PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS VIDEO ANIMASI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS V SDN SEKARPUTIH 1

Alfionita Nurul Wahidah, Maya Kartika Sari, Ivayuni Listiani

Abstract


Tujuan riset berikut ialah untuk mengetahui pengaruh komunikasi interaktif berbasis video terhadap hasil belajar siswa kelas V pendidikan tematik SDN Sekarputih 1. Jenis riset berikut ialah riset kuantitatif dengan pre-optimized unequal control group design. Populasi dalam riset berikut ialah siswa kelas V SDN Sekarputih. Sampel diperiksa melalui random sampling dengan jumlah 30 siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan ialah tes, observasi, serta data yang mengukur hasil belajar siswa. Data yang diperoleh diuji dengan independent t-test. Hasil pengujian menunjukkan bahwa penggunaan animasi interaktif berbasis video animasi berpengaruh terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran tematik kelas V SDN Sekarputih 1. Perihal berikut berasal dari hasil pengujian hipotesis yaitu 12,903 > 2,042 (T-Tabel) dengan signifikansi 0,00. Sehingga bisa disimpulkan bahwa pengaplikasian media interaktif dinamis bisa mempengaruhi hasil belajar serta umpan balik yang diperoleh siswa.

Keywords


media interaktif video animasi, pembelajaran tematik, hasil belajar

Full Text:

PDF

References


Adi Putri Kusumadewi, Wulandari. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android Pada Mata Pelajaran Pemrograman Dasar Kelas X Di SMK Negeri 3 Surabaya. Jurnal Mahasiswa. Universitas Negeri Surabaya

Arsyhar. (2020). Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers

Ayuningsih, K. (2017). Pengaruh Video Animasi Terhadap Hasil Belajar Kognitif Pada Mata Pelajaran IPS Materi Menghargai Jasa Pahlawan di Kelas V SDN Sidokumpul Sidoarjo. JICTE (Journal of Information and Computer Technology Education), 1(1), 43.

Handarini, O. I, serta Wulandari, S. (2020). Pembelajaran Daring sebagai Upaya Study From Home (SFH). Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP), 8(3), 465–503

Hamalik,Oemar. 2019. Kurikulum serta Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara

Kurniawati, serta Nita S. (2018). Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Interaktif untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Mahasiswa. Journal of Computer and Information Technology Vol.1, No. 2.

Prastowo, Andi. (2019). Analisis Pembelajaran Tematik Terpadu. Jakarta: Prenada media group

Putro, A. L., & Sujatmiko, B. (2019). Pengembangan media berbasis video animasi untuk meningkatkan kemampuan kognitif serta psikomotorik siswa pada mata pelajaran pengambilan gambar bergerak di smk negeri 3 Surabaya. It-Edu: Jurnal Information Technology and Education, 3(01), 227–233.

Rochimah, S. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Berbentuk Video Animasi Pada Pokok Bahasan Keliling Serta Luas Segitiga Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Di Kelas Iv Sekolah Dasar Negeri Sumberagung Peterongan Jombang. Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang.

Sudjana. (2018). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya

Sudjiono, Anas. (2019). Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: Rajawali Pers

Sugiyono. 2019. Metode Riset Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, serta R&D. Bandung: Alfabeta.

Sukmawati, Fatma. (2021). Media Pembelajaran. Klaten: CV Tahta Media Grup

Wardani, R. K., serta Syofyan, H. (2018). Pengembangan Video Interaktif pada Pembelajaran IPA Tematik Integratif Materi Peredaran Darah Manusia. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 2(4), 371–381.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.