Penerapan Proyek Papan Diagram Batang (Padita) untuk Meningkatkan Kemampuan Gotong Royong (P5) Peserta Didik Kelas 5 SD Negeri 02 Madiun Lor Kota Madiun Tahun Pelajaran 2023/2024

Devy Fidiawanti, Fida Chasanatun, Yesi Novita Adisatriyani

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan proyek papan diagram batang (PADITA) terhadap kemampuan gotong royong (P5) peserta didik kelas 5 SD Negeri 02 Madiun Lor pada materi diagram batang. Jenis penelitian yang digunakan yaitu Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan jumlah 2 siklus pembelajaran. Prosedur penelitian dilakukan dalam 4 tahapan yang berurutan: perencanaan, implemtasi, observasi dan refleksi. Subjek penelitian yang digunakan yaitu peserta didik kelas 5 SD Negeri 02 Madiun Lor yang berjumlah 10 peserta didik yang terdiri dari 4 peserta didik laki-laki dan 6 peserta didik perempuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu dengan observasi dan dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan deskriptif kualitatif dan disajikan berupa grafik dan tabel. Hasil yang diperoleh dari penelitian, ditemukan peningkatan kemampuan gotong royong peserta didik. Peningkatan tersebut diperoleh berdasarkan nilai rata- rata kelas siklus I yaitu 57,2 dan pada siklus II meningkat menjadi 82,3. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan proyek papan diagram batang (PADITA) efektif meningkatkan kemampuan gotong royong peserta didik kelas 5 SD Negeri 02 Madiun Lor.


Keywords


Proyek, Gotong Royong, Diagram Batang, Matematika

Full Text:

PDF

References


Asmara, Y. (2015). Revitalisasi Pendidikan Karakter di Era Modernisasi. Proseding Seminar Nasional Pendidikan. Universitas Bengkulu FKIP JIP PGSD.

Kemendikbudristek. 2022. Keputusan Kepala Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Nomor 009/H/Kr/2022 Tentang Dimensi, Elemen, dan Subelemen Profil Pelajar Pancasila Pada Kurikulum Merdeka.

Kemmis, S., & Mc. Taggart, R. (1988). The Action Research Planner. Victoria: Deakin University Press.

Noppitasari, N., Riyadi & Budiarto, T. Implementasi profil pelajar pancasila dimensi gotong royong dalam pembelajaran matematika kelas IV di sekolah dasar. Volume 11, Nomor 6, Didaktika Dwija Indria 12-17. Retrieved from https://jurnal.uns.ac.id/JDDI/article/view/77729/44475

Rabudin. Indikator Keberhasilan dalam Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Detik Penelitian. Retrieved from https://www.detikpendidikan.id/2020/12/indikator-keberhasilan-dalam-penelitian-ptk.html?m=1

Tim Pusat Penilaian Pendidikan. (2019). Model Penilaian Karakter. Jakarta: Pusat Penilaian Pendidikan. Retrieved from https://pusmendik.kemdikbud.go.id/pdf/file-7

Widiyanto & Farida A. (2022). Implementasi PJBL dalam Meningkatkan Karakter Pelajar Pancasila Materi Pembelajaran Pertumbuhan Mahluk Hidup Siswa Kelas IIIB MI Sunan Muria Poncokusumo Kabupaten Malang. Jurnal Perspektif, Vol. 15, No. 2, Desember 2022. Retrieved from https://www.researchgate.net/publication/372080213_IMPLEMENTASI_MODEL_PEMBELAJARAN_PROBLEM_BASED_LEARNING_PjBL_UNTUK_MENINGKATKAN_NILAI-NILAI_KARAKTER_PELAJAR_PANCASILA


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Devy Fidiawanti, Fida Chasanatun, Yesi Novita Adisatriyani

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

SEMINAR NASIONAL SOSIAL, SAINS, PENDIDIKAN, HUMANIORA (SENASSDRA) diterbitkan oleh UNIVERSITAS PGRI MADIUN.
SENASSDRA memiliki ISSN: 2987-3940
Alamat: Jl. Setia Budi No.85, Kanigoro, Kec. Kartoharjo, Kota Madiun, Jawa Timur 63118

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.