Efektifitas Layanan Bimbingan Kelompok dengan Teknik Diskusi melalui Media Video untuk Meningkatkan Motivasi Berprestasi pada Siswa Kelas VII G SMP Negeri 4 Madiun

Nurma Yunita Sari, Silvia Yula Wardani, Nunung Lusiana Margawati

Abstract


Motivasi berprestasi penting bagi murid untuk mengejar prestasi, mengembangkan kemampuan mereka untuk mendapatkan kinerja maksimal serta mencapai prestasi yang baik. Riset ini bermaksud untuk mengerti pengaruh/ kesuksesan layanan bimbingan kelompok menggunakan teknik diskusi memakai media video untuk meningkatkan motivasi berprestasi murid kelas VII G SMPN 4 Madiun. Metode riset ini termasuk penelitian dengan pendekatan deskriptif kualitatif, Penelitian Tindakan Bimbingan dan Konseling Kolaboratif, dengan populasi peserta didik kelas VII G SMPN 4 Madiun, sampel penelitian adalah 6 orang. Metode penghimpunan data menggunakan pengamatan dan pengumpulan bukti berupa gambar. Dalam hal ini, terdapat banyak murid kelas VII G masih kurang motivasi berprestasinya, menurut observasi yang dilakukan peneliti di SMPN 4 Madiun, banyak murid kurang tekun dalam mengerjakan tugas sekolah, patah semangat, kurang suka menuntut ilmu, malas membaca buku pelajaran, kurang antusias dalam mengikuti pelajaran di kelas, dan kurang suka berlatih mengerjakan pekerjaan sekolah. Hasil belajar murid terpengaruh karena faktor-faktor tersebut menyebabkan rendahnya motivasi berprestasi, yang pada akhirnya mengakibatkan murid selalu terlambat dalam menyelesikan pekerjaan sekolah. Sesuai hasil diperoleh, perkembangan disetiap siklus pada layanan bimbingan kelompok menggunakan teknik diskusi melalui media video terbukti efektif meningkatkan motivasi berprestasi murid.


Keywords


Bimbingan Kelompok, Diskusi, Media Video, Motivasi Berprestasi.

Full Text:

PDF

References


Arifin, Muhammad Tajul. (2021). Meningkatkan motivasi berprestasi siswa melalui layanan bimbingan kelompok dengan media film. Jurnal Inovasi Pendidikan Berbantuan Teknologi Vol. 1 No. 3.

Romlah, Tatiek. (2021). Teori dan Praktek Bimbingan Kelompok. Malang: Universitas Negeri Malang.

Sugiono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, R&D, Cetakan ke-24. Bangdung: Alfabeta.

Susanto, Eko. (2012). Penggunaan Media Film Dalam Proses Bimbingan Kelompok Untuk Mengembangkan Kreativitas. Jurnal Guidena. Vol 2. No.l, hlm.13-27.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Nurma Yunita Sari, Silvia Yula Wardani, Nunung Lusiana Margawati

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

SEMINAR NASIONAL SOSIAL, SAINS, PENDIDIKAN, HUMANIORA (SENASSDRA) diterbitkan oleh UNIVERSITAS PGRI MADIUN.
SENASSDRA memiliki ISSN: 2987-3940
Alamat: Jl. Setia Budi No.85, Kanigoro, Kec. Kartoharjo, Kota Madiun, Jawa Timur 63118

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.