Peningkatan Hasil Belajar Matematika Materi Ciri-Ciri Bangun Datar Melalui Model Problem Based Learning Berbantuan Media Google Sites pada Pembelajaran Berdiferensiasi Peserta Didik Kelas VB SDN Manguharjo

Tsania Ashfa Azkiya, Diyah Santi Hariyani, Zalita Vidiani Nurhana

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aktivitas pendidik, peserta didik dan peningkatan hasil belajar pada pembelajaran matematika materi ciri-ciri bangun datar melalui model problem based learning berbantuan media google sites pada pembelajaran berdiferensiasi peserta didik kelas VB SDN Manguharjo. Adapun jenis penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Pengumpulan data adalah observasi, wawancara, angket dan tes. Analisa data adalah deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat peningkatan aktivitas pendidik pada siklus I sebesar 65% dan siklus II sebesar 90%. Terdapat peningkatan aktivitas peserta didik siklus I sebesar 62% dan siklus II sebesar 91%. Adapun hasil belajar matematika materi ciri-ciri bangun datar nilai rata-rata pra siklus sebesar 60 dengan presentase nilai peserta didik yang mencapai KKM sebesar 35%. Pada siklus I nilai rata-ratanya sebesar 73,84 dengan presentase nilai peserta didik mencapai nilai KKM sebesar 62%. Adapun nilai rata-rata siklus II sebesar 85,38 dengan presentase nilai peserta didik mencapai KKM sebesar 92%. Dengan demikian, terdapat peningkatan aktivitas pendidik dan peserta didik pada pembelajaran serta model problem based learning berbantuan media google sites pada pembelajaran berdiferensiasi dapat meningkatkan hasil belajar matematika materi ciri-ciri bangun datar peserta didik kelas VB SDN Manguharjo.


Keywords


Hasil Belajar Matematika, PBL, Google Sites, Berdiferensiasi

Full Text:

PDF

References


Agustyaningrum, N., Pradanti, P., & Yuliana. (2022). Teori Perkembangan Piaget dan Vygotsky : Bagaimana Implikasinya dalam Pembelajaran Matematika Sekolah Dasar? Jurnal Absis: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 5(1), 568–582. https://doi.org/10.30606/absis.v5i1.1440

Ayunda, S. N., Lufri, L., & Alberida, H. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Berbantuan LKPD terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik. Journal on Education, 5(2), 5000–5015. https://doi.org/10.31004/joe.v5i2.1232

Dewi, N. M. A. S., Ardana, I. M., & Sudiarta, P. I. G. P. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berdiferensiasi untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Peserta Didik. EDUKASIA: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 4(1), 547–560. https://doi.org/10.62775/edukasia.v4i1.302

Dwi Wahyu Martiwi. (2023). Peningkatan Hasil Belajar Matematika Materi Pengukuran Sudut Melalui Penerapan Model Problem Based Learning Berbantu Media Video Pada Siswa Kelas IV MI Miftahul Huda Maguan Kaliori Rembang Tahun Pelajaran 2021/2022. PESHUM : Jurnal Pendidikan, Sosial Dan Humaniora, 2(2), 239–246. https://doi.org/10.56799/peshum.v2i2.1388

Elviya, D. D., & Sukartiningsih, W. (2023). Penerapan Pembelajaran Beferensiasi Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas IV Sekolah Dasar di SDN Lakarsantri I / 472 Surabaya. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 11(08), 1780–1793.

Farhana, H., Awiria, & Muttaqin, N. (2019). Penelitian Tindakan Kelas. Harapan Cerdas.

Fiqih, P., Barat, P., Manita, Y. G., Charles, C., Aprison, W., & Husni, A. (2024). Persepsi Peserta Didik Tentang Pembelajaran Berdiferensiasi pada Mata Pelajaran Fiqih di MTsN 4 Pasaman Barat. SOSHUMDIK, 3(2).

Kamila, N. H., Prasetyo, T., & Muhdiyati, I. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Website Menggunakan Google Sites Materi Siklus Hidup Hewan Kelas IV di SD Negeri No.178491 Pintu Pohan. Jurnal Pengajaran Sekolah Dasar, 2(2), 133–144. https://doi.org/10.56855/jpsd.v2i2.782

Kurniawan, R., Tarigan, D., Simanjuntak, E. B., Mailani, E., & Manurung, I. F. U. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Website Pada Materi Bangun Datar Kelas IV SD Negeri 02 Lima Puluh T.A. 2022/2023. IJMS: Indonesian Journal of Mathematics and Natural Science, 01(02), 64–71.

Lubis, A. P., & Nuriadin, I. (2022). Efektivitas Aplikasi Wordwall untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran Matematika Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(4), 6884–6892. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3400

Maschur, A. (2024). Optimalisasi “Google Sites” Pada Mapel Fisika Untuk Pembelajaran Berdiferensiasi di MTsN 1 TULUNGAGUNG. Jurnal Pena Kita.

Mudiana, I. G., Bayu, I. G. W., & Aspini, N. N. A. (2021). Model Problem Based Learning Berbantuan Media Powerpoint untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa SD. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 4(3), 383–392. https://doi.org/10.23887/jippg.v4i3.36096

Najoan, R. A. O., Tahiru, Y. S., Kumolontang, D. F., & Tuerah, R. M. (2023). Penerapan Model Problem Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa di SD. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 5(6), 2333–2344. https://doi.org/10.31004/edukatif.v5i6.5711

Niswah, A. F., & Agoestanto, A. (2021). Kemampuan Komunikasi dan Berpikir Kritis Matematis Ditinjau dari Self-Efficacy Menggunakan Quantum Teaching pada Siswa SMP. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 4, 49–58.

