Peran Media dalam Upaya Meningkatkan Kemampuan Peserta Didik dalam Belajar Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Mata Pelajaran Matematika Kelas IV SDN Manguharjo

Laila Ni’matul Khoiriyah, Diyah Santi Hariyani, Zalita Vidiani Nurhana

Abstract


Penelitian_ini bertujuan dalam mengungkap informasi dan mengkaji mengenai Upaya Meningkatkan Kemampuan Matematika Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Peserta Didik Kelas IV SDN Manguharjo Kota Madiun. Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan di SDN Manguharjo Kota Madiun. Waktu penelitian ini dilaksanakan semester genap tahun pelajaran 2023/2024. Subjek dari penelitian ini adalah peserta didik kelas IV SDN Manguharjo Kota Madiun yang berjumlah 23 orang. Prosedur penelitian terdiri dari dua siklus dengan masing-masing siklus satu kali pertemuan. Setiap siklus terdiri atas empat tahap penelitian yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan menggunakan lembar kerja peserta didik, diskusi kelompok, dan tes tertulis. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD dapat meningkatkan hasil belajar matematika peserta didik dengan tindakan memberi hadiah.


Keywords


Peran Media, Model Pembelajaran Kooperatif, Matematika

Full Text:

PDF

References


UU Sisdiknas No 20/2003

Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2005

Permendiknas Nomor 22 Tahun 2006

Mudjijo. 1995. Tes Hasil Belajar. Jakarta: Bumi Aksara

Nila Keswari. 2018. Pemahaman Konsep Matematika dalam Pembelajaran Matematika.

Arikunto, Suharsimi. 2002. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.

Arikunto, Suharsimi. 2002. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan (Edisi Revisi). Jakarta: Bumi Aksara.

Arikunto, Suharsimi. 2002. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.

Adesanjaya. 2011. “Pemanfaatan Media Gambar dalam Proses Belajar Mengajar”. http://Adesanjaya.blogspot.com diakses pada tanggal 28 pukul 23:23 WIB.

Nasution, 1987. Berbagai Pendekatan Dalam Proses Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Bumi Aksara


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Laila Ni’matul Khoiriyah, Diyah Santi Hariyani, Zalita Vidiani Nurhana

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

SEMINAR NASIONAL SOSIAL, SAINS, PENDIDIKAN, HUMANIORA (SENASSDRA) diterbitkan oleh UNIVERSITAS PGRI MADIUN.
SENASSDRA memiliki ISSN: 2987-3940
Alamat: Jl. Setia Budi No.85, Kanigoro, Kec. Kartoharjo, Kota Madiun, Jawa Timur 63118

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.