Penerapan Model Project Based Learning melalui Pendekatan Culturally Responsive Teaching untuk Meningkatkan Kolaborasi dan Hasil Belajar Siswa Kelas V SDN 01 Madiun Lor

Rista Kurniawati, Sri Lestari, Susanna Mulyani

Abstract


Keterampilan kolaborasi merupakan keterampilan abad 21 yang harus dipelajari untuk menghadapi tantangan  era digital. Di SDN 01 Madiun Lor permasalahan yang ditemui di Kelas V adalah kurangnya inovasi  dalam pengenalan model dan pendekatan pembelajaran oleh guru, sehingga berdampak pada buruknya hasil belajar dan rendahnya kemampuan kolaborasi siswa. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan kolaborasi dan hasil belajar siswa kelas V SDN 01 Madiun Lor. Dengan menerapkan model pembelajaran berbasis proyek (PjBL) dengan pendekatan culturally responsive teaching (CRT), penelitian ini merupakan jenis penelitian tindakan kelas (PTK), mengacu pada rancangan Kemmis dan McTaggart, serta menggabungkan dua ha tahapan siklus telah dilakukan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterampilan kolaborasi siswa meningkat sebesar 83% dari pra siklus ke siklus II. Peningkatan hasil belajar juga ditandai dengan peningkatan ketuntasan hasil belajar pada prasiklus, siklus 1, dan siklus 2 mencapai 91% dan melebihi indikator keberhasilan belajar. Oleh karena itu, penerapan model pembelajaran berbasis proyek (PjBL) dengan pendekatan culturally responsive teaching (CRT) dapat meningkatkan keterampilan kolaborasi dan hasil belajar.


Keywords


Hasil belajar, keterampilan kolaborasi, project based learning; culturally responsive teaching

Full Text:

PDF

References


Adawiya, R. (2022). Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Kelas VII Siswa MTS Amalul Ikhlas T. A. 2019/2020. Literasi : Jurnal Ilmu Pendidikan, XIII(1), 78–90.

Alfaeni, D., Nurkanti, M., & Halimah, M. (2022). Kemampuan Kolaborasi Siswa Melalui Model Project Based Learning Menggunakan Zoom Pada Materi Ekosistem. BIOEDUKASI Jurnal Pendidikan Biologi, 13(2), 143–149.

Arikunto, S. (2010). Metode Penelitian Arikunto Suharsimi. Rineka Cipta.

Dakhi, A. S. (2020). Peningkatan Hasil Belajar S i s w a . J u r n a l E d u c a t i o n a n d D e v e l o m e n t , 8 ( 2 ) , 4 6 8 – 4 7 0 https://journal.ipts.ac.id/index.php/ED/a rticle/view/1758

Dimensi, Elemen, dan Subelemen Profil Pelajar Pancasila pada Kurikulum Merdeka. (2022). Badan Standar, Kurikulum dan Asesmen Pendidikan Kementrian Pendidikan Kebudayaan, Riset dan Teknologi Republik Indonesia.

Djamarah, S. B., & Zain, A. (2010). Strategi Belajar Mengajar. Rineka Cipta.

Fathurrohman, M. (2015). Model-model Pembelajaran Inovatif. Ar-Ruzz Media.

Greenhill, V. (2010). 21st Century Knowledge And Skills In Educator Preparation.

Greenstein, L. (2012). Assessing 21st Century Skills: A Guide to Evaluating Mastery and Authentic Learning. Corwin. Hernandez, C. M., Morales, A. R., & Shroyer, M.

G. (2013). The Development of Model Cuturally Responsive Science and Mathematics Teaching. Cult Stud of SciE d u c https://doi.org/https://doi.org/10.1007/s 11422-013-9544-

K.H., D. (2009). Menuju Manusia Merdeka.Leutika.Khasanah, I. M., Nuroso, H., & Pramasdyahsari,

A. S. (2023). Efektivitas Pendekatan Culturally Responsive Teaching (CRT) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas II Sekolah Dasar. Edu Society: Jurnal Pendidikan, Ilmu Sosial, Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 3, 1121–1127.

Mariamah, S., Bachtiar, M. Y., & Indrawati. (2021). Penerapan Project Based L e a r n i n g U n t u k M e n i n g k a t k a n Kemampuan Kolaborasi Anak Usia Dini. Profesi Kependidikan, 2(1), 125130.

Niswara, R., Muhajir, & Untari, M. F. A. (2019). Pengaruh Model Project Based Learning Terhadap High Order Thinking Skill. Mimbar PGSD Undiksha, 7(2), 85–90.

Pranowo, E., & Ardiyaningrum, M. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif STAD Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Kelas IV SD Negeri Dukuh 1 Sleman. Literasi : Jurnal Ilmu Pendidikan, 10(1), 1–8. www.ejournal.almaata.ac.id/literasi

Pratiwi, S. N., Cari, C., & Aminah, N. S. (2019). Pembelajaran IPA Abad 21 dengan Literasi Sains Siswa. Jurnal Materi Dan Pembelajaran Fisika (JMPF), 9(1), 34–42.

Rahayu, D., Puspita, A. M. I., & Puspitaningsih,F. (2020). Keefektifan Model Project Based Learning Untuk Meningkatkan Sikap Kerjasama Siswa Sekolah Dasar. Pedagogi: Jurnal Penelitian Pendidikan,7(2),111–122. https://doi.org/10.25134/ pedagogi.v7i2.3626

Rahmawati, Y., Rahman, A., Triwana, M., & Handayani, T. (2017). Pendekatan Pembelajaran Kimia Berbasis Budaya dan Karakter : Culturally Responsive Teaching Terintegrasi Etnokimia.

Journal Of Chemical Information and Modeling, 59(9).Suardi, M. (2018). Belajar & Pembelajaran. Deepublih. Sudjana, N., & Ahmad Rivai. (2011). Media Pengajaran. Sinar Baru Algensindo.

Sunbanu, H. F., Mawardi, & Wardani, K. W. (2019). Peningkatan Keterampilan Kolaborasi Siswa Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Two Stay Two Stray di Sekolah Dasar.

Jurnal Basicedu, 3(4), 2037–2041. https://jbasic.org/ index.php/basicedu

Taher, T. (2023). Analisis Keterampilan Komunikasi dan Kolaborasi Siswa Introvert dengan Pendekatan Culturally Responsive Teaching. Jambura Journal of Education Chemistry, 5(1), 21–27.

Tuan Soh, T. M., Arsada, N. M., & Osman, K. (2010). The relationship of 21st century skills on students’ attitude and perception towards physics. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 7, 546–554. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2010.10 .073

Yulaikha, I., Rahyu, S., & Parlan. (2022). Efektivitas Pembelajaran STEM dengan Model PjBL Terhadap Kreativitas dan Pemahaman Konsep IPA Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan, 7(6), 223–229. http://journal.um.ac.id/index.php/jptpp/


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Rista Kurniawati, Sri Lestari, Susanna Mulyani

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

SEMINAR NASIONAL SOSIAL, SAINS, PENDIDIKAN, HUMANIORA (SENASSDRA) diterbitkan oleh UNIVERSITAS PGRI MADIUN.
SENASSDRA memiliki ISSN: 2987-3940
Alamat: Jl. Setia Budi No.85, Kanigoro, Kec. Kartoharjo, Kota Madiun, Jawa Timur 63118

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.