Penerapan Media Pohon Pintar untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Materi Penjumlahan pada Siswa Kelas 1 SDN 01 Klegen

Dinda Yunita Ayu Priyamitasari, Dwi Nila Anrdiani, Purwati Purwati

Abstract


Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan peningkatan peningkatan hasil belajar melalui penerapan media pohon pintar pada Siswa kelas I sekolah Dasar. Penelitian ini dilaksanakan di SDN 01 Klegen Kecamatan Kartoharjo Kota Madiun. Penelitian ini menggunakan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek dari penelitian ini ialah seluruh siswa kelas I SDN 01 Klegen Tahun Ajaran 2024 yang berjumlah 29 siswa dengan rincian 12 siswa laki-laki dan 17 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini  menunjukkan bahwa dengan menggunakan media pohon pintar dapat meningkatkan hasil belajar siswa dengan ketetapan indikator kinerja 100% dengan kondisi awal presentase ketuntasan klasikal 41% mengalami peningkatan 69% pada siklus I dan dinyatakan belum optimal, maka dilakukan perbaikan pada siklus II dengan hasil pencapaian ketuntasan klasikal 100%. Sehingga melalui penerapan media pohon pintar untuk memecahkan masalah dalam pembelajaran dapat dinyatakan berhasil dan dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas I SDN 01 Klegen.

Keywords


Hasil Belajar Matematika, Pohon Pintar, Siswa Sekolah

Full Text:

PDF

References


Arikunto, S. , S. & S. (2006). Penelitian Tindakan Kelas (PT Bumