Cultural Literacy Flipbook: Meningkatkan Literasi Budaya Siswa pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas IV SDN 02 Kanigoro
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan literasi budaya siswa kelas IV SDN 02 Kanigoro melalui penggunaan Cultural Literacy Flipbook dalam pembelajaran Bahasa Indonesia. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan dalam dua siklus, masing-masing siklus terdiri dari perencanaan, tindakan, observasi, evaluasi, dan refleksi. Pada siklus pertama, pembelajaran dilakukan tanpa menggunakan flipbook, sementara pada siklus kedua flipbook interaktif diterapkan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan flipbook secara signifikan meningkatkan ketuntasan belajar, partisipasi aktif, dan kemampuan kolaboratif siswa. Pada siklus pertama, 79% siswa mencapai ketuntasan belajar, namun partisipasi dan kerjasama siswa masih perlu ditingkatkan. Setelah penerapan flipbook pada siklus kedua, seluruh siswa 100% mencapai ketuntasan belajar, dengan peningkatan signifikan dalam partisipasi aktif dan kemampuan kolaboratif. Kesimpulannya, penggunaan Cultural Literacy Flipbook efektif dalam meningkatkan literasi budaya dan kualitas pembelajaran Bahasa Indonesia siswa kelas IV SDN 02 Kanigoro. Metode ini dapat menjadi model pembelajaran inovatif yang diterapkan di sekolah-sekolah lain.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Arikunto, S., Suhardjono, & Supardi. (2021). Penelitian Tindakan Kelas .Jakarta: PT Bumi Aksara.
Dheandra, M., Reyva, A., Hutagaol, A. B., Tampubolon, D. H., & Novrianti, J. (2024). Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Literasi Budaya Pada Siswa SMP. 2, 1–8. https://doi.org/https://doi.org/10.47134/diksima.v1i2.9
Diani, R., & Niken, S. H. (2018). Flipbook Berbasis Literasi Islam: Pengembangan Media Pembelajaran Fisika dengan 3D Pageflip Professional. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 4(2), 234–244. https://doi.org/10.21831/jipi.v4i2.20819
Halim, U. N., Sari, M. K., & Hastuti, D. N. A. E. (2023). Pengembangan E-Modul Berbasis Flipbook untuk Meningkatkan Literasi Digital Siswa pada Kurikulum Merdeka. Prosiding Konferensi Ilmiah Dasar, 145–155.
Heryani, A., Pebriyanti, N., Rustini, T., & Wahyuningsih, Y. (2022). Peran Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Dalam Meningkatkan Literasi Digital Pada Pembelajaran Ips Di Sd Kelas Tinggi. Jurnal Pendidikan, 31(1), 17. https://doi.org/https://doi.org/10.32585/jp.v31i1.1977
Khasanah, I. M., Nuroso, H., & Pramasdyahsari, A. S. (2023). Efektivitas Pendekatan Culturally Responsive Teaching ( CRT ) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas II Sekolah Dasar Effectiveness of the Culturally Responsive Teaching ( CRT ) Approach to Improve Learning Outcomes for Class II Elementary School St. Jurnal Pendidikan, Ilmu Sosial, Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(3), 1121–1127.
Kurniawati Mahardika, E., Sevi Nurmanita, T., Anam, K., & Aditya Prasetyo, M. (2023). Strategi Literasi Budaya Anak Usia Dini melalui Pengembangan Game Edukatif. Murhum : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 80–93. https://doi.org/10.37985/murhum.v4i2.287
Lestari, K., Purwanto, B. E., & Nasucha, M. (2023). Pengembangan Bahan Ajar Flipbook dalam Peningkatan Literasi Sains di SDN Kalisapu 04. Journal of Education Research, 4(4), 1634–1644.
Lilik Binti Mirnawati, R. A. V. F. (2022). Penerapan Media Flipbook untuk Meningkatkan Literasi Membaca Siswa SD. Jurnal Pemikiran Dan Pengembangan Sekolah Dasar (JP2SD), 10(1), 22–38. https://doi.org/10.22219/jp2sd.v10i1.19837
Luthfia, R. A., Dewi, D. A., & Hayat, R. S. (2024). Urgensi Projek Berbasis Kearifan Lokal dalam Meningkatkan Literasi Budaya dan Kewarganegaan Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Tambusai, 8, 1419–1426. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/jptam.v8i1.12590
Sadli, M., & Saadati, B. A. (2019). Analis Pengembangan Budaya Literasi dalam Meningkatkan Minat Membaca Siswa di Sekolah Dasar. Terampil, Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar, 6(2), 1–23. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.24042/terampil.v6i2.4829
Silfia, S. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Flipbook Digital Berbasis Literasi Sains untuk Siswa Kelas IV. Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara, 4(2), 97–108.
Sri Astutik, Subiki, & Singgih Bektiarso. (2021). Pelatihan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) Bagi Guru SMAN Panarukan Situbondo. Jurnal Inovasi Penelitian Dan Pengabdian Masyarakat, 1(1), 54–62. https://doi.org/10.53621/jippmas.v1i1.5
Subandiyah, H. (2015). PEMBELAJARAN LITERASI DALAM MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA. Bautechnik, 2(1), 1–6. https://doi.org/10.26740/paramasastra.v2n1.p%25p
Triwardhani, I. J., Mulyani, D., & Pratama, R. (2023). Literasi Budaya Lokal bagi Anak di Desa Jatisura. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(2), 1818–1827. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i2.3962
Utami, N. P., & Yanti, P. G. (2022). Pengaruh Program Literasi terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(5), 8388–8394. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i5.3825
Velinda, F., Kurnianti, E. M., & Hasanah, U. (2024). Analisis Kebutuhan Media Digital Flipbook Interaktif Berbasis Web untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 8(2), 3(2), 524–532. https://doi.org/10.31004/basicedu.v8i2.7325
Widianto, E. (2021). Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi. Journal of Education and Teaching, 2(2), 213. https://doi.org/10.24014/jete.v2i2.11707
Widya, R., Iskandar, S., & Abidin, Y. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Flipbook Berbasis Literasi Sains pada Pembelajaran IPA Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(2), 2099–2104. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i2.2055
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Galuh Kancanadana, Cerianing Putri Pertiwi, Atik Puji Astuti
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.