Keterlibatan Orang Tua di Lembaga PAUD

Annisa Putri Noerviana, Dian Ratnaningtyas Afifah, Rosyida Nurul Anwar

Abstract


Khususnya dalam pendidikan anak usia dini, keterlibatan orang tua dalam semua kegiatan anak-anak mereka lebih dari sekadar mendaftarkan mereka ke sekolah, tetapi juga termasuk mendidik anak-anak mereka secara pribadi. Ada banyak cara yang dapat dilakukan oleh orang tua untuk terlibat dalam pendidikan anak usia dini, baik di dalam maupun di luar kelas. Penelitian kepustakaan digunakan dalam pendekatan penelitian ini. Para peneliti mengumpulkan informasi dari buku, jurnal, serta artikel dari berbagai sumber. Beberapa sumber data digunakan oleh para peneliti. Versi digital dari buku sebagai sumber data primer. Para peneliti juga menggunakan sumber data sekunder, seperti publikasi ilmiah dan jurnal yang diterbitkan baik di dalam maupun di luar negeri. Menurut temuan, keterlibatan orang tua mencakup berbagai kegiatan, tetapi tidak terbatas pada memberikan perhatian dan dukungan, berkomunikasi secara efektif, menjadi sukarelawan, membantu pembelajaran di rumah, ikut serta dalam pengambilan keputusan, dan bekerja sama dengan masyarakat. Partisipasi orang tua di sekolah, keterlibatan orang tua di rumah, pembelajaran, dan keterlibatan orang tua dalam kegiatan masyarakat adalah bagian dari pengasuhan anak.

Keywords


Keterlibatan, Orang Tua, PAUD

Full Text:

PDF

References


Agung Hidayatulloh, M., & Laily Fauziyah, N. (2020). Keterlibatan Orang Tua dalam Pendidikan Anak Usia Dini di Satuan PAUD Islam. Golden Age: Jurnal Ilmiah Tumbuh Kembang Anak Usia Dini, 5(4), 149–158. https://doi.org/10.14421/jga.2020.54-02

Anwar, R. N., & Cristanti, Y. D. (2019). Peran Pendidikan Anak Perempuan dalam Membentuk Masyarakat Madani. Jurnal Care, 6(2), 11–18.

Eipsten, J. L., Sanders, M. G., & Simon, B. S. (2002). School, family and community partnership, your handbook for action: second edition. Corwin Press.

Iqoh, M., & Alief, B. (2021). Peran Keluarga Dalam Pengelolaan Emosi Anak Usia Golden Age Di Desa Gambarsari. Jurnal Mahasiswa BK An-Nur : Berbeda, Bermakna, Mulia, 7, 21–28.

Lestari, P. I., & Prima, E. (2020). Pelibatan Orang Tua Dalam Pendidikan Anak Usia Dini. Seminar Ilmiah Nasional Teknologi …, November, 241–248. https://jurnal.undhirabali.ac.id/index.php/sintesa/article/download/1258/2860

Prabhawani, S. W. (2016). Pelibatan Orang Tua dalam Program Sekolah di TK Khalifah. Pendidikan Guru PAUD S-1, 5(2), 205–218. http://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/pgpaud/article/view/1217

Rahimah, & Koto, I. (2022). Implications of Parenting Patterns in the Development of Early Childhood Social Attitudes. International Journal Reglement & Society (IJRS), 3(2), 129–133. http://www.jurnal.bundamediagrup.co.id/index.php/ijrs/article/view/226

Rofita, D., Jerubu, A. S., & Angkur, M. F. M. (2022). Bentuk keterlibatan orang tua dalam pendidikan anak usia dini. Jurnal Lonto Leok, 4(1), 40–53.

Sufiati, V., Afifah, D. R., & Mawarti, A. F. (2022). The Relationship Between Parenttal Involvement and Learning Readiness to Enter Elementtary Scchool. International Conference of Humanities and Social Science, 1(1), 857–863.

Tiara, D. (2022). Pembelajaran dalam Dunia Pendidikan Anak Usia Dini. CV. Bayfa Cendekia Indonesia.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Annisa Putri Noerviana, Dian Ratnaningtyas Afifah, Rosyida Nurul Anwar

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

SEMINAR NASIONAL SOSIAL, SAINS, PENDIDIKAN, HUMANIORA (SENASSDRA) diterbitkan oleh UNIVERSITAS PGRI MADIUN.
SENASSDRA memiliki ISSN: 2987-3940
Alamat: Jl. Setia Budi No.85, Kanigoro, Kec. Kartoharjo, Kota Madiun, Jawa Timur 63118

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.