Pembelajaran Bahasa Indonesia Materi Puisi dengan Metode Jigsaw Berbasis Media Ajar Video Animasi di SDN Wungu 01

Rizqi Wulan Rohmawati, Anis Qurli Diana Sari, Esa Nurus Salasati, Noviana Nur Azizah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan media pembelajaran berbasis vidio animasi yang diaplikasikan dalam proses pembelajaran Bahasa Indonesia pada materi puisi dengan menggunakan metode jigsaw di SDN Wungu 01. Metode penelitian yang digunakan deskriptif kualitatif dengan subjek siswa kelas 5. Proses pengaplikasian media ajar berbasis video animasi di SDN Wungu 01 cukup efektif untuk menyampaikan materi puisi pada pembelajaran bahasa indonesia dengan menggunakan metode Jigsaw. Pembelajaran di mulai dengan pendidik membagi peserta didik menjadi 4 kelompok, setiap kelompok akan menunjuk salah satu anggota untuk mewakili dalam menerima materi yang di sampaikan oleh pendidik. Setelah itu perwakilan kelompok akan kembali ke kelompok masing-masing untuk menyampaikan materi yang telah dijelaskan sebelumnya. Metode jigsaw digunakan untuk meningkatkan keterampilan. Metode ini juga untuk mengantisipasi keterbatasan fasilitas sekolah. Di akhir pembelajaran ada refleksi dengan beberapa pertanyaan ringan. Vidio animasi di unggah di youtube sehingga dapat di akses oleh peserta didik  untuk mempelajari kembali materi yang telah di sampaikan.

Keywords


Materi Puisi, Metode Jigsaw, Video Animasi

Full Text:

PDF

References


SP, N. P. S., & Kusmariyatni, N. N. (2021). Model Pembelajaran Kooperatif Jigsaw Berbantuan Media Video Meningkatkan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 4(1), 92-100.

Ambarita, E. (2021). Belajar Dari Rumah (Bdr) Menggunakan Padlet Alternatif E-Learning Pada Masa Pandemi Covid-19 (Studi Kasus Di Sman 56 Jakarta). Jira: jurnal inovasi dan riset akademik, 2(1), 30-36.

Donaghy, K. (2019). What about the Fithh Skill of Viewing. Advancing Larning Webminar. Retrieved June, 15, 2022.

Elpira, N., & Ghufron, A. (2015). Pengaruh penggunaan media powerpoint terhadap Minat dan hasil belajar ipa siswa kelas IV SD. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 2(1), 94-104.

Fadhli, M. (2016). Pengembangan media pembelajaran berbasis video kelas iv sekolah dasar. Jurnal dimensi pendidikan dan pembelajaran, 3(1), 24-33.

Huri, D., Mulyati, Y., Damaianti, V. S., & Sastromiharjo, A. (2021). Kajian awal keterampilan memirsa (viewing skills) dan pembelajarannya pada era digital di indonesia. ISoLEC Proceedings, 5(1), 226-230.

Junaedi, S. (2021). Aplikasi canva sebagai media pembelajaran daring untuk meningkatkan kemampuan kreatifitas mahasiswa pada mata kuliah English for information communication and technology. Bangun Rekaprima, 7(2), 80-89.

Kharissidqi, M. T., & Firmansyah, V. W. (2022). Aplikasi canva sebagai media pembelajaran yang efektif. Indonesian Journal Of Education and Humanity, 2(4), 108-113.

Kusnandar, K. (2013). Pengembangan bahan belajar digital learning object. Jurnal Teknodik, 583-595.

Mufid, M. A., Doyin, M., & Mulyono, M. (2017). Peningkatan Keterampilan Menanggapi Cara Pembacaan Puisi Menggunakan Metode Kooperatif Tipe Jigsaw Berbantuan Dengan Media Audiovisual Pada Siswa Kelas VII F SMP Negeri 3 Ungaran. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 6(2), 34-40.

PB, S. N. (2017). Menghadapi generasi visual; Literasi visual untuk menstimulasi kemampuan berpikir dalam proses pembelajaran. ELSE (Elementary School Education Journal): Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 1(2a).

Rusdiana, R. Y., Putri, W. K., & Sari, V. K. (2021). Pelatihan pembuatan media pembelajaran menggunakan canva bagi guru SMPN 1 Tegalampel Bondowoso. Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 4(3), 209-213.

Sari, H. R., & Yatri, I. (2023). Video Animasi Melalui Aplikasi Canva Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Siswa Sekolah Dasar. Edukasiana: Jurnal Inovasi Pendidikan, 2(3), 159-166.

Setiawan, N. C. E., Dasna, I. W., & Muchson, M. (2020). Pengembangan Digital Flipbook untuk Menfasilitasi Kebutuhan Belajar Multiple Representation pada Materi Sel Volta. Hydrogen: Jurnal Kependidikan Kimia, 8(2), 107-115.

Tarigan, H. G. (1985). Membaca sebagai suatu keterampilan berbahasa.

Wahyuni, V. I., & Arifin, M. B. U. B. (2022). Efektifitas Model Mind Mapping Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas IV SD/MI. ELSE (Elementary School Education Journal): Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 6(2), 351-366.

Wulandari, T., & Mudinillah, A. (2022). Efektivitas penggunaan aplikasi canva sebagai media pembelajaran ipa mi/sd. Jurnal Riset Madrasah Ibtidaiyah, 2(1), 102-118.

Zyam, N. S. S., & Umam, N. K. (2022). Analisis keterampilan memirsa pada video pembelajaran cerita rakyat melalui whatsapp. COLLASE (Creative of Learning Students Elementary Education), 5(4), 645-652.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Rizqi Wulan Rohmawati, Anis Qurli Diana Sari, Esa Nurus Salasati, Noviana Nur Azizah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

SEMINAR NASIONAL SOSIAL, SAINS, PENDIDIKAN, HUMANIORA (SENASSDRA) diterbitkan oleh UNIVERSITAS PGRI MADIUN.
SENASSDRA memiliki ISSN: 2987-3940
Alamat: Jl. Setia Budi No.85, Kanigoro, Kec. Kartoharjo, Kota Madiun, Jawa Timur 63118

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.