Peningkatan Kemampuan Literasi Matematis Peserta Didik melalui Penerapan Model Pembelajaran PBL dan Pendekatan CRT di SMP N 1 Takeran

Annisa Nur Afidah Afiani, Fatriya Adamura, Wasiqoh Maduretno

Abstract


Literasi matematika merupakan suatu kemampuan yang dimiliki peserta didik untuk memahami, menerapkan, serta menafsirkan ide-ide matematika dalam berbagai keadaan. Faktor yang mempengaruhi kemampuan literasi matematika peserta didik salah satunya yaitu kebebasannya dalam belajar. Berdasarkan data observasi awal, kemandirian belajar dan literasi matematika peserta didik masih kurang.Untuk meningkatkan literasi matematika dan kemandirian belajar peserta didik pada materi Bangunan Ruang, penelitian ini menggunakan strategi pengajaran inovatif bernama Problem Based Learning (PBL) yang dipadukan dengan pendekatan Culturally Responsive Teaching (CRT). Ada dua tahap dalam proyek penelitian tindakan kelas kolaboratif ini. Temuan menunjukkan bahwa PBL dengan menggunakan metode CRT berhasil meningkatkan tingkat literasi matematika peserta didik. Sembilan belas peserta didik (61,2%) pada siklus 2 memenuhi kriteria literasi matematika kategori tinggi.


Keywords


Literasi Matematis, Problem Based Learning (PBL), Culturally responsive teaching (CRT)

Full Text:

PDF

References


Anugrah Lestari; Muhammad Anwar; Arty Wibowo. (2024). Peningkatan Keterampilan Literasi Sains Melalui Penerapan Model Pembelajaran Experiential Learning Berbasis Culturally Responsive Teaching Pada Kelas VIII di UPT SPF SMP Negeri 5 Makassar. Jurnal Pemikiran Dan Pengembangan Pembelajaran, 6(2), 1–9.

Astuti, A. D. K. P. (2020). Pengaruh Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Literasi Matematis Siswa Kelas VII Di SMP Negeri 1 Bobotsari. AlphaMath : Journal of Mathematics Education, 4(2), 37. https://doi.org/10.30595/alphamath.v4i2.7359

Dinni, H. N. (2018). HOTS ( High Order Thinking Skills ) dan Kaitannya dengan Kemampuan Literasi Matematika. Prisma, 1, 170–176.

Fadilah, N. N., & Munandar, R. D. (2021). Analisis Tingkat Kecemasan Matematis Siswa SMP. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 4(4), 809–816.

Julya, D., & Nur, I. R. D. (2022). Studi Literatur Mengenai Kecemasan Matematis Terhadap Pembelajaran Matematika. Didactical Mathematics, 4(1), 181–190. https://doi.org/10.31949/dm.v4i1.2006

Larasaty, B. M., Mustiani, & Pratini, H. S. (2018). Peningkatan Kemampuan Literasi Matematika Siswa Kelas VIII SMP Bopkri 3 Yogyakarta Melalui Pendekatan PMRI Berbasis PISA Pada Materi Pokok SPLDV. Prosiding Seminar Nasional Etnomatnesia, 622–633.

Lestari, R. D., & Effendi, K. N. S. (2022). Analisis Kemampuan Literasi Matematis Siswa SMP Pada Materi Bangun Datar. Biormatika : Jurnal Ilmiah Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 8(1), 63–73. https://doi.org/10.35569/biormatika.v8i1.1221

Lestari, Y., As’ari, A. R., & Muksar, M. (2021). Analysis of Students’ Mathematical Literacy Skill in Solving Pisa Mathematical Problems. MaPan, 9(1), 102. https://doi.org/10.24252/mapan.2021v9n1a7

Madyaratri, D. Y., Wardono, & Prasetyo, A. P. B. (2019). Kemampuan Literasi Matematika Siswa pada Pembelajaran Problem Based Learning dengan Tinjauan Gaya Belajar. Prisma, Prosicing Seminar Nasional Matematika, 2, 648–658.

Murtiyasa, B., & Perwita, W. R. G. (2020). Analysis of mathematics literation ability of students in completing PISA-oriented mathematics problems with changes and relationships content. Universal Journal of Educational Research, 8(7), 3160–3172. https://doi.org/10.13189/ujer.2020.080745

Purba, E. P. U., Karnasih, I., Ariswoyo, S., Muslim, U., Al, N., & Utara, S. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Terhadap Kemampuan Penalaran Matematika dan Kemandirian Belajar Siswa di SMA Inti Nusantara Tebng Tinggi. Jurnal MathEducation Nusantara, 3(2), 88–96.

Vicky Hernita, L., Istihapsari, V., Widayati, S., & Ahmad Dahlan, U. (n.d.). Proximal: Jurnal Penelitian Matematika dan Pendidikan Matematika. https://doi.org/10.30605/proximal.v5i2.3590


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Annisa Nur Afidah Afiani, Fatriya Adamura, Wasiqoh Maduretno

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

SEMINAR NASIONAL SOSIAL, SAINS, PENDIDIKAN, HUMANIORA (SENASSDRA) diterbitkan oleh UNIVERSITAS PGRI MADIUN.
SENASSDRA memiliki ISSN: 2987-3940
Alamat: Jl. Setia Budi No.85, Kanigoro, Kec. Kartoharjo, Kota Madiun, Jawa Timur 63118

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.