Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) Berbasis Alat Peraga TELOMATIKA untuk Meningkatkan Kemampuan Metakognitif Siswa SD

Tasya Dian Muliana, Sri Lestari, Susanna Mulyani

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan metakognitif siswa dengan menggunakan model PBL yang berfokus pada alat peraga TELOMATIKA (Petualangan Penjumlahan Dan Pengurangan Dalam Boks Telur). Penelitian dilakukan melalui metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari empat tahap, yaitu: (1) perencanaan; (2) pelaksanaan; (3) pengamatan; dan (4) refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata kelas pada Prasiklus meningkat dari 59,29 menjadi 75 pada Siklus I, dan mencapai 85 pada Siklus II. Persentase siswa yang mencapai nilai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) juga meningkat secara signifikan, dari 44,58% pada awal Prasiklus menjadi 88,57% Setelah tahap pertama, pencapaian mencapai 100% meningkat pada tahap kedua. Sebaliknya, persentase siswa yang belum mencapai KKM mengalami penurunan, dari 55,42% sebelumnya menjadi 11,43% setelah tahap pertama, dan mencapai 0,00% pada tahap kedua. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penerapan PBL terbukti efektif dalam mencapai tujuan pembelajaran yang telah ditetapkan.


Keywords


Problem Based Learning, Telomatika, Metakognitif

Full Text:

PDF

References


Aulya, R., & Purwaningrum, J. P. (2021). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PBL BERBANTUAN ALAT PERAGA DALAM PENINGKATAN KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS Oleh. JURNAL MathEdu (Mathematic Education Journal), 4(3), 401–406. https://www.journal.ipts.ac.id/index.php/MathEdu/article/view/3103/2074

Azizah, A., Heni Purwati, Ahmad Buchori, & Purwanto. (2023). Peningkatan Hasil Belajar Matematika Melalui Model Problem Based Learning Berbantuan Lembar Kerja Peserta Didik. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 9(04), 1760–1775. https://doi.org/10.36989/didaktik.v9i04.1787

Fahmi, N., Sinaga, B., & Rajagukguk, W. (2020). Analisis Kemampuan Metakognitif Siswa Dalam Menyelesaikan Masalah Matematika Di Smp Negeri 4 Bendahara Aceh Tamiang. Paradikma: Jurnal Pendidikan Matematika, 13(2), 68–72. https://doi.org/10.24114/paradikma.v13i3.23713

Gusmaningsih, I. O., Azizah, N. L., Suciani, R. N., & Fajrin, R. A. (2023). Strategi Refleksi dan Evaluasi Penelitian Tindakan Kelas. Jurnal Kreativitas Mahasiswa, 1(2), 114–123. https://riset-iaid.net/index.php/jpm/article/view/1445/819

Heryanda, Y. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Ips. Jurnal Ilmiah IPS Dan Humaniora (JIIH), 1(2), 48–51. https://doi.org/10.61116/jiih.v1i2.168

Mahmudi, A., Saputra, B. A., & Sofiati, R. N. (2023). Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru Penggunaan Model PBL Berbantuan Media Visual untuk Meningkatkan Hasil Belajar Tema 1 Pertumbuhan dan Perkembangan Makhluk Hidup Kelas III SD Supriyadi 02 Semarang. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru, 1(2), 2754–2762. https://conference.upgris.ac.id/index.php/psnppg/article/view/5434

Masitoh, U., Suganda, O., & Widiantie, R. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Dengan Alat Peraga Sederhana Terhadap Kemampuan Metakognitif. Quagga : Jurnal Pendidikan Dan Biologi, 11(1), 28. https://doi.org/10.25134/quagga.v11i1.1510

Mulyati, S., & Evendi, H. (2020). Pembelajaran Matematika melalui Media Game Quizizz untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika SMP. GAUSS: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 64–73. https://doi.org/10.30656/gauss.v3i1.2127

Nurishlah, L., Saepuloh, & Samadi, M. R. (2023). METAKOGNITIF SISWA SEKOLAH DASAR. JURNAL MURABBI, 2(Mid), 48–53. https://murabbi.stai-sabili.ac.id/index.php/JM/article/view/17/53

Pujiyanti, A., Ellianawati, E., & Hardyanto, W. (2021). Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) Berbantuan Alat Peraga untuk Meningkatkan Minat dan Hasil Belajar Fisika Siswa MA. Physics Education Research Journal, 3(1), 41–52. https://doi.org/10.21580/perj.2021.3.1.6666

Salsabil, A., Rahmat, T., & Medika, G. H. (2024). Pengaruh Metakognisi Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Pada Kelas XI MIPA SMA Negeri 1 Baso. Jurnal Pendidikan Tambusai 17591, 8(2), 17591–17599. https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/14877/11353

Walida, S. El, Alifiani, A., Sari, F. K., Ilmi, Y. I. N., Khairunnisa, G. F., & Chasanah, A. (2024). Kemampuan Literasi Matematika Siswa dalam Menyelesaikan Masalah Trigonometri. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 8(2), 971–985. https://doi.org/10.31004/cendekia.v8i2.2454


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Tasya Dian Muliana, Sri Lestari, Susanna Mulyani

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

SEMINAR NASIONAL SOSIAL, SAINS, PENDIDIKAN, HUMANIORA (SENASSDRA) diterbitkan oleh UNIVERSITAS PGRI MADIUN.
SENASSDRA memiliki ISSN: 2987-3940
Alamat: Jl. Setia Budi No.85, Kanigoro, Kec. Kartoharjo, Kota Madiun, Jawa Timur 63118

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.