Keefektifan Konseling Kelompok dengan Teknik Reframing untuk Mereduksi Perilaku Impulsive Buying

Rahmatia Putri Diah Harum Anggraeni, Rischa Pramudia Trisnani, Suharni Suharni

Abstract


Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui apakah konseling kelompok dengan teknik reframing efektif untuk mereduksi perilaku impulsive buying. Penelitian ini menggunakan kuantitatif dengan penelitian literature riview, literature review yaitu uraian tentang teori, temuan, dan bahan penelitian yang diperoleh dari bahan acuan untuk dijadikan landasan kegiatan penelitian untuk menyusun kerangka pemikiran yang jelas dari perumusan masalah yang diteliti. Jenis penulisan yang digunakan. Peneliti merangkum, membuat analisis, dan melakukan sintesos secara kritis dan mendalam dari literatur- literatur sebelumnya. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dengan adanya konseling kelompok teknik reframing mampu memberikan pemahaman terkait pentingnya pembelian secara rasional sehingga dapat mereduksi perilaku impulsive buying. Artinya perilaku impulsive buying tidak akan terjadi jika individu membeli suatu barang dengan pemikiran yang rasional dan berdampak pada rasa penyesalan yang dikaitkan dengan masalah keuangan.


Keywords


Impulsive Buying, Konseling Kelompok, Teknik Reframing

Full Text:

PDF

References


Azakirah. (2019). Efektivitas Layanan BKP Melalui Pendekatan Cognitive Behaviour Therapy (CBT) Dalam Mengurangi Kecanduan Menggunakan Media Sosial Media Kelas XI IPS di SMAN 4 Kota Solok. iainbatusangkar.

Dewy, T. S., Juniawan, H., & Fitriani, F. (2023). Pengaruh Konseling Kelompok Cognitive Behavioral Therapy (CBT) Terhadap Tingkat Kecanduan Gadget Pada Remaja Usia 12-16 Tahun di SMPN 8 Satap Mantewe Kabupaten Tanah Bumbu Tahun 2022. Dunia Keperawatan: Jurnal Keperawatan dan Kesehatan, 63-72.

rizky, m. (2023). Efektifitas Pendekatan Cognitive behavioral therapy (CBT) untuk. Eductum: Jurnal Literasi Pendidikan, 265-280.

Undang- undang No. 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional

Wibowo, R. E., Santoso, J. T. B., & Widiyanto, W. (2020). Pengaruh praktik kerja industri, prestasi belajar dan motivasi memasuki dunia kerja terhadap kesiapan kerja siswa kelas xi SMK. Business and Accounting Education Journal, 1(2), 147-155.

PUTRI, T. A. (2022). “HUBUNGAN ANTARA SELF CONTROL DAN KECERDASAN EMOSI DENGAN IMPULSIVE BUYING PRODUK FASHION”(Studi pada Remaja Akhir Putri yang Berstatus Mahasiswa UIN Suska Riau) (Doctoral dissertation, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU).

Sabekti, R. (2019). Hubungan intensitas penggunaan media sosial (jejaring sosial) dengan kecenderungan narsisme dan aktualisasi diri remaja akhir (Doctoral dissertation, Universitas Airlangga).

Amita, A., & Akhmad, I. (2023). PENGARUH KERAGAMAN PRODUK, HARGA, DAN PROMOSI TERHADAP IMPULSE BUYING PADA PRODUK FAMYS CONCEPT STORE PEKANBARU. JURNAL ILMIAH MAHASISWA MERDEKA EMBA, 2(3), 137-149.

Neviyarni, G. R., Marjohan, M., Ifdil, I., & Afdal, A. (2023). Konseling Kelompok Realita untuk Meningkatkan Identitas Diri Pengguna Aplikasi TikTok. Journal on Education, 5(3), 5980-5989.

Harahap, S., & Sukma, D. (2023). Urgensi Keterampilan Techniques Listening melalui Konseling Kelompok untuk Meningkatkan Hasil Belajar. Journal on Teacher Education, 4(4), 467-475.

Afrinda. (2020). Analisis Pengaruh Materialism Happines. 8–26.

Andre Yulianto. (2020). Pengaruh Harga Diri Terhadap Impulsive Buying. 9–21.

Christanto, E. I., & Haryanti, S. S. (2021). Impulsive Buying Behavior Pada Konsumen Online. The National Conferences Management and Business (NCMAB) 2018 “Pemberdayaan Dan Penguatan Daya Saing Bisnis Dalam Era Digital,” 362–374. www.gsicommerce.com/news_events/

Corey, G. (2006). Theory and Practice of Counseling and Psychotherapy.

Erina, T. &. (2019). Penerapan Konseling Kelompok Dengan Strategi Reframing Untuk Meningkatkan Motivasi Siswa Mengikuti Pelajaran Di Kelas Di Smp Negeri 1 Kandat. 01.

Ferdina Nur. (2019). Pengaruh Konseling Kelompok Dengan Teknik Reframing Untuk Mengubah Sudut Pandang Negatif Peserta Didik Terhadap Guru Bimbingan Konseling Kelas XI Sekolah Menengan Atas.

