Analisis Kemampuan Menyelesaikan Masalah Matematika Siswa Kelas VII MTs Bodronoyo Jiwan Berdasarkan Gender

Salimah Yuniasih, Sanusi Sanusi, Fatriya Adamura

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan jenis-jenis penyelesaian masalah yang digunakan oleh siswa kelas VII MTs Bodronoyo Jiwan dalam mengerjakan soal soal matematika yang melibatkan bilangan bulat, dianalisis berdasarkan gender. Menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif, penelitian ini dilakukan di MTs Bodronoyo Jiwan Madiun pada semester genap tahun ajaran 2023/2024. Subjek yang diambil empat siswa terdiri dua siswa laki-laki dan dua siswa perempuan. Hasil penelitian menunjukkan adanya perbedaan kemampuan penyelesaian masalah antara siswa laki-laki dan siswa perempuan . Siswa perempuan menunjukkan kemampuan lebih tinggi daripada siswa laki-lakj. Perbedaan ini yang menjadikan alasan pentingnya mempertimbangkan perbedaan gender dalam belajar.


Keywords


Bilangan Bulat, Kemampuan, Analisis, dan Gender.

Full Text:

PDF

References


Aini, N. N., & Mukhlis, M. (2020). Analisis kemampuan pemecahan masalah pada soal cerita matematika berdasarkan teori Polya ditinjau dari Adversity Quotient. Alifmatika: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Matematika, 2(1), 105–128.

August, F. M., & Ramlah, R. (2021). Analisis kemampuan pemecahan masalah matematis siswa berdasarkan prosedur polya. JIPMat, 6(1), 43–59.

Cahya, A. R. H., Syamsuri, S., Santosa, C. A. H. F., & Mutaqin, A. (2022). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Berdasarkan Polya Ditinjau dari Kemampuan Representasi Matematis. GAUSS: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1), 1–15.

Hanggara, Y., Aisyah, S. H., & Amelia, F. (2022). Analisis kemampuan pemecahan masalah matematis siswa ditinjau dari perbedaan gender. Pythagoras J. Progr. Stud. Pendidik. Mat, 11(2), 189–201.

Suhartono, B. B. P. A. C. (n.d.). ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA MENGGUNAKAN PROSEDUR POLYA.

Waruwu, M. (2023). Pendekatan penelitian pendidikan: metode penelitian kualitatif, metode penelitian kuantitatif dan metode penelitian kombinasi (Mixed Method). Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(1), 2896–2910.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Salimah Yuniasih, Sanusi Sanusi, Fatriya Adamura

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

SEMINAR NASIONAL SOSIAL, SAINS, PENDIDIKAN, HUMANIORA (SENASSDRA) diterbitkan oleh UNIVERSITAS PGRI MADIUN.
SENASSDRA memiliki ISSN: 2987-3940
Alamat: Jl. Setia Budi No.85, Kanigoro, Kec. Kartoharjo, Kota Madiun, Jawa Timur 63118

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.