Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) Berbasis Alat Peraga TELOMATIKA untuk Meningkatkan Kemampuan Metakognitif Siswa SD
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan metakognitif siswa dengan menggunakan model PBL yang berfokus pada alat peraga TELOMATIKA (Petualangan Penjumlahan Dan Pengurangan Dalam Boks Telur). Penelitian dilakukan melalui metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari empat tahap, yaitu: (1) perencanaan; (2) pelaksanaan; (3) pengamatan; dan (4) refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata kelas pada Prasiklus meningkat dari 59,29 menjadi 75 pada Siklus I, dan mencapai 85 pada Siklus II. Persentase siswa yang mencapai nilai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) juga meningkat secara signifikan, dari 44,58% pada awal Prasiklus menjadi 88,57% Setelah tahap pertama, pencapaian mencapai 100% meningkat pada tahap kedua. Sebaliknya, persentase siswa yang belum mencapai KKM mengalami penurunan, dari 55,42% sebelumnya menjadi 11,43% setelah tahap pertama, dan mencapai 0,00% pada tahap kedua. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penerapan PBL terbukti efektif dalam mencapai tujuan pembelajaran yang telah ditetapkan.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Aulya, R., & Purwaningrum, J. P. (2021). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PBL BERBANTUAN ALAT PERAGA DALAM PENINGKATAN KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS Oleh. JURNAL MathEdu (Mathematic Education Journal), 4(3), 401–406. https://www.journal.ipts.ac.id/index.php/MathEdu/article/view/3103/2074
Azizah, A., Heni Purwati, Ahmad Buchori, & Purwanto. (2023). Peningkatan Hasil Belajar Matematika Melalui Model Problem Based Learning Berbantuan Lembar Kerja Peserta Didik. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 9(04), 1760–1775. https://doi.org/10.36989/didaktik.v9i04.1787
Fahmi, N., Sinaga, B., & Rajagukguk, W. (2020). Analisis Kemampuan Metakognitif Siswa Dalam Menyelesaikan Masalah Matematika Di Smp Negeri 4 Bendahara Aceh Tamiang. Paradikma: Jurnal Pendidikan Matematika, 13(2), 68–72. https://doi.org/10.24114/paradikma.v13i3.23713
Gusmaningsih, I. O., Azizah, N. L., Suciani, R. N., & Fajrin, R. A. (2023). Strategi Refleksi dan Evaluasi Penelitian Tindakan Kelas. Jurnal Kreativitas Mahasiswa, 1(2), 114–123. https://riset-iaid.net/index.php/jpm/article/view/1445/819
Heryanda, Y. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Ips. Jurnal Ilmiah IPS Dan Humaniora (JIIH), 1(2), 48–51. https://doi.org/10.61116/jiih.v1i2.168
Mahmudi, A., Saputra, B. A., & Sofiati, R. N. (2023). Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru Penggunaan Model PBL Berbantuan Media Visual untuk Meningkatkan Hasil Belajar Tema 1 Pertumbuhan dan Perkembangan Makhluk Hidup Kelas III SD Supriyadi 02 Semarang. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru, 1(2), 2754–2762. https://conference.upgris.ac.id/index.php/psnppg/article/view/5434
Masitoh, U., Suganda, O., & Widiantie, R. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Dengan Alat Peraga Sederhana Terhadap Kemampuan Metakognitif. Quagga : Jurnal Pendidikan Dan Biologi, 11(1), 28. https://doi.org/10.25134/quagga.v11i1.1510
Mulyati, S., & Evendi, H. (2020). Pembelajaran Matematika melalui Media Game Quizizz untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika SMP. GAUSS: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 64–73. https://doi.org/10.30656/gauss.v3i1.2127
Nurishlah, L., Saepuloh, & Samadi, M. R. (2023). METAKOGNITIF SISWA SEKOLAH DASAR. JURNAL MURABBI, 2(Mid), 48–53. https://murabbi.stai-sabili.ac.id/index.php/JM/article/view/17/53
Pujiyanti, A., Ellianawati, E., & Hardyanto, W. (2021). Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) Berbantuan Alat Peraga untuk Meningkatkan Minat dan Hasil Belajar Fisika Siswa MA. Physics Education Research Journal, 3(1), 41–52. https://doi.org/10.21580/perj.2021.3.1.6666
Salsabil, A., Rahmat, T., & Medika, G. H. (2024). Pengaruh Metakognisi Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Pada Kelas XI MIPA SMA Negeri 1 Baso. Jurnal Pendidikan Tambusai 17591, 8(2), 17591–17599. https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/14877/11353
Walida, S. El, Alifiani, A., Sari, F. K., Ilmi, Y. I. N., Khairunnisa, G. F., & Chasanah, A. (2024). Kemampuan Literasi Matematika Siswa dalam Menyelesaikan Masalah Trigonometri. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 8(2), 971–985. https://doi.org/10.31004/cendekia.v8i2.2454
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Tasya Dian Muliana, Sri Lestari, Susanna Mulyani
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.