Efektivitas Layanan Bimbingan Kelompok dengan Penggunaan Media Jenga untuk Meningkatkan Konsentrasi Belajar Siswa Kelas VII I di SMP Negeri 4 Madiun Tahun Pelajaran 2023/2024

Meirina Wulan Saputri, Silvia Yula Wardani, Nunung Lusiana Wargawati

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meneliti dan mengembangkan media jenga dalam bimbingan konseling agar meningkatkan konsentrasi belajar pada siswa di jenjang SMP. Untuk mencapai tujuan tersebut, penelitian dilakukan menggunakan metode Penelitian Tindakan Bimbingan dan Konseling (PTBK) dimana merupakan suatu metode penelitian yang dilakukan oleh guru konseling atau kepala sekolah dalam lingkungan sekolah dengan pendekatan deskriptif kualitatif melalui tindakan layanan bimbingan sebanyak dua siklus. Pelaksanaan penelitian di SMP Negeri 4 Madiun sedangkan subjek Penelitian ini adalah siswa  Kelas VII I Tahun Ajaran 2023/2024. Dari hasil layanan bimbingan kelompok yang dilaksanakan sebanyak 2 siklus dapat disimpulkan sudah dapat dikatakan berhasil karena skor tingkat konsentrasi siswa yang awalnya mendapat 64,4 pada siklus 1 kemudian meningkat menjadi 85 pada siklus 2 dan hambatan dalam konsentrasi belajar sudah dapat dikurangi dari yang semula sebesar 18% pada siklus 1 turun menjadi hanya 4% pada siklus 2. Melalui penelitian tindakan bimbingan dan konseling ini, didapatkan hasil yang sudah baik sehingga dapat ditarik kesimpulan layanan bimbingan kelompok dengan dengan Penggunaan Media Jenga telah berhasil dalam Meningkatkan Konsentrasi Belajar Siswa Kelas VII I di SMP Negeri 4 Madiun Tahun Pelajaran 2023/2024.


Keywords


Media Jenga, Bimbingan Kelompok, Konsentrasi Belajar

Full Text:

PDF

References


Ali, M & asrori. (2017). Psikologi Remaja, Perkembangan Peserta Didik. Jakarta: Bumi Aksara.

Cahyani, Apriyani Dwi dan Putri Rachmadyanti. (2020). “Perkembangan Media Permainan Jenga Keragaman Budaya Materi Keragaman Suku 137 Bangsa dan Budaya untuk Kelas IV SD”. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Vol. 8. No. 2.

Irwansyah, R. (2021). Perkembangan Peserta Didik. Bandung : Widina Bhakti Persada.

Nursalim, Mochamad. (2014). Strategi & Intervensi Konseling. Jakarta: Akademia.

Rukaya, (2019). Aku Bimbingan dan Konseling. Bogor: Guepedia.

Sati, L., & Sunarti, V. (2021). Hubungan Konsentrasi Belajar Dengan Hasil Belajar Peserta Didik Di Lkp Hazika Education Center. Spektrum: Jurnal Pendidikan Luar Sekolah.

Triyono. (2014). Penelitian Tindakan Dalam Bimbingan Dan Konseling. Jakarta : Departemen Pendidikan Nasional.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Meirina Wulan Saputri, Silvia Yula Wardani, Nunung Lusiana Wargawati

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

SEMINAR NASIONAL SOSIAL, SAINS, PENDIDIKAN, HUMANIORA (SENASSDRA) diterbitkan oleh UNIVERSITAS PGRI MADIUN.
SENASSDRA memiliki ISSN: 2987-3940
Alamat: Jl. Setia Budi No.85, Kanigoro, Kec. Kartoharjo, Kota Madiun, Jawa Timur 63118

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.