Implementasi Model Problem Based Learning (PBL) pada Mata Pelajaran IPA untuk Meningkatkan Kemampuan Hasil Belajar dan Kreativitas Siswa Kelas V-A SDN 03 Nambangan Kidul Kota Madiun Tahun Pelajaran 2023/2024

Siti Komariyah, Purwandari Purwandari, Nanik Yuliani

Abstract


IPA merupakan mata pelajaran yang sangat penting dipelajari oleh siswa. Dengan mempelajari IPA siswa bisa mendapatkan pengetahuan dan konsep yang terorganisasi tentang alam sekitar. Siswa mempelajari IPA untuk mengexsplore ide serta gagasan. Akan tetapi  mata pelajaran IPA dirasa sulit oleh sebagian siswa yang ada di SDN 03 Nambangan Kidul. Disini, banyak siswa yang memiliki masalah pada hasil belajar pada mata pelajaran IPA dimana peneliti tertarik untuk mecari tahu penyebab siswa memiliki hasil belajar yang masih rendah. Berdasarkan masalah tersebut peneliti akan mencari salusi yaitu dengan menerapkan pembelajaran yang berbasis masalah atau disebut juga dengan Problem Based Learning (PBL). Peneliti mengumpulkan informasi melalui observasi, tes, dan angket. Untuk menguji keberhasilan model Problem Based Learning peneliti melakukan tiga tahapan yaitu pra siklus, siklus I dan siklus II. Setelah di implementasikan model pembelajaran berbasis masalah didapatkan hasil persentase ketuntasan pada tahap pra siklus yaitu 50,8% dengan didapatkan nilai rata-rata 72,5. Setelah kegiatan prasiklus peneliti melanjutkan tahap berikutnya yaitu siklus I dengan keberhasilan persentase ketuntasan 70,3% denagn rata-rata nilai 78,5. Siklus yang terakhir yaitu siklus II dengan keberhasilan persentase ketuntasan 92,5% dengan mencapai nilai rata-rata 85,5. Dapat ditarik kesimpulan dari hasil penelitian yang telah dilakukan bahwasannya implementasi model Problem Based Learning (PBL) sangat efektif diterapkan pada mata pelajaran IPA dimana bisa meningkatkan hasil belajar dan kreativitas siswa kelas V-A SDN 03 Nambangan Kidul dengan materi peristiwa perubahan wujud benda.

Keywords


Problem Based Learning (PBL), Hasil Belajar, Kreativitas

Full Text:

PDF

References


Anis Wahdati Sholekah. (2020). Peningkatan Motivasi Dan Hasil Belajar IPA Materi Pencemaran Lingkungan Melalui Model PjBL Siswa Kelas VII SMPN 9 Salatiga. Jurnal Pendidikan Mipa, 10(1), 16–22. https://doi.org/10.37630/jpm.v10i1.260

Buto, Z. A. (n.d.). MODERN. 55–70.

Dewantara, J. A., & Nurgiansah, T. H. (2020). Efektivitas Pembelajaran Daring di Masa Pandemi COVID 19 Bagi Mahasiswa Universitas PGRI Yogyakarta. Jurnal Basicedu, 5(1), 367–375. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i1.669

Gulo, A. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Dalam Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar IPA. Educativo: Jurnal Pendidikan, 1(1), 334–341. https://doi.org/10.56248/educativo.v1i1.58

Guru, P., Dasar, S., Kristen, U., & Wacana, S. (2021). Jurnal basicedu. 5(2), 818–826.

Haryanti, Y. D. (2017). Model Problem Based Learning Membangun Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, 3(2). https://doi.org/10.31949/jcp.v3i2.596

Jumadi, O. (2018). Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif dan Hasil Belajar Siswa. Prosiding Seminar Nasional Biologi Dan Pembelajarannya, 257–262.

Learning, P. B., Accompanied, M., Articles, S., Creative, I., Ability, T., Sman, C., & Year, B. A. (2013). BIO-PEDAGOGI Nurcholis, et al . 2 –. 2, 58–67.

Listiani, I., & Rahayu, S. (2024). PENDEKATAN CRT MATA PELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA SISWA KELAS I-A SDN 02 MANISREJO. 1, 1–10.

Sufianti, A. V. (2022). Penerapan Model Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pkn Kelas Iv Sd. SEHRAN (Jurnal Pendidikan Sejarah Dan Kewarganegaraan), 1(1), 1–10. https://doi.org/10.56721/shr.v1i1.91

Tri Pudji Astuti. (2019). Model Problem Based Learning dengan Mind Mapping dalam Pembelajaran IPA Abad 21. Proceeding of Biology Education, 3(1), 64–73. https://doi.org/10.21009/pbe.3-1.9


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Siti Komariyah, Purwandari Purwandari, Nanik Yuliani

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

SEMINAR NASIONAL SOSIAL, SAINS, PENDIDIKAN, HUMANIORA (SENASSDRA) diterbitkan oleh UNIVERSITAS PGRI MADIUN.
SENASSDRA memiliki ISSN: 2987-3940
Alamat: Jl. Setia Budi No.85, Kanigoro, Kec. Kartoharjo, Kota Madiun, Jawa Timur 63118

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.