Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa: Keefektifan Model Pembelajaran Teams Game Tournament Dengan Media Teka Teki Silang

Rossy Qoimatul Fadlila, Fauzatun Ma’rufah Rohmanurmeta, Heny Kusuma Widyaningrum

Abstract


Studi ini bertujuan untuk menentukan seberapa model yang berhasil turnamen permainan tim terhadap tingkat keaktifan belajar siswa kelas V di MIN 6 Magetan. Studi ini menggunakn metode eksperimen. Penelitian ini melibatkan 51 siswa. Pengumpulan data menggunakan teknik non tes. Data yang dikumpulkan terdiri dari data skor observasi dan data skor angket keaktifan belajar siswa. Jika dibandingkan dengan model pembelajaran Teams Game Tournament (TGT) yang mendorong siswa untuk belajar secara aktif lebih tinggi dengan model tradisional. Kesimpulannya adalah bahwa uji normalitas menggunakan prasyarat analisis menggunakan rumus Liliefors,uji homogenitas dengan uji Barlett, dan uji perhitungan t, yang menunjukkan = 1.945 dan  dengan (a) 0,05%. Nilai rata-rata siswa kelas V mendukung hal ini.

Keywords


Keaktifan, Teams Game Tournament, Teka Teki Silang

Full Text:

PDF

References


Aspriyani, R., & Suzana, A. (2020). Pengembangan Modul Matematika Berbasis Brain Based Learning Menggunakan Permainan Teka-Teki Silang Pada Materi Barisan Dan Deret Geometri. Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika, 13, 58.

Astrissi, D. O. S. A. G., Sukardjo, J. S., & Hastuti, B. (2014). Efektivitas Model Pembelajaran Teams Games Tournament (Tgt) Disertai Media Teka Teki Silang Terhadap Prestasi Belajar Pada Materi Minyak Bumi.

Danuri, & Maisaroh, S. (2019). Metodologi Penelitian.

Dian Syarifah, N., Suyanti, & Widyaningrum, H. K. (2022). Prosiding Konferensi Ilmiah Dasar Efektivitas Penggunaan Media Pembelajaran Wayang Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas IV SDN 04 Madiun Lor. Efektivitas Penggunaan Media Pembelajaran Wayang Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas IV SDN 04 Madiun Lor, 3. http://prosiding.unipma.ac.id/index.php/KID

Dwi Rahayu, N., Hartini, & Widyaningrum, H. K. (2023). Pengaruh Media Wordwall Game Quiz terhadap Minat Belajar Siswa. Prosiding Konferensi Ilmiah Dasar . http://prosiding.unipma.ac.id/index.php/KID

Fauziah, R., & Subhananto, D. A. (2016). Penerapan Model Pembelajaran TGT (Teams Games Tournament) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Materi Sumber Daya Alam di Kelas III SD Negeri 70 Kuta Raja Banda Aceh. Jurnal Tunas Bangsa, 10.

Gustiansyah, K., Maulidatis Sholihah, N., & Sobri, W. (2020). Pentingnya Penyusunan RPP untuk Meningkatkan Keaktifan Siswa dalam Belajar Mengajar di Kelas. Jurnal Administrative Sciene, 90. https://doi.org/10.54471/idarotuna.v1

Joniansyah. (2012). Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournaments Terhadap Hasil Belajar Siswa.

Kusuma Widyaningrum, H., & Rahmanumeta, F. M. (2016). Pentingnya Strategi Pembelajaran Inovatif Dalam Menghadapi Kreativitas Siswa Di Masa Depan.

Mariyah, Y. S., Budiman, A., Rohayani, H., & Audina, W. D. (2021). Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Melalui Pemanfaatan Media Audio Visual : Studi Eksperimen Dalam Pembelajaran Tari. Journal of Education, Humaniora and Social Sciences (JEHSS), 4(2), 959–967. https://doi.org/10.34007/jehss.v4i2.778

Mauilidina, Z. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (Tgt) Berbantuan Media Teka Teki Silang Terhadap Hasil Belajar Siswa.

Mirzandani. (2012). Meningkatkan Kemampuan Membaca Kata Melalui Media Teka-Teki Silang Bergambar Bagi Anak Tunagrahita Ringan (Penelitian Tindakan Kelas di DV/C SLB Bina Nagari Solok Selatan) (Vol. 1). http://ejournal.unp.ac.id/index.php/jupekhuMirzandaniJurusanPLBFIPUNP306

Nur Sodiq, A., & Trisniawati. (2020). Peningkatan Minat dan Hasil Belajar Matematika Melalui Model Cooperative Learning Peningkatan Minat dan Hasil Belajar Matematika melalui Model Cooperative Learning Tipe Team Games Tournament pada Siswa SD Negeri Tukangan Yogyakarta. Journal of Mathematics Education.

Rizky Fitrian Kanza, N., Djoko Lesmono, A., & Mulyo Widodo, H. (2020). Analisis Keaktifan Belajar Siswa Menggunakan Model Project Based Learning Dengan Pendekatan STEM Pada Pembelajaran Fisika Materi Elastisitas Di Kelas XI MIPA 5 SMA Negeri 2 Jember.

Rodhiyah, L., Degeng, I. N., & Adi, E. (2021). Peningkatan Antusiasme Siswa Kelas V Belajar Materi Panas dan Perpindahannya Melalui Multimedia Linier. JKTP: Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 4(1), 80–89. https://doi.org/10.17977/um038v4i12021p080

Slavin, R. E. (2005). Cooperative Learning. Review of Educational Research, 50(2), 315–342. https://doi.org/10.3102/00346543050002315

Sugiono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. CV ALFABETA.

Surya Hamdani, M., & Widi Wardani, K. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Team Games Tournamen (TGT) pada Pembelajaran Tematik Terpadu Kelas 5 untuk Peningkatan Keterampilan Kolaborasi. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 3, 440–447.

Wahyuni, F. E., Bektiarso, S., & Nuriman. (2013). Pengaruh Contextual Teaching and Learning melalui Metode Eksperimen dalam Pembelajaran IPA terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V SDN Kesilir 01 Wuluhan Jember.

Ziyan Takhqiqi, M., Ratnasari, F., Amalia, R., & Ratna Saputri, D. (2010). Model Pembelajaran Team Game Tournament. 708.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Rossy Qoimatul Fadlila, Fauzatun Ma’rufah Rohmanurmeta, Heny Kusuma Widyaningrum

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

SEMINAR NASIONAL SOSIAL, SAINS, PENDIDIKAN, HUMANIORA (SENASSDRA) diterbitkan oleh UNIVERSITAS PGRI MADIUN.
SENASSDRA memiliki ISSN: 2987-3940
Alamat: Jl. Setia Budi No.85, Kanigoro, Kec. Kartoharjo, Kota Madiun, Jawa Timur 63118

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.