas.go.id

(diunduh 14 Mei 2024)

‘Undang Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003’, Kemenristekdikti, 2003.

Rusmono. (2017). Strategi Pembelajaran dengan Problem Based Learning Itu Perlu

Untuk Menciptakan Profesionalitas Guru Edisi Kedua. Bogor: Ghalia Indonesia.

Suyadi. (2010). Panduan Penelitian Tindakan Kelas. Yogyakarta: Diva Press

Yusuf, Amin. (2014). Analisis Kebutuhan Pendidikan Masyarakat. Jurnal Penelitian Pendidikan. 31(2). 78.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Ela Desiati, Sri Utami, Natal Hari Susanti

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

SEMINAR NASIONAL SOSIAL, SAINS, PENDIDIKAN, HUMANIORA (SENASSDRA) diterbitkan oleh UNIVERSITAS PGRI MADIUN.
SENASSDRA memiliki ISSN: 2987-3940
Alamat: Jl. Setia Budi No.85, Kanigoro, Kec. Kartoharjo, Kota Madiun, Jawa Timur 63118

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.