Penerapan Pendekatan Culturally Responsive Teaching (CRT) dengan Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik

Regina Ayu Rahmawati, Davi Apriandi, Purwaningtijas Purwaningtijas

Abstract


Tujuan penelitian ini yakni untuk mengetahui keberhasilan penerapan pendekatan Culturally Responsive Teaching (CRT) dengan model Problem Based Learning (PBL) yang dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik kelas VIII B SMP Negeri 2 Madiun. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Teknik pengumpulan data menggunakan hasil asesmen sumatif. Berdasarkan dari hasil asesmen diagnostik yang telah dilakukan menunjukkan hasil sebesar 61,32%. Setelah dilakukan tindakan hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya peningkatan kemampuan berpikir kritis dilihat dari hasil asesmen sumatif pada siklus I yaitu 73,86%. Kemudian jika dilihat dari hasil asesmen sumatif pada siklus II mendapat hasil sebesar 84,75%.. Oleh karena itu, pembelajaran menggunakan pendekatan Culturally Responsive Teaching (CRT) dengan model Problem Based Learning (PBL) dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis pada peserta didik kelas VII B SMP Negeri 2 Madiun.


Keywords


Kemampuan berpikir kritis, Pendekatan Culturally Responsive Teaching (CRT), model Problem Based Learning (PBL

Full Text:

PDF

References


Fitriyah, I. M. N., & Ghofur, M. A. (2022). Pengembangan E-Lkpd Berbasis Android Dengan Model Pembelajaran Problem Based Learning (Pbl) Untuk Meningkatkan Berpikir Kritis. Jurnal Ekonomi Dan Pendidikan, 18(2), 218–229. https://doi.org/10.21831/jep.v18i2.41224

Gondo, R., & Mbaiwa, J. E. (2022). Agriculture. In The Palgrave Handbook of Urban Development Planning in Africa (pp. 75–103). https://doi.org/10.1007/978-3-031-06089-2_4

Hariyani, S. (2024). Penerapan Model Problem-Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis. Buletin Pengabdian Multidisiplin, 1(1), 51–55. https://doi.org/10.62385/budimul.v1i1.97

Jannah, S. R., Munandar, K., Wadiono, G., & Aisah, D. N. (2023). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Biologi dengan Model PjBL dan Pendekatan CRT. Jurnal Biologi, 1(4), 1–11. https://doi.org/10.47134/biology.v1i4.1994

Saputra, J. (2015). Penggunaan Model Problem Based Learning Berbantuan E-Learning Dalam Upaya Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Dan Dampaknya Terhadap Kemandirian Belajar Mahasiswa. Pasundan Journal of Mathematics Education : Jurnal Pendidikan Matematika, Vol 5 No 2, 77–87. https://doi.org/10.23969/pjme.v5i2.2536

Shahnaz Surayya, Patonah, S., & Sumiyatun. (2024). Pengaruh pendekatan culturally responsive teaching (CRT) untuk meningkatkan berpikir kritis peserta didik kelas IV SDN Peterongan Semarang. COLLASE (Creative of Learning Students Elementary Education), 7(2), 214–222. https://doi.org/10.22460/collase.v7i2.22504

Sitompul, N. N. S. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning terhadap Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa SMP Kelas IX. GAUSS: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 45–54. https://doi.org/10.30656/gauss.v4i1.3129


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Regina Ayu Rahmawati, Davi Apriandi, Purwaningtijas Purwaningtijas

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

SEMINAR NASIONAL SOSIAL, SAINS, PENDIDIKAN, HUMANIORA (SENASSDRA) diterbitkan oleh UNIVERSITAS PGRI MADIUN.
SENASSDRA memiliki ISSN: 2987-3940
Alamat: Jl. Setia Budi No.85, Kanigoro, Kec. Kartoharjo, Kota Madiun, Jawa Timur 63118

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.