Pengaruh Empati dan Pola Asuh Neglectful Terhadap Perilaku Cyberbullying

Ratih Pramita Wardani, Rischa Pramudia Trisnani, Asroful Kadafi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh empati dan pola asuh neglectful terhadap perilaku cyberbullying. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan studi literature, dengan kata lain, penulis dalam menyusun artikel ini dengan mencari, membaca dan meneliti berbagai literatur, baik buku, jurnal, penelitian hasil dan artikel yang berkaitan dengan topik yang dibahas.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa individu dengan empati yang baik dan berasal dari keluarga yang memiliki pola pengasuhan yang baik pula akan terhindar dari perilaku cyberbullying. Artinya perilaku cyberbullying tidak akan terjadi jika individu memiliki rasa empati yang tinggi dan perilaku cyberbullying juga rentan terjadi jika individu mendapat pola pengasuhan yang tepat dari orangtua seperti mendapat perhatian, adanya komunikasi dan pengawasan terhadap tindakan anak.


Keywords


Empati, Pola Asuh Neglectful, Perilaku Cyberbullying

Full Text:

PDF

References


Aini, S., Rahardjo, W. (2023). Perilaku Cyberbullying Pada Remaja Ditinjau dari Empati dan Regulasi Emosi. Jurnal Ilmu Perilaku, 7(2):121-139.

Akbar, E. F. R. (2015). Pengaruh Self Esteem dan Pola Asuh Orang Tua terhadap Perilaku Cyberbullying Siswa MAN 1 Tangerang (Bachelor's Thesis, UIN Syarif Hidayatullah Jakarta: Fakultas Psikologi, 2015).

Aminullah, dkk. (2018). Perilaku Perundungan Siber pada Remaja: Ditinjau dari Anger Management dan Pola Asuh Permisif. PSIKOLOGIKA: Jurnal Pemikiran dan Penelitian Psikilogi, 23(1):68-78.

Arofa, dkk. (2018). Pengaruh Perilaku Bullying terhadap Empati Ditinjau dari Tipe Sekolah. Jurnal Ilmiah Psikologi Terapan, 6(1): 78-79.

Baker, E. (2010). Cyberbullying and its correlation to traditional bullying, gender, and frequent and risky usage of internet-mediated communication tools. New Media & Society, 12(1), 109-125.

Dewi, dkk. (2020). Faktor-faktor yang mempengaruhi cyberbullying pada remaja: A Systematic Review. Journal of Nursing Care, 128-141.

Gunawan, I.M.S. (2021). Korelasi antara Empati dengan Perilaku Cyberbullying pada Siswa di SMA Negeri 3 Mataram. Jurnal Bimbingan dan Konseling, 6(1). https://doi.org/10.33394/realita.v6i1.3859.

Jalal, dkk. (2021). Faktor-faktor cyberbullying pada remaja. Jurnal Sosial dan Humaniora, 1-9.

Kowalski, & Limber. (2013). Psychological, Physical, and Academic Correlates of Cyberbullying and Tradisional Bullying. Journal of Adolescent Health, 53.

Lu., Hao., Jing. (2016). Consuming, sharing, and creating content: How young student use new social media in and outside school. Computers in Human Behavior, 64, 55-64

Natalia, R., Johanis, K., Junita, P. F. (2021). Hubungan Pola Asuh Orang Tua dan Peran Teman Sebaya denfan Self Efficacy Remaja Korban Cyberbullying. Jurnal Riset Kesehatan Global Indonesia, 3(4):555-562.

Nurlaily, dkk. (2020). Pengaruh Pola Asuh Otoriter Terhadap Kecenderungan Cyberbullying yang Didimensi oleh Kecerdasan Emosional (Emotional Intellegence) pada Remaja di Kota Bandung. INQUIRY: Jurnal Ilmiah Psikologi, 11(1):51-64.

Prihanti, G. S. (2017). Empati dan Komunikasi. Malang: UMM Press.

Puteri, E. M., Ernawati, D.(2022). Hubungan Pola Asuh Orang Tua dengan Perilaku Cyberbullying Selama Pandemi Covid-19. Bima Nursing Journal, 1(4):8-16.

Santrock. (2007). Child Development. Terjemahan Mila Rahmawati, dkk. Jakarta: Erlangga.

Silalahi, S.R., Solehudin, S., Stella, S. (2023). Hubungan Kemampuan Empati dengan Perilaku Cyberbullying pada Remaja. Jurnal Ilmiah Amanah Akademika, 6(2):1-8.

Tetteng, B., Ashari, I.R.P. (2023). Pengaruh Empati Terhadap Kecenderungan Perilaku Cyberbullying pada Remaja di Kota Makassar. PESHUM: Jurnal Pendidikan, Sosial, dan Humaniora, 2(6):1155-1163.

Wijayanto et al. (2019). Mencegah dan Mengatasi Bullying di Dunia Digital. Lembaga Penelitian, Publikasi dan Pengabdian kepada Masyarakat London School of Public Relations Jakarta.

Witjaksono, dkk. (2017). Fenomena Cyberbullying pada mahasiswa di DKI Jakarta. Jurnal IMPRESI, 2(1): 17.

Yustiningsih, F. (2024). Empati, Kualitas Pertemanan dan Cyberbullying pada Remaja Akhir Pengguna Tiktok. PAEDAGOGY: Jurnal Ilmu Pendidikan dan Psikologi, 4(1):9.

Zamroni. (2017). Perkembangan Teknologi Komunikasi dan Dampaknya terhadap Kehidupan. Jurnal Dakwah, 10(2): 208.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Ratih Pramita Wardani, Rischa Pramudia Trisnani, Asroful Kadafi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

SEMINAR NASIONAL SOSIAL, SAINS, PENDIDIKAN, HUMANIORA (SENASSDRA) diterbitkan oleh UNIVERSITAS PGRI MADIUN.
SENASSDRA memiliki ISSN: 2987-3940
Alamat: Jl. Setia Budi No.85, Kanigoro, Kec. Kartoharjo, Kota Madiun, Jawa Timur 63118

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.