Upaya Meningkatkan Kemampuan Kognitif Siswa Kelas IV B pada Mata Pelajaran Matematika melalui Penggunaan Media Flashcard Materi Ciri-Ciri Bangun Datar di SD Negeri 03 Klegen

Ardy Effendi, Khoirul Huda, Agustinah Agustinah

Abstract


Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya kemampuan kognitif siswa kelas IV B SD Negeri 03 Klegen Kota Madiun dalam memahami materi ciri-ciri bangun datar di mata pelajaran Matematika. Tujuan dari penelitian ini yaitu membantu siswadalam upaya peningkatan kemampuan kognitifnya melalui penggunaan media pembelajaran flashcard. Metode penelitian yang digunakan oleh peneliti adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Hasil penelitian mendapatkan hasil bahwa penggunaan flashcard sebagai media pembelajaran dinilai efektif dalam meningkatkan kemampuan kognitif siswadalam belajar Matematika. Hasil ini dibuktikan dengan adanya  peningkatan nilai rata-rata kelas dari 62,5 menjadi 75 di siklus 1 dan dari 75 menjadi 87,5 di siklus 2. Selain itu, penggunaan media pembelajaran flashcard juga memberikan dampak positif pada suasana belajar, pemahaman materi siswa, dan kemudahan guru dalam mengajar. Kesimpulannya, media pembelajaran flashcard dapat menjadi solusi untuk meningkatkan kemampuan kognitif siswa kelas IV B SD Negeri 03 Klegen dalam memahami materi ciri-ciri bangun datar di mata pelajaran Matematika.

Keywords


Kemampuan kognitif, Media flash card, Matematika

Full Text:

PDF

References


A.M, M. I., Lolotandung, R., & M, I. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran PAKEM Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Di Sekolah Dasar. Elementary Journal : Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 6(1), 29–38.

Amir, M. F., & Sartika, S. B. (2017). Metodologi Penelitian Dasar Bidang Pendidikan. Sidoarjo: UMSIDA PRES.

Hadi, F. R. (2021). Penggunaan Media Lego Bricks untuk Meningkatkan Kemampuan Kognitif Matematika Materi Bilangan Bulat. ZAHRA: Research And Tought Elmentary School Of Islam Journal, 2(1), 73–82.

Hadi, F. R., & Kurniawati, R. P. (2020). Efektivitas Model Pembelajaran CLIS Terhadap Hasil Belajar Matematika Materi Bangun Ruang Kelas V. Math Didactic: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(3), 334–343.

Indriyant, E. N., Lestari, I., & Laili, S. I. (2021). Hubungan Perkembangan Kognitif dengan Prestasi Belajar pada Anak Usia Sekolah di SDN Kaligoro Kecamatan Kutorejo Kabupaten Mojokerto. Diambil 27 Juni 2024, dari https://repositori.ubs-ppni.ac.id/bitstream/handle/123456789/193/Manuskrip_201701078.pdf?sequence=3&isAllowed=y

Jawati, R. (2013). Peningkatan Kemampuan Kognitif Anak Melalui Permainan Ludo Geometri di Paud Habibul Ummi II. SPEKTRUM PLS, 1(1), 250–263.

Liana, D., Hartini, & Mualim. (2023). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Media Geoboard dalam Pembelajaran Matematika Materi Bangun Datar pada Siswa Kelas III SDN 1 Klepu Tahun Ajaran 2022/2023. Seminar Nasional Sosial Sains, Pendidikan, Humaniora (SENASSDRA), 2(1), 412–420.

Muliani, B. N. (2019). Peningkatkan Kemampuan Kognitif dalam Mengenal Lambang Bilangan melalui Media Model Kereta Api. Pandawa : Jurnal Pendidikan dan Dakwah, 1(1), 20–39.

Nurkhamidah, N. (2023). Peningkatan Motivasi Belajar Bahasa Inggris Menggunakan Flash Card di Rumah Belajar Cahaya Indonesia. Jurnal Mandala Pengabdian Masyarakat, 4(1), 204–211.

Sari, D. P., Sujarwo, S., & Masripah, M. (2023). Pengaruh Pemanfaatan Flashcard terhadap Motivasi Belajar dan Penguasaan Kosakata pada Anak. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(5), 6376–6385.

Sugiarni, R., Septian, A., Juandi, D., & Julaeha, S. (2021). Studi Penelitian Tindakan Kelas: Bagaimana Meningkatkan Pemahaman Matematis pada Siswa? Journal of Instructional Mathematics, 2(1), 21–35.

Yusuf, A., Suardana, I. N., & Selamet, K. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Flashcard IPA SMP Materi Tata Surya. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sains, 4(1), 69–80.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Ardy Effendi, Khoirul Huda, Agustinah Agustinah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

SEMINAR NASIONAL SOSIAL, SAINS, PENDIDIKAN, HUMANIORA (SENASSDRA) diterbitkan oleh UNIVERSITAS PGRI MADIUN.
SENASSDRA memiliki ISSN: 2987-3940
Alamat: Jl. Setia Budi No.85, Kanigoro, Kec. Kartoharjo, Kota Madiun, Jawa Timur 63118

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.