Implementasi Computational Thinking melalui Aplikasi Wordwall sebagai Inovasi Pembelajaran di Era Digital

Shaffa Renata Andan Putri

Abstract


Penelitian ini mengeksplorasi implementasi Computational Thinking (CT) melalui aplikasi Wordwall sebagai inovasi dalam pembelajaran sejarah di Sekolah Menengah Atas (SMA) pada era digital. Pendekatan kualitatif digunakan untuk menggali persepsi guru dan peserta didik terhadap efektivitas dan dampak penggunaan Wordwall dalam proses pembelajaran. Data dikumpulkan melalui wawancara mendalam, observasi kelas, dan analisis dokumen. Penelitian ini berfokus pada bagaimana Wordwall dapat meningkatkan keterlibatan dan motivasi peserta didik, serta memfasilitasi pemahaman konsep sejarah yang kompleks melalui pendekatan yang interaktif dan menyenangkan. Selain itu, penelitian ini juga menyoroti bagaimana aplikasi ini memudahkan guru dalam merancang aktivitas pembelajaran yang lebih dinamis dan mendukung pengembangan keterampilan berpikir kritis, pemecahan masalah, dan kolaborasi di kalangan peserta didik. Integrasi teknologi digital seperti Wordwall dalam pembelajaran sejarah diharapkan dapat menjadi strategi efektif untuk menjawab tantangan pendidikan di era digital. Diperlukan dukungan berkelanjutan untuk mengoptimalkan penggunaan teknologi dalam pendidikan dan pengembangan profesional guru.

Keywords


Computational Thinking, Wordwall, Pembelajaran sejarah, Inovasi pendidikan, Era digital, Pendidikan SMA.

Full Text:

PDF

References


Aidah, N., & Nurafni. (2022). Analisis Penggunaan Aplikasi Wordwall pada Pembelajaran IPA Kelas IV di SDN Ciracas 5 Pagi. Pionir: Jurnal Pendidikan Vol. 11 No. 2. Retrieved from https://jurnal.ar-raniry.ac.id/index.php/Pionir/article/download/14133/7102

Ansori, M. (2020). Pemikiran Komputasi (Computational Thinking) dalam Pemecahan Masalah. Disarah Vol. 3 No. 1. Retrieved from https://ejournal.iaifa.ac.id/index.php/dirasah/article/download/119/167/

Herta, N., Nupus, B. C., Sanggarwati, R., & Setiawan, T. Y. (2023). Pemanfaatan Aplikasi Game Wordwall dalam Pembelajaran untuk Menumbuhkan Minat Belajar Siswa Sekolah Dasar. Seminar Nasional Paedagoria. Retrieved from https://journal.ummat.ac.id/index.php/fkip/article/download/16858/pdf

Lestari, D. I., & Kurnia, H. (2023). Implementasi Model Pembelajaran Inovatif untuk Meningkatkan Kompetensi Profesional Guru di Era Digital. Jurnal Pendidikan Guru Vol. 4 No. 3, 206. Diambil kembali dari https://ejournal.uika-bogor.ac.id/index.php/jpg/article/download/14252/4576

Nasution, S. F., & Ramadhani. (2023). Model Blended Learning Berbasis Wordwall Meningkatkan Kemampuan Literasi Matematis dan Self-Efficacy. Jurnal Matematic Paedagogic Vol. VII No. 2. Retrieved from http://jurnal.una.ac.id/index.php/jmp/article/view/3229

Pratiwi, G. L., & Akbar, B. (2022). Pengaruh Model Problem Based Learning terhadap Keterampilan Computational Thinking Matematis Siswa Kelas IV SDN Kebon Bawang 03 Jakarta. Didaktik: Jurnal Ilmiah PGSD FKIP Universitas Mandiri Vol. 8 No. 1.

Yulianti, A. (2020). Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis Game Edukasi Menggunakan Aplikasi Construct 2 pada Mata Pelajaran Komputer dan Jaringan Dasar. Jurnal IT-EDU Vol. 05 No. 01. Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/it-edu/article/download/38272/33750


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Shaffa Renata Andan Putri

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

SEMINAR NASIONAL SOSIAL, SAINS, PENDIDIKAN, HUMANIORA (SENASSDRA) diterbitkan oleh UNIVERSITAS PGRI MADIUN.
SENASSDRA memiliki ISSN: 2987-3940
Alamat: Jl. Setia Budi No.85, Kanigoro, Kec. Kartoharjo, Kota Madiun, Jawa Timur 63118

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.