Penerapan Metode Pembelajaran Discovery Learning dengan Pemberian Reward Terhadap Minat Belajar Siswa pada Mata Pelajaran PPKn

Yolanda Distyaningtyas, Budiyono Budiyono, Yoga Ardian Feriandi

Abstract


Metode pembelajaran adalah metode yang dipakai guru dalam mengajar. Dengan metode pembelajaran, pembelajaran akan menjadi efektif serta efisien. Pemilihan metode pembelajaran yang tepat mempunyai pengaruh yang besar terhadap pembelajaran, karena dengan penerapan metode pembelajaran akan tercipta suasana lingkungan belajar yang efektif dan memudahkan pemahaman materi dengan baik. Salah satunya adalah metode pembelajaran discovery learning dengan pemberian reward. Discovery Learning merupakan model pembelajaran yang menuntut siswa untuk menemukan informasi secara mandiri yang dapat meningkatkan kreativitas dan kecerdasan siswa, dan guru hanya perlu bersikap suportif. Sedangkan pemberian reward merupakan imbalan yang diberikan oleh guru ketika siswanya melakukan suatu perbuatan baik yang membuat siswanya senang. Tujuan penelitian adalah untuk mengidentifikasi penerapan metode pembelajaran discovery learning dan pemberian reward untuk meningkatkan minat belajar siswa pada mata pelajaran PPKn. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan pendekatan studi literatur. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini menunjukkan perlunya menerapkan metode pembelajaran yang sesuai dengan materi pelajaran agar siswa dapat lebih memahami materi yang disampaikan. Dalam menerapkan metode pembelajaran ketika proses pengajaran, sangat penting bagi siswa untuk memperhatikan guru saat menyampaikan materi guna mencapai tujuan pembelajaran.


Keywords


Discovery Learning, Pemberian Reward, Minat Belajar

Full Text:

PDF

References


Ananda, R. & Hayati, F. (2020). Variabel Belajar (Kompilasi Konsep). Medan: CV. Pusdikra MJ

Ariani, N., Masruro, Z., Saragih, S.T., Hasibuan, R., Simamora, S.S., Toni. (2022). Buku Ajar Belajar Dan Pembelajaran. Bandung: Widia Bhakti Persada Bandung

Bunyamin. (2021). Belajar Dan Pembelajaran : Konsep Dasar, Inovasi, dan Teori. Jakarta: UHAMKA PRESS

Fauzi, Fadil Yudia. Arianto, Ismail. Solihatin, Etin. (2013). Peran Guru Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan Dalam Upaya Pembentukan Karakter Peserta Didik. Jurnal PPKN UNJ Online: Vol. 1, No. 2, Tahun 2013

Henney. (2016). 10 Pengertian Pendidikan Kewarganegaraan Menurut Para Ahli.

https://guruppkn.com/pengertian-pendidikan-kewarganegaraan-menurut-para-ahli , diunduh 14 Mei 2023

Kartiningrum, E. D. (2015). PANDUAN PENYUSUNAN STUDI LITERATUR. Politeknik Kesehatan Majapahit, Mojokerto.

K., Irawati. (2023). Pengaruh Penerapan Model Discovery Learning Terhadap Minat Belajar

Bahasa Arab Peserta Didik Kelas Ix Mtsn Gowa. Makassar: Tarbiyah dan Keguruan, UIN Alauddin Makassar

Matje, Irman. (2020). Hubungan Pemberian Reward (Hadiah) Terhadap Minat Belajar Pada

Siswa Sekolah Dasar. Taksonomi Jurnal Pendidikan Dasar: Vol. 2, No. 2, tahun 2020 halaman 122-128.

Miranda, Rida. Hasani, Syarief. Kustanti, Rizki. (2021). Pengaruh Pemberian Hadiah (Reward)

Terhadap Minat Belajar Peserta Didik Di Kb Ar-Rozzaaq Kp. Bojongbenteng Pagerageung Tasikmalaya. WALADUNA: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini. Hal. 32-47

Neno, Antonius Jhonwilson. Dilawati. Samba, Reka. (2023) Strategi Pembelajaran Discovery

Learning. Salatiga: Sekolah Tinggi Agama Kristen (STAK) Terpadu Pesat Salatiga.

Rohmah, Nur. (2019). Pengaruh Pemberian Reward Terhadap Minat Belajar Siswa SMP PGRI

Marga Tiga Kecamatan Marga Tiga Kabuupaten Lampung Timur. Lampung: Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institus Agama Islam Negeri (IAIN) Metro.

Sampoerna Academy. (2022). Pengertian Discovery Learning, Langkah, Kelebihan dan

Contohnya. https://www.sampoernaacademy.sch.id/id/pengertian-discovery-learning-langkah-kelebihan-dan-contohnya/, diunduh 1 Mei 2024

Sunarto, M.Fikri. dan Amalia, Nur. (2022). Penggunaan Model Discovery Learning Guna

Menciptakan Kemandirian Dan Kreativitas Peserta Didik. BAHTERA: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra, Vol. 21, No. 1, Januari 2022

Wiyono, Slamet. Andari, Dwi Wulan Titik. Prasetyo, Priyo Katon. Mujiati. (2014). Pancasila

Dan Kewarganegaraan. Yogyakarta: Sekolah Tinggi Pertahanan Nasional


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Yolanda Distyaningtyas, Budiyono Budiyono, Yoga Ardian Feriandi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

SEMINAR NASIONAL SOSIAL, SAINS, PENDIDIKAN, HUMANIORA (SENASSDRA) diterbitkan oleh UNIVERSITAS PGRI MADIUN.
SENASSDRA memiliki ISSN: 2987-3940
Alamat: Jl. Setia Budi No.85, Kanigoro, Kec. Kartoharjo, Kota Madiun, Jawa Timur 63118

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.