Upaya Meningkatkan Minat dan Hasil Belajar Menggunakan Model Cooperative Learning melalui Pendekatan Teaching at the Right Level di SDN 02 Kanigoro

Fahmut Taajuddin, Cerianing Putri P, Atik Puji Astuti

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan minat dan hasil belajar dengan menerapkan model cooperative learning melalui pendekatan teaching at the right level di SDN 02 Kanigoro. Pendekatan TaRL dilakukan untuk memberikan perlakuan yang berbeda guna memenuhi kebutuhan belajar peserta didik agar dapat berkembang sesuai tingkat kemampuan masing-masing. Metode penelitian menggunakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam 2 siklus melalui lembar angket minat belajar dan hasil belajar yang didapat dari asesmen sumatif pada akhir pembelajaran siklus 1 dan 2. Penelitian dikatakan berhasil apabila persentase minat belajar dapat meningkat dan peserta didik mendapatkan hasil belajar diatas KKM dengan persentase ketuntasan lebih dari 30%. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan persentase minat belajar sebesar 14% yang semula 63% pada siklus I meningkat menjadi 77% pada siklus II. Berdasarkan hasil asesmen sumatif terdapat peningkatan hasil belajar sebesar 15% yang semula persentase ketuntasan belajar sebesar 75% pada siklus I meningkat menjadi 90% pada siklus II. Kesimpulan dari penelitian tindakan kelas ini bahwa penerapan model cooperative learning melalui pendekatan teaching at the right level dapat meningkatkan minat dan hasil belajar siswa kelas IV SDN 02 Kanigoro.


Keywords


Minat Belajar, Hasil Belajar, Teaching at The Right Level.

Full Text:

PDF

References


Achru P, Andi. (2019). Pengembangan Minat Belajar Dalam Pembelajaran. Jurnal Idaarah. Volume III. Nomor 2.

Arsyad, Azhar. (2011). Media Pembelajaran. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

As Sidik, Fitriyana: Ika Fefriandari, Efi; Setiawan, Angga. (2020). Pengaruh Kecerdasan Emosional Terhadap Motivasi Belajar Matematika Siswa Kelas IV SD Negeri Ngulankulon. Jurnal Bidayatuna, 3 (2), 207-224.

Cahyono, SD. (2022). Melalui Model Teaching at Right Level ( TARL) Metode Pemberian Tugas untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Peserta Didik Mata Pelajaran Prakarya dan Kewirausahaan KD. 3.2 /4.2 Topik Perencanaan Usaha Pengolahan Makanan Awetan dari Bahan Pangan. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6 (2), 12407–12418.

Friantini, N,R & Winata, R. (2019). Analisis Minat Belajar Pada Pembelajaran Matematika. JPMI (Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia), 4(1), 6.

Hamalik, Oemar. (2009). Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Jazuli, Laili. (2022). Teaching At The Right Level (TaRL) Through The All Smart Children Approach (SAC) Improves Student’s Literature Ability. Progres Pendidikan, 3(3), 156–165.

Khairi, R. H., & Syahrian, S. (2022). Pengaruh Disiplin Kerja, Kompensasi, Dan Beban Kerja Terhadap Kinerja Karyawan. E-Jurnal Manajemen Trisakti School of Management (TSM), 2(3), 11–22.

Marleni, Lusi. (2016). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Minat Belajar Siswa. Kelas VIII SMP Negeri 1 Bangkinang. Jurnal Pendidikan Matematika. 1(1): 149-159.

Nurhana, Rizki, dan Rahmat Winata.(2019). Analisis Minat Belajar pada Pembelajaran. Matematika. Jurnal Pendidikan Matematika, 7

Purwoko, Agus, Abi. (2021). Validitas Instrumen Dalam Rangka Pengembangan Metode Pembelajaran Inovatif Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa.Prosiding SAINTEK, Vol. 3: 94-102.

Salim, Salim; Karo-Karo, Isran Rasyid dan Haidir, Haidir. (2015). Penelitian Tindakan Kelas (Teori Dan Aplikasi Bagi Mahasiswa, Guru Mata Pelajaran Umum Dan Pendidikan Agama Islam di Sekolah). Medan: Perdan. ISBN 978-602-6970-37-4.

Sanjaya. (2015). Model Pengajaran Dan Pembelajaran. Bandung: CV Pustaka Setia.

Saputro, Bagas dan Saring Marsudi. (2017). Kontribusi Minat Belajar Dan Persepsi Siswa Tentang Kinerja Guru Terhadap Prestasi Belajar Matematika di SD Muhammadiyah 14 Surakarta Tahun Ajaran 2016/2017. Skripsi: Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Septiani, Irma; Lesmono, Djoko, Albertus; Harimukti, Arif. (2020). Analisis Minat Belajar Siswa Menggunakan Model Problem Based Learning Dengan Pendekatan STEM pada Materi Vektor di Kelas X MIPA 3 SMAN 2 Jember. Jurnal Pembelajaran Fisika, [Sl], V. 9, N. 2, Hal. 64-70 Juni 2020. Issn 2721-1959.

Siregar, Evelin dan Hartini Nara. (2011). Teori Belajar dan Pembelajaran. Bogor: Ghalia Indonesia.

Suharsiwi. 2017. Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus. Yogyakarta: CV Prima Print. Hal. 149-150.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alphabet.

Susanti, dkk. (2022). Panduan Pembelajaran dan Asesmen Jenjang Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Kemdikbud.

Syarifudin, dkk. (2022). Pengaruh Pembelajaran dengan Metode Teaching at The Right Level (TaRL) Terhadap Kemampuan Literasi Dasar Siswa. Jurnal Prosiding Seminar Nasional Inovasi.

Thobroni, Muhammad dan Arif Mustofa. (2013). Belajar dan Pembelajaran (Pengembangan Wacana dan Praktik Pembelajaran dalam pembangunan Nasional). Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.

Trismayanti, S. (2020). Strategi Guru Meningkatkan Minat Belajar Peserta Didik di Sekolah Dasar. AlIshlah: Jurnal Pendidikan Islam , 17 (2), 141-158.

Wahyuni, Wahyuni. (2019). Pengaruh Pembelajaran Kooperatif Tipe Physics Clebo Tournament terhadap Peningkatan Hasil Belajar dan Kerjasama pada Materi Fisika Kelas VIII SMP Negeri 2 Barombong. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar.

Widoyoko, Eko Putro. (2015). Teknik Penyusunan Instrumen Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Fahmut Taajuddin, Cerianing Putri P, Atik Puji Astuti

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

SEMINAR NASIONAL SOSIAL, SAINS, PENDIDIKAN, HUMANIORA (SENASSDRA) diterbitkan oleh UNIVERSITAS PGRI MADIUN.
SENASSDRA memiliki ISSN: 2987-3940
Alamat: Jl. Setia Budi No.85, Kanigoro, Kec. Kartoharjo, Kota Madiun, Jawa Timur 63118

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.