Peran Media dalam Upaya Meningkatkan Kemampuan Peserta Didik dalam Belajar Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Mata Pelajaran Matematika Kelas IV SDN Manguharjo
Abstract
Penelitian_ini bertujuan dalam mengungkap informasi dan mengkaji mengenai Upaya Meningkatkan Kemampuan Matematika Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Peserta Didik Kelas IV SDN Manguharjo Kota Madiun. Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan di SDN Manguharjo Kota Madiun. Waktu penelitian ini dilaksanakan semester genap tahun pelajaran 2023/2024. Subjek dari penelitian ini adalah peserta didik kelas IV SDN Manguharjo Kota Madiun yang berjumlah 23 orang. Prosedur penelitian terdiri dari dua siklus dengan masing-masing siklus satu kali pertemuan. Setiap siklus terdiri atas empat tahap penelitian yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan menggunakan lembar kerja peserta didik, diskusi kelompok, dan tes tertulis. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD dapat meningkatkan hasil belajar matematika peserta didik dengan tindakan memberi hadiah.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
UU Sisdiknas No 20/2003
Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2005
Permendiknas Nomor 22 Tahun 2006
Mudjijo. 1995. Tes Hasil Belajar. Jakarta: Bumi Aksara
Nila Keswari. 2018. Pemahaman Konsep Matematika dalam Pembelajaran Matematika.
Arikunto, Suharsimi. 2002. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.
Arikunto, Suharsimi. 2002. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan (Edisi Revisi). Jakarta: Bumi Aksara.
Arikunto, Suharsimi. 2002. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.
Adesanjaya. 2011. “Pemanfaatan Media Gambar dalam Proses Belajar Mengajar”. http://Adesanjaya.blogspot.com diakses pada tanggal 28 pukul 23:23 WIB.
Nasution, 1987. Berbagai Pendekatan Dalam Proses Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Bumi Aksara
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Laila Ni’matul Khoiriyah, Diyah Santi Hariyani, Zalita Vidiani Nurhana
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.