Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Matematika melalui Model Kooperatif Tipe TGT Berbantuan Kartu Soal pada Siswa Kelas II SD Negeri 02 Kanigoro

Reni Reni, Octaria Hidayatus Sholikhah, Upik Wahyuni Nawang Putri

Abstract


Penelitian ini memiliki tujuan untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa kelas II di SD Negeri 02 Kanigoro melalui implementasi model pembelajaran kooperatif jenis TGT (Team Game Tournament) yang menggunakan kartu pertanyaan. Siswa kelas II di SD Negeri 02 Kanigoro sebagai subjek penelitian, yang merupakan bagian dari penelitian tindakan di kelas. Observasi, wawancara, dan tes digunakan untuk mengumpulkan data. Data dianalisis dengan metode deskriptif, kualitatif, dan kuantitatif. Penelitian memperlihatkan bahwasanya ketika siswa kelas II SD Negeri 02 Kanigoro menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TGT dengan kartu pertanyaan, meningkatkan kemampuan mereka dalam mempelajari materi perkalian dalam mata pelajaran matematika. Pada pra siklus, rata-rata nilai siswa adalah 58,7, dan presentase hanya 43% dari mereka yang mencapai KKM. Namun, dengan menerapkan model kooperatif TGT, rata-rata nilai pada Siklus I meningkat menjadi 71, dan persentase siswa yang mencapai KKM juga naik menjadi 71%. Meskipun demikian, karena persentase tersebut belum memenuhi persyaratan keberhasilan dalam pembelajaran, pengukuran dilanjutkan pada Siklus II. Pada siklus terakhir, 93% dari siswa mencapai KKM, dengan rata-rata nilai mencapai 84. Hasil penelitian memperlihatkan bahwasanya terjadi sebuah peningkatan dalam pemahaman siswa tentang perkalian selama kedua siklus tersebut.


Keywords


Keaktifan dan Hasil Belajar; Model Kooperatif Tipe TGT; Kartu Soal

Full Text:

PDF

References


Ula, N. S. S., & Jamilah, M. (2023). Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa Kelas V Dengan Menggunakan Model TGT. JPG: Jurnal Pendidikan Guru, 4(3), 194-204.

Hartanto, H., & Mediatati, N. (2023). Upaya Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Matematika Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT). Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(3), 3224-3252.

Endah, N. (2017). Peningkatan Hasil Belajar Ipa Siswa Kelas 5 Sd Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Tgt Berbantuan Media Gambar. JPsd (Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar), 3(2), 96-104.

Fitriani, Y. I., & Mursidik, E. M. (2024). PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI MODEL KOOPERATIF TIPE TGT BERBANTUAN KARTU SOAL KELAS V SD NEGERI 1 TINATAR. JPG: Jurnal Pendidikan Guru, 5(1), 1-13.

Prasetyaningrum, D., Martini, K. S., & Susilowati, E. (2013). Studi Komparasi Metode Pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) Disertai Media Kartu Soal dan Roda Impian Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Materi Hidrokarbon Kelas X Sma Negeri 7 Surakarta Tahun Pelajaran 2012/2013. Jurnal Pendidikan Kimia (JPK), 2(3), 122-129.

Adiputra, D. K., & Heryadi, Y. (2021). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Tgt (Teams Games Tournament) Pada Mata Pelajaran IPA Di Sekolah Dasar. Holistika: Jurnal Ilmiah PGSD, 5(2), 104-111.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Reni Reni, Octaria Hidayatus Sholikhah, Upik Wahyuni Nawang Putri

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

SEMINAR NASIONAL SOSIAL, SAINS, PENDIDIKAN, HUMANIORA (SENASSDRA) diterbitkan oleh UNIVERSITAS PGRI MADIUN.
SENASSDRA memiliki ISSN: 2987-3940
Alamat: Jl. Setia Budi No.85, Kanigoro, Kec. Kartoharjo, Kota Madiun, Jawa Timur 63118

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.