Pengaruh.Model Project Based Learning Berbantuan Media Digital Educaplay terhadap Hasil Belajar Menulis Teks Narasi Siswa Kelas IV

Pramaishella Adinda Putri, Heny Kusuma Widyaningrum, Cerianing Putri Pratiwi

Abstract


Penelitian ini termasuk kedalam jenis penelitian kuantitatif dengan menggunakan pendekatan Quasi Eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas IV SDN 01 Ganungkidul tahun ajaran 2023/2024 yang berjumlah 57. Dalam penelitian ini, teknik sampling yang digunakan adalah Teknik Sampling Jenuh. Teknik pengumpulan.data dalam penelitian ini menggunakan.tes, dokumentasi dan observasi. Adapun teknik analisis.data dalam penelitian ini menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, uji keseimbangan, dan uji hipotesis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan media pembelajaran berbasis media digital Educaplay mempengaruhi keterampilan menulis pada pembelajaran bahasa indonesia siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri 01 Ganungkidul. Hal ini dapat dilihat dari adanya perbedaan yang signifikan pada nilai rata-rata, siswa pada kelas eksperimen yang memperoleh nilai rata-rata. sebesar 80,89 dan kelas kontrol memperoleh nilai rata-rata 68,79. Hasil tersebut didukung oleh hasil dari hipotesis yaitu π‘β„Žπ‘–π‘‘π‘’π‘›π‘” sebesar -4,389 dengan nilai Asymp. Sig (2-tailed) = 0,000.


Keywords


Project Based Learning, Media Digital Educaplay, dan Hasil Belajar

Full Text:

PDF

References


Adam, E., & Rollings. (2017). Game design and devloment. New Publishing.

Ambitan, O., Lapian, S. L. H. V. J., & Poluan, J. G. (2023). Pengaruh Faktor Harga, Citra Wisata Physical Evidence Dan Overall Satisfaction Terhadap Minat Berkunjung Kembali Wisatawan Pada Objek Wisata Danau Linow Di Kota Tomohon the Influence of Price, Tourism Image, Physical Evidence, and Overall Satisfaction on. Jurnal Emba : Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, 11(1), 1283–1294.

Behl, A., Kumari, P. S. R., Makhija, H., & Sharma, D. (2022). Exploring the relationship of ESG score and firm value using cross-lagged panel analyses: case of the Indian energy sector. Annals of Operations Research, 313(231–256).

Fera, P., Kamarudin, K., & Rustam, R. (2022). Model Pembelajaran Project Based Learning Untuk Meningkatkan Keterampilan Berfikir Kreatif Dalam Teks Puisi Di SMP. Jurnal Lentera: Kajian Keagamaan, Keilmuan Dan Teknologi, 21(16–27).

Firmansyah, D. (2015). Pengaruh Strategi Pembelajaran dan Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia. Jurnal Pendidikan Uniska, 3(1), 37.

Haji Daud, M., & Lidi, M. W. (2020). Hubungan Kebiasaan Belajar Dan Minat Belajar Dengan Prestasi Belajar Ipa Siswa Smpk St Gabriel Ndona. Optika: Jurnal Pendidikan Fisika, 4(2), 143–149.

Harahap, A., & Harahap, M. F. (2022). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Kegiatan Ekonomi Di Sekolah Dasar. uinsyahada, 2(1), 97–107.

Jamilah, N., Mulawarman, W. G., & Hudiyono, Y. (2020). Pengembangan Bahan Ajar Interaktif β€˜POST’ dalam Pembelajaran Apresiasi Puisi untuk Siswa Kelas X SMA. Diglosia: Jurnal Kajian Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya, 3(1), 14–23.

Khairaty, I. N. (2018). Identifikasi Miskonsepsi Siswa Pada Materi Sistem Peredaran Darah Dengan Menggunakan Three-Tier Test Di Kelas Xi Ipa 1 Sman 1 Bontonompo. Jurnal Nalar Pendidikan, 6(1).

Lamasai, M. M., As, M. A., & Ishak, R. (2017). Pemanfaatan Lingkungan Alam Sekitar Sebagai Sumber Belajar Dalam Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas III SDN 10 Gadung. Jurnal Kreatif Tadulako Online, 5(3).

Munirah, Bahri, & Fatmawati. (2019). Pengaruh Penggunaan Media Gambar Seri Terhadap Keterampilan Menulis Cerita Dongeng Siswa Kelas III SD. Jurnal Kajian Pendidikan Dasar, 4(2), 731–740.

Nurrita, T. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Misykat, 3(1).

Pamungkas. (2012). Bahasa Indonesia dalam Berbagai Perspektif. Andi Offset.

Pratiwi, C. P., & Widyaningrum, H. K. (2022). Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Audio-Visual Terhadap Keterampilan. 112–119.

Rasiban, L. M. (2014). Model pembelajaran Peer Review dalam Meningkatkan Kemampuan Menulis. Jurnal Kajian Bahasa dan Pariwisata BARISTA, 1(1).

Sjukur, S. B. (2013). Pengaruh blended learning terhadap motivasi belajar dan hasil belajar siswa di tingkat SMK. Jurnal Pendidikan Vokasi, 2(3), 368–378. https://doi.org/10.21831/jpv.v2i3.1043

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. Alfabeta.

Taylor, K. S., Lawrence, J. F., Connor, C. M., & Snow, C. E. (2019). Cognitive and linguistic features of adolescent argumentative writing: Do connectives signal more complex reasoning? Reading and Writing. 32(4), 983–1007.

Widyaningrum, H. K. (2016). Penggunaan Media Audio Untuk Meningkatkan Kemampuan Menyimak Dongeng Anak Pada Siswa Kelas Iv Sekolah Dasar. Premiere Educandum : Jurnal Pendidikan Dasar dan Pembelajaran, 5(02). https://doi.org/10.25273/pe.v5i02.284

Widyaningrum, H. K., & Hasanudin, C. (2019). Kajian Kesulitan Belajar Membaca Menulis Permulaan (MMP) di Sekolah Dasar. Pedagogia : Jurnal Pendidikan, 8(2), 189–199. https://doi.org/10.21070/pedagogia.v8i2.2219


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Pramaishella Adinda Putri, Heny Kusuma Widyaningrum, Cerianing Putri Pratiwi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

SEMINAR NASIONAL SOSIAL, SAINS, PENDIDIKAN, HUMANIORA (SENASSDRA)Β diterbitkan olehΒ UNIVERSITAS PGRI MADIUN.
SENASSDRA memilikiΒ ISSN:Β 2987-3940
Alamat:Β Jl. Setia Budi No.85, Kanigoro, Kec. Kartoharjo, Kota Madiun, Jawa Timur 63118

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.