Implementasi Media Mind Mapping Untuk Meningkatan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Pada Siswa Kelas V SDN Ngegong Kota Madiun
Abstract
Media mind mapping adalah sebuah visual grafis yang berfungsi untuk mempresentasikan ide, kata , tugas ataupun hal lain yang saling berkaitan serta tersusun mengelilingi suatu “kata kunci” sebagai ide utama. Mind mapping digunakan sebagai media pembelajaran yang bertujuan untuk mendorong peningkatan hasil belajar penelitian ini dilakukan disekolah SDN Ngegong dengan sasaran kelas V. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui implementasi media mind mapping untuk meningkatkan hasil belajar Bahasa Indonesia pada siswa kelas V SDN Ngegong. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan siswa SDN Ngegong dengan jumlah 28 dengan melalui tes,observasi, wawancara dan dokumentasi. Penelitian ini dilakukan dari pra siklus dengan hasil data yang telah diperoleh hanya 14% dan rata-rata 59 kemudian dilakukan penerapan siklus I dengan hasil ketuntasan 53% dan rata-rata 71,5, kemudian dilanjutkan pelaksanaan siklus II dengan hasil ketuntasan 93% dan rata-rata 82,25. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa implementasi media mind mapping dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi bahasa indonesia pada siswa kelas V SDN Ngegong
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Aprinawati, I. (2018). Penggunaan Model Peta Pikiran (Mind Mapping) Untuk Meningkatkan Pemahaman Membaca Wacana Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 2(1), 140–147. https://doi.org/10.31004/basicedu.v2i1.35
Arikunto Suharsimi. (2013). Prosedur penelitian suatu pendekatan praktik. In Jakarta: Rineka Cipta (p. 172). http://r2kn.litbang.kemkes.go.id:8080/handle/123456789/62880
Farhrohman, O. (2017). Implementasi Pembelajaran Bahasa Indonesia di SD MI. Primary, 09(01), 1–12.
Iskandar Yahya Arulampalam Kunaraj P.Chelvanathan, A. A. A. B. (2023). IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA BERDASARKAN PENDEKATAN UNDERSTANDING BY DESIGN. Journal of Engineering Research, 4(1), 1–8.
Lestari, F. (2024). Peningkatan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Problem Based Learing (Pbl) Berbantuan Media Papan Kalimat Fakta Dan Opini Kelas II. Jurnal Inovasi, Evaluasi Dan Pengembangan Pembelajaran (JIEPP), 4(1), 128–133. https://doi.org/10.54371/jiepp.v4i1.388
Marsela Y, Divana L A, dan, & Siti N. (2022). Peran Guru Dalam Mengembangan Kurikulum Merdeka. Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Sosial, 1(3), 290–298. https://doi.org/10.58540/jipsi.v1i3.53
Martin, R., & Simanjorang, M. M. (2022). Pentingnya Peranan Kurikulum yang Sesuai dalam Pendidikan di Indonesia. 1, 125–134. https://doi.org/10.34007/ppd.v1i1.180
Priyanata, A. B., & Supriyono. (2022). Penerapan Mind Mapping Sebagai Model Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Di Sdn Segodobancang. Jpgsd, 10(5), 997–1006.
Putri Jannati, Faisal A R, dan M. A. R. (2023). PERAN GURU PENGGERAK DALAM IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA DI SEKOLAH DASAR. Jurnal Pendidikan, 7(1), 330–345. https://doi.org/10.35931/am.v7i1.1
Singh, P. K. P., & Hashim, H. (2020). MEDIA PEMBELAJARAN (Kajian terhadap Langkah-langkah Pemilihan Media dan Implementasinya dalam Pembelajaran). Creative Education, 11(03), 262–274. https://doi.org/10.4236/ce.2020.113020
Zulfia Latifah, A., Hidayat, H., Mulyani, H., Siti Fatimah, A., & Sholihat, A. (2020). Penerapan Metode Mind Mapping Untuk Meningkatkan Kreativitas Pada Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan. Jurnal Pendidikan, 21(1), 38–50. https://doi.org/10.33830/jp.v21i1.546.2020
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Daffa Adhiza Ilfani, Cerianing Putri Pratiwi, Siti Aminah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.