Pembelajaran Bahasa Indonesia Materi Teks Persuasif Media Puzzle Maker Teka Teki Silang dengan Metode Problem Based Learning (Pbl) di MTsN 12 Madiun

Yahya Awalul Mubarok, Tholif Anang Cahyadi, Nania Mariatul Istifah, Putri Rose Viana Yuanmar

Abstract


Puzzle Maker merupakan sebuah aplikasi yang menyediakan untuk pengguna membuat puzzle atau teka teki silang dari gambar atau teks yang mereka pilih. Pada Pembelajaran materi teks persuasif ini kami menggunakan aplikasi puzzle maker teka teki silang sebagai media pembelajaran berbasis teknologi dengan pertanyaan yang diambil dari materi teks persuasif kelas VIII F MTsN 12 Madiun. Siswa nantinya akan memecahkan teka teki silang dengan menggunakan handphone masing-masing. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat keberhasilan siswa  dalam pembelajaran Bahasa Indonesia materi teks persuasif media puzzle maker teka teki silang dengan metode Problem Based Learning (Pbl) di MTsN 12 Madiun. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kualitatif dengan subjek 30 siswa kelas VIII F MTsN 12 Madiun. Hasil penelitian menujukkan bahwa penggunaan media puzzle maker teka teki silang dapat menarik perhatian siswa dan dapat melihat tingkat pemahamaan siswa mengenai materi teks persuasif ini.


Keywords


Teks Persuasif, Puzzel Maker Teka Teki Silang, PBL

Full Text:

PDF

References


Lembaran, T., & Republikindonesia, N. (2008). (Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 1002 f!cmor 85, Tambahan Lembaran Negara Republik Indcne::;ic;Nomor 4220); 3. 1–7.

Mohammad Andi Wasgito. (2014). Pengembangan Media Permainan Edukatif Teka-Teki Silang ( TTS ) Dalam Proses Pembelajaran Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Kalianget. Jurnal Pendidikan Seni Rupa, Volume 2 Nomor 3 Tahun 2014, 36-43, 2, 36–43.

Mustika, Eka Prasetya Adhy Sugara, and Maissy Pratiwi. (n.d.). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Dengan Menggunakan Metode Multimedia Development Life Cycle,” Jurnal Online Informatika 2, no. 2 (2018): 121. 9–37.

Owen, C. (2019). Problem-Based Learning. Learning and Teaching in Higher Education: Perspectives from a Business School, 139–151. https://doi.org/10.4337/9781788975087.00027

Sababalat, D. F., Purba, L. S. L., & Sormin, S. (2021). Efektivitas Pemanfaatan Media Pembelajaran Teka-Teki Silang Online Terhadap Peningkatan Minat Belajar Siswa. EduMatSains : Jurnal Pendidikan, Matematika Dan Sains, 6(1), 207–218. https://doi.org/10.33541/edumatsains.v6i1.2959

Soedibyo. (2003). No 主観的健康感を中心とした在宅高齢者における 健康関連指標に関する共分散構造分析Title. Teknik Bendungan, 1–7.

Wahyuningsih, T. O., & Susanti. (2014). Pengembangan Media Pembelajaran Video Sebagai Bahan Pengamatan Berbasis Animasi Pada Materi Jurnal Penyesuaian. Jurnal Pendidikan Akuntansi, 1(1), 1–6. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jpak/article/view/17168


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Yahya Awalul Mubarok, Tholif Anang Cahyadi, Nania Mariatul Istifah, Putri Rose Viana Yuanmar

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

SEMINAR NASIONAL SOSIAL, SAINS, PENDIDIKAN, HUMANIORA (SENASSDRA) diterbitkan oleh UNIVERSITAS PGRI MADIUN.
SENASSDRA memiliki ISSN: 2987-3940
Alamat: Jl. Setia Budi No.85, Kanigoro, Kec. Kartoharjo, Kota Madiun, Jawa Timur 63118

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.