Penerapan Media Pembelajaran Parang (Papan Pengurangan) untuk Meningkatkan Kemampuan Berhitung Pengurangan Bersusun pada Mata Pelajaran Matematika Peserta Didik Kelas II SDN Pangongangan

Hanum Anggraini Aflah, Raras Setyo Retno, Widyaningrum Widyaningrum

Abstract


Peserta didik harus mempunyai kemampuan sesuai dengan tujuan pendidikan nasional, satu di antara kemampuan tersebut adalah kemampuan berhitung pengurangan bersusun pada mata pelajaran matematika. Peserta didik menganggap matematika masih sulit dan menyeramkan. Hasil tes pra-siklus peserta didik kelas 2 SDN Pangongangan juga diperoleh hasil kemampuan berhitung pengurangan bersusun masih rendah dengan persentase ketuntasan 39% dari 23 peserta didik. Oleh karena itu, dengan pengumpulan data dari hasil observasi dan wawancara guru kelas menghasilkan penyelesaian masalah menggunakan media pembelajaran Parang (Papan Pengurangan). Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan teknik pengumpulan data observasi, wawancara, dan tes. Pelaksanaan pembelajaran menggunakan media pembelajaran Parang (Papan Pengurangan) menghasilkan persentase ketuntasan 57% pada siklus 1.  Tetapi dari siklus 1 belum mencapai target dan masih perlu peningkatan sehingga dilakukan refleksi dan pelaksanaan siklus 2, setelah pelaksanaan siklus 2 mendapatkan hasil persentase ketuntasan 91% sehingga meningkat 34% dari siklus 1. Berdasar penelitian tindakan kelas tersebut dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran Parang (Papan Pengurangan) dapat meningkatkan kemampuan berhitung pengurangan bersusun peserta didik kelas 2 SDN Pangongangan.

Keywords


Kemampuan Berhitung, Pengurangan Bersusun, Papan Pengurangan

Full Text:

PDF

References


Ananda, Rusydi, dkk. (2015). Penelitian Tindakan Kelas. Citapustaka Media: Bandung

Faiz, A., Putra, N, P., & Nugraha, Fajar. (2022). Memahami Makna Tes, Pengukuran (Measurement) Penilaian (Assessment), dan Evaluasi (Evaluation) dalam Pendidikan. Jurnal Education and development. 10 (3).

Fatria Fita Listari. (2017). Penerapan Media Pembelajaran Google Drive dalam Pembalajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Penelitian Pendidikan Bahasa Indonesia. 2 (1), 142

Hadun, Fitra. (2023). Meningkatkan Kemampuan Berhitung Melalui Media Pembelajaran Papan Jurang pada Siswa Kelas II Sekolah Dasar. Journal of Mathematics Education. 4 (2), 171

Maliasih, Hartono.,& Nurani. (2017). Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar dan Hasil Belajar Kognitif Melalui Metode Teams Games Tournaments Dengan Strategi Peta Konsep Pada Siswa SMA. Jurnal Profesi Keguruan. Online. https://journal.unnes.ac.id/nju/in dex.php/jpk

Meutia, Okta. (2017). Meningkatkan Kemampuan Berhitung Penjumlahan Bilangan Bulat Menggunakan Media Mistar Hitung Pada Siswa Kelas IV SD Negeri 148/IV. (Skripsi). Jambi: Universitas Jambi

Pemerintah Republik Indonesia. (2003). Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Pemerintah Republik Indonesia.

Prawiyogi, A. G., Sadiah, T. L., Purwanugraha, A., & Elisa, P. N. (2021). Penggunaan Media Big Book untuk Menumbuhkan Minat Membaca di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(1), 446–452.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Hanum Anggraini Aflah, Raras Setyo Retno, Widyaningrum Widyaningrum

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

SEMINAR NASIONAL SOSIAL, SAINS, PENDIDIKAN, HUMANIORA (SENASSDRA) diterbitkan oleh UNIVERSITAS PGRI MADIUN.
SENASSDRA memiliki ISSN: 2987-3940
Alamat: Jl. Setia Budi No.85, Kanigoro, Kec. Kartoharjo, Kota Madiun, Jawa Timur 63118

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.