Meningkatan Keterampilan Menulis Tegak Bersambung melalui Media Sandpaper Latters dengan Metode Drill pada Siswa Kelas II SDN 02 Kanigoro Madiun

Dimas Ayu Putri, Cerianing Putri Pertiwi, Atik Puji Astuti

Abstract


peneliti melakukan penelitian ini dengan tujuan untuk meningkatkan keterampilan menulis tegak bersambung siswa kelas II SDN 02 Kanigoro, Madiun. Jenis penelitian  yang digunakan merupakan jenis Penilitian Tindakan Kelas (PTK) dengan melaksanakan dua kali siklus. Media penunjang pada penelitian ini adalah media sandpaper latters dengan metode drill. Subjek dalam penelitian ini yaitu siswa kelas II SDN Kanigoro dengan jumlah 28 siswa. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa melalui  media sandpaper latters dengan metode drill bisa membuat keterampilan menulis tegak bersambung siwa meningkat jauh lebih baik. Pada siklus I menunjukkan dari 28 siswa terdapat 11 siswa dengan presentase 39,28% bisa menulis huruf tegak bersambung dengan benar dan tepat, 17 siswa  dengan persentase 60,21% yang belum memiliki kemampuan menulis huruf tegak bersambung dengan tepat kemudian pada siklus II mengalami peningkatan sebanyak 19 siswa dengan persentase 67,85% bisa menulis huruf tegak bersambung dengan benar dan tepat sedangkan 9 siswa lainnya belum mampu menulis huruf tegak bersambung dengan benar dan tepat dengan jumlah persentase 32,14%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penerapan media sandpaper latters dengan metode drill dapat menjadi cara yang lebih cocok dan efektif untuk meningkatkan ketermapilan menulis huruf tegak bersambung terhadap siswa kelas II di  Sekolah Dasar.


Keywords


keterampilan menulis, huruf tegak bersambung, sandpaper latters, metode drill

Full Text:

PDF

References


Arikunto, S., Supardi., & Suhardjono. (2021). Penelitian Tindakan Kelas : Edisi Revisi. Yogyakarta. Bumi Aksara

Maulani, S., & Iswara, P. D. (2022). Metode Permainan Bahasa dalam Keterampilan Menulis Tegak Bersambung. Jurnal Basicedu, 6(4), 7020–7028.

Natalita, R. K., & Situngkir, N. (2019). Meningkatkan keterampilan menulis tegak bersambung dengan menggunakan metode drill pada siswa kelas 1 SD. COLLASE (Creative of Learning Students Elementary Education), 2(1), 18-25.

Nur’aeni, dkk. 2019. Upaya Meningkatkan Keterampilan Menulis Huruf Tegak Bersambung Melalui Penggunaan Alat Peraga Sandpaper Latters Berbasis Montessori. Bestari: Jurnal Studi Pendidikan Islam. Vol 16, No. 1. 115-138

Pahrun, R., Rivai, S., & Kurniawan, D. (2023). Meningkatkan Kemampuan Menulis Huruf Tegak Bersambung melalui Media Kartu Bergambar Pada Siswa Kelas II SDN 5 Tilongkabila Kabupaten Bone Bolango. Dikmas: Jurnal Pendidikan Masyarakat dan Pengabdian, 3(2), 403-412.

Putri, A. Y., Kurniasih, K., & Heryanto, D. (2021). Pengembangan lembar kerja peserta didik untuk meningkatkan keterampilan menulis tegak bersambung kelas II Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 8(2), 88-96.

Sayekti, S. (2019). Peningkatan Kemampuan Menulis Tegak Bersambung dengan Menggunakan Pembelajaran Model Jigsaw melalui Buku Tulis Halus pada Siswa Kelas II SDN 02 Mojorejo Kota Madiun. Linguista: Jurnal Ilmiah Bahasa, Sastra, Dan Pembelajarannya, 3(2), 91-104.

Safitri, G. A., Mulyasari, E., & Riyadi, A. R. Penerapan Magic Card untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Tegak Bersambung Kelas II SD. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 6(1), 47-56.

Sri Astutik, Subiki, & Singgih Bektiarso. (2021). Pelatihan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) Bagi Guru SMAN Panarukan Situbondo. Jurnal Inovasi Penelitian Dan Pengabdian Masyarakat, 1(1), 54–62

Suprihatien, Faizzah, P. N. N., dkk. 2024. Meningkatkan Keterampilan Menulis Tegak Bersambung Melalui Metode Drill Pada Siswa Kelas 1 SDN Pakis V Surabaya. Lingua Rima: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Vol 13, No. 1.

Suryani, Yuni Dwi. “Pengaruh Media Sandpaper Latter Terdahap Kemampuan Menulis Anak Kelompok B di PAUD Cahaya Ananda Palembang”. Journal Unhena, (2019), Vol.3 No.2, 117

Utami, A. T. (2017). Penerapan metode drill berbasis media gambar untuk meningkatkan keterampilan menulis tegak bersambung siswa kelas II sekolah dasar (Doctoral dissertation, Universitas Pendidikan Indonesia).

Widiyawati, A. D. (2018). PENGARUH PENERAPAN STRATEGI MENULIS TERBIMBING TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS TEGAK BERSAMBUNG SISWA. BASIC EDUCATION, 7(6), 498-509.

Widyaningrum, R. (2019). Upaya meningkatkan kemampuan menulis tegak bersambung melalui contoh di buku halus dan drill pada peserta didik kelas I SDN Jajartunggal III Surabaya. Trapsila: Jurnal Pendidikan Dasar, 1(01), 34-43.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Dimas Ayu Putri, Cerianing Putri Pertiwi, Atik Puji Astuti

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

SEMINAR NASIONAL SOSIAL, SAINS, PENDIDIKAN, HUMANIORA (SENASSDRA) diterbitkan oleh UNIVERSITAS PGRI MADIUN.
SENASSDRA memiliki ISSN: 2987-3940
Alamat: Jl. Setia Budi No.85, Kanigoro, Kec. Kartoharjo, Kota Madiun, Jawa Timur 63118

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.