Nurintiyas, P. W. (2020). Analisis Hasil Belajar Matematika pada Siswa Kelas IV SDN Demangan 2 Bangkalan. Prosiding Nasional Pendidikan: LPPM IKIP PGRI Bojonegoro, 538–543. https://prosiding.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/Prosiding/article/viewFile/1090/407

Nurkholik, M., & Yonata, B. (2020). Implementasi Model Pembelajaran Inkuiri Untuk Melatihkan High Order Thinking Skills Peserta Didik Pada Materi Laju Reaksikelas Xi Ipa Man 2 Gresik Implementation of Inquiry Learning Model To Train High Order Thinking Skills Students on the Reaction Rate C. Unesa Journal of Chemical Education, 9(1), 158–164.

Prastica, Y., Hidayat, M. T., Ghufron, S., & Akhwan. (2021). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran terhadap Hasil Belajar pada Mata Pelajaran Matematika Siswa Sekoah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(5), 4120–4126. http://www.jbasic.org/index.php/basicedu/article/view/1347

Prastiwi, H., Amin, S. M., Prihastuti, H., Muawanah, & Indrati, J. (2024). Upaya Peningkatan Hasil Belajar Matematika melalui Pendekatan TaRL: Penelitian Tindakan Kelas. JURNAL WAWASAN DAN AKSARA, 4(1), 140–149.

Prima, B., Hermuttaqien, F., Aras, L., & Indah, S. (2022). Kognisi : Jurnal Penelitian Pendidikan Sekolah Dasar Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk. 2(4), 16–22.

Priyatna, F., & Wiguna, W. (2020). Mobile Game Pembelajaran Matematika Dasar Menggunakan Construct 2 di SDN Sasaksaat. EProsiding Teknik Informatika (PROTEKTIF), 1(1), 218–227.

Putri, R. D. R., Ratnasari, T., Halimatussakdiah, D. T., Husna, E. N., & Yulianti6, W. (2022). Pentingnya Keterampilan Abad 21 Dalam Pembelajaran Matematika. SICEDU : Science and Education, 1(2), 449–459.

Rohmah, M. (2023). Efektifitas Pembelajaran Di Kelas 1 Madrasah Ibtidaiyah : Integrasi Animasi Stop Motion dan Pembelajaran Berbasis Masalah ( PBL ) Sebagai Inovasi Pendidikan yang Efektif. 4(3), 683–696.

Sabarrudin, Silvianetri, & Nelisma, Y. (2022). Pembelajaran Berdiferensiasi dan Relevansi Visi Pedagogis Ki Hajar Dewantara dalam Mewujudkan Merdeka Belajar. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4, 1349–1358.

Sari, N. W., Budiono, & Rachmawati, D. A. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV Materi Bangun Datar Segi Empat SDN Purwantoro 1 Kota Malang. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 09(01), 1470–1480.

Shinta Widyasari, Vita Istihapsari, & Sri Widayati. (2024). Kemampuan Literasi Matematika Melalui Model Pembelajaran Problem-Based Learning Dengan Bantuan Google Sites Kelas XI. Proximal: Jurnal Penelitian Matematika Dan Pendidikan Matematika, 7(2), 441–449. https://doi.org/10.30605/proximal.v5i2.3569

Sinaga, D. Y., & Sidabutar, R. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa. Jurnal Ilmiah Aquinas, 332–339. https://doi.org/10.54367/aquinas.v5i2.1993

Siregar, T. M., Siahaan, B. M. G., & Enjelika, T. N. (2023). Pengaruh Pemberian Pre-Test dan Post-test pada Mata Pelajaran Matematika dalam Keberhasilan Evaluasi Pembelajaran di SMA Swasta Cahaya Medan. ULIL ALBAB: Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 3(1), 396–401.

Siswanti, A. B., & Indrajit, R. E. (2023). Problem Based Learning. CV Andi Offset.

Suryana, E., Prahasti, P., & Iskandar, A. P. (2023). Pemanfaatan Google Site Sebagai Media Pembelajaran Siswa Pada SMKN 3 Kota Bengkulu. Jurnal Dehasen Untuk Negeri, 2(1), 85–88. https://doi.org/10.37676/jdun.v2i1.3583

Ubaidi, A., Nabila, R., Raffi, M. A., & Marini, A. (2023). Pengembangan Media Interaktif Berbasis Website Google Sites Terhadap Minat Belajar Matematika Peserta Didik di Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar Dan Sosial Humaniora, 2(8), 784–808.

Utami, R. P. (2023). Pemanfatan Media Pembelajaran Berbasis Google Sites Dalam Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. SENTRI :Jurnal Riset Ilmiah, 2(2).

Wulandari, G. A. P. T. W., Putrayasa, I. B., & Martha, I. N. (2023). Efektivitas Asesmen Diagnostik dalam Pembelajaran Berdiferensiasi pada Pelajaran Bahasa Indonesia. Nusantara: Jurnal Pendidikan Indonesia, 3(3), 433–448. https://doi.org/10.14421/njpi.2023.v3i3-5

Yusri, A. Z. dan D. (2023). Pengaruh Media Pembelajaran Mind Mapping Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Matematika Pada Materi Penyajian Data Siswa Kelas 5 SDN 05 Madiun Lor. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 7(2), 809–820.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Tsania Ashfa Azkiya, Diyah Santi Hariyani, Zalita Vidiani Nurhana

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

SEMINAR NASIONAL SOSIAL, SAINS, PENDIDIKAN, HUMANIORA (SENASSDRA) diterbitkan oleh UNIVERSITAS PGRI MADIUN.
SENASSDRA memiliki ISSN: 2987-3940
Alamat: Jl. Setia Budi No.85, Kanigoro, Kec. Kartoharjo, Kota Madiun, Jawa Timur 63118

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.