Firman Wahyudi. (2020). Urgensi Teknik Reframing Dalam Mediasi Perceraian. 1–6.

Harahap, D. A., Bandung, U. I., Amanah, D., & Indonesia, U. P. (2022). Memahami Impulsif Buying Dalam Proses Keputusan Pembelian Konsumen. May. https://doi.org/10.29313/performa.v19i01.9719

Lestari, R., Helmi Hammam Wicaksono, Kirana Hayu Kinanthi, & Safina Salsabilla. (2022). Konseling Kelompok untuk Meningkatkan Kepercayaan Diri Remaja Panti. Abdi Psikonomi, 3(2000). https://doi.org/10.23917/psikonomi.vi.517

Ma’rifatunnisa. (2023). Layanan Konseling Kelompok Dengan Teknik Reframing Untuk Motivasi Berwirausaha Pada Korban Kekerasan Dalam Rumah Tangga di APPS Sragen (Bidang Kerajinan Tangan Dan Kuliner).

Merdin Uygur, E. (2019). Consumer Impulsive Buying Tendency Scale Development Using Mixed Methodology. Beykoz Akademi Dergisi, 6(2), 125–141. https://doi.org/10.14514/byk.m.26515393.2018.6/2.125-141

Ngafifi, M. (2022). Kemajuan Teknologi Dan Pola Hidup Manusia Dalam Perspektif Sosial Budaya. Jurnal Pembangunan Pendidikan: Fondasi Dan Aplikasi, 2(1), 33–47. https://doi.org/10.21831/jppfa.v2i1.2616

Novia & Harmon. (2019). Faktor Penentu Perilaku Impulsive Buying Pada Fashion Business Di Kota Bandung Oleh: Novia MH & Harmon Politeknik Negeri Bandung. 2(3), 121–133.

Nursalim. (2023). Teknik Reframing dalam Bimbingan Rohani Islam. Molucca Medica, 11(April), 13–45. http://ojs3.unpatti.ac.id/index.php/moluccamed

Oliver, J. (2019). Pengaruh Lonlines Terhadap Pembellian Tidak Terencana. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.

Prananda, T., & Christiana, E. (2020). Meningkatkan Kepercayaan Diri Melalui Layanan Konseling Individu Dengan Teknik Reframing. Bimbingan Konseling, 1(1), 11–21.

Rauf, U. A., Sinring, A., Latif, S., & Sosial, T. (2023). Penerapan Teknik Reframing dalam Konseling Kelompok sebagai Solusi Meningkatkan Toleransi Sosial Siswa Sekolah Menegah Atas di Kota Pare-Pare. 3(4), 43–51.

Ryan, Cooper, & Tauer. (2019). Konseling Kelompok. Definisi, Tujuan, dan Manfaat Konseling Kelompok Konseling. Paper Knowledge . Toward a Media History of Documents, 2(980–510), 12–26.

Santiria, S., Syarifuddin, S., & Harlina, H. (2019). Penerapan Layanan Konseling Kelompok Pada Siswa Terisolir Kelas X Di Sma Negeri 1 Indralaya Utara. Jurnal Konseling Komprehensif: Kajian Teori Dan Praktik Bimbingan Dan Konseling, 4(1), 14–22.

Surveyandini, M. (2021). Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Impulse Buying Pada Konsumen Karita Muslim Square Purwokerto. 5(1), 277–281. https://doi.org/10.33087/ekonomis.v5i1.320

Sutisna. (2020). Konsep E-Commerce. 21–69.

Virgiawan & Dra.Titin. (2021). Penerapan Strategi Reframing Untuk Meningkatkan Kemampuan Berfikir Positif Siswa Kelas X APK-2 SMKN 1 Surabaya.

Waluyo & Yulfan. (2022). Buy Now, Pay Later: Apakah Paylater Mempengaruhi Pembelian Impulsif Generasi Muda Muslim? 15(3), 319–338.

Wardhana, A. (2022). Teori Perilaku Konsumen; Konsumsi Perilaku konsumen. Penerbit Media Sains Indonesia, 1, 1–8. https://books.google.com/books?hl=en&lr=&id=RbyfEAAAQBAJ&oi=fnd&pg=PP1&dq=perilaku+konsumen+muslim&ots=-VFp8Lz8oQ&sig=qBPGBhGmgJGP_eg-qGsPRR-uEc0

Yandri, H., Rahayu, G., Suhaili, N., & Netrawati, N. (2022). Kebermaknaan Konseling Kelompok dalam Menanggulangi Masalah Kehidupan. Indonesian Journal of Counseling and Development, 4(2), 59–69. https://doi.org/10.32939/ijcd.v4i2.1526


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Rahmatia Putri Diah Harum Anggraeni, Rischa Pramudia Trisnani, Suharni Suharni

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

SEMINAR NASIONAL SOSIAL, SAINS, PENDIDIKAN, HUMANIORA (SENASSDRA) diterbitkan oleh UNIVERSITAS PGRI MADIUN.
SENASSDRA memiliki ISSN: 2987-3940
Alamat: Jl. Setia Budi No.85, Kanigoro, Kec. Kartoharjo, Kota Madiun, Jawa Timur 63118

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.