Penerapan Konseling Kelompok dengan Teknik Behavior untuk Mengurangi Perilaku Mengantuk Saat Belajar Siswa Kelas VII E SMP Negeri 2 Kota Madiun

Octavia Ammar Rodiana, Ibnu Mahmudi, Ratna Yuliana Maria

Abstract


Di dalam kelas, guru bimbingan dan konseling harus membantu siswa mewujudkan potensi dirinya secara maksimal, termasuk menginspirasi dan menuntun siswa supaya tetap fokus belajar dan menghindari hambatan-hambatan di kelas seperti mengantuk di dalam kelas. Secara keseluruhan, perilaku mengantuk di kelas menunjukkan kurangnya kesiapan dan tanggung jawab siswa dalam menjalankan kewajibannya sebagai pelajar. Oleh karena itu, penting bagi siswa untuk memahami dampak negatif dari kebiasaan ini dan mengambil langkah-langkah yang diperlukan untuk mengatasi masalah mengantuk, seperti memperbaiki rutinitas tidur, mengelola waktu dengan baik, dan mengadopsi gaya hidup sehat. Penelitian ini akan menerapkan konseling kelompok dengan teknik behavior untuk mengurangi perilaku mengantuk saat belajar pada siswa kelas VII E SMP Negeri 2 Kota Madiun sebagai objek penelitiannya. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Bimbingan dan Konseling (PT-BK) dengan menggunakan metode kualitatif untuk meneliti objek dalam kondisi alami, di mana peneliti berperan sebagai instrumen kunci. Metode ini dipilih untuk mendeskripsikan motivasi belajar siswa dalam mengikuti proses pembelajaran secara alami. Dari hasil penelitian yang dilakukan, dapat disimpulkan bahwa penelitian tindakan bimbingan konseling dengan menggunakan teknik behavior dalam layanan konseling kelompok efektif sebagai upaya untuk meningkatkan fokus dan mengurangi kantuk siswa VII E SMPN 2 Kota Madiun di kelas.

 


Keywords


Konseling Kelompok, Teknik Behavior, Perilaku Mengantuk

Full Text:

PDF

References


Gunarsa. (2004). Efektifitas Konseling Behavioral Teknik Modelling dengan Setting Lesson Studi Untuk Meningkatkan Self Succorance Siswa Kelas V11.3 SMP Lab Uniksha Singaraja. Journal of Conseling, 2(2).

Gunarsa, S. (2012). Psikologi Untuk Membimbing. Jakarta: Libri.

Hadi, S. (2002). Metodologi Research. Yogyakarta: Andi Ofset.

Hasanah, H. (2016). Teknik-Teknik Observasi (Sebuah Alternatif Metode Pengumpan Data Kualitatif Ilmu-Ilmu Sosial). Jurnal at-Taqaddun, 8(1).

Moleong, L. J. (2000). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Satriah, L. (2016). Bimbingan dan Konseling Kelompok. Bandung: Mimbar Pustaka.

Sudiyo. (2009). Meningkatkan Kedisiplinan Siswa yang Datang Terlambat ke Sekolah Melalui Hukuman Berjenjang. Jurnal Pendidikan, 2(8).

Sukardi. (2008). Metodologi Penelitian Tindakan. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta cv


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Octavia Ammar Rodiana, Ibnu Mahmudi, Ratna Yuliana Maria

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

SEMINAR NASIONAL SOSIAL, SAINS, PENDIDIKAN, HUMANIORA (SENASSDRA) diterbitkan oleh UNIVERSITAS PGRI MADIUN.
SENASSDRA memiliki ISSN: 2987-3940
Alamat: Jl. Setia Budi No.85, Kanigoro, Kec. Kartoharjo, Kota Madiun, Jawa Timur 63118

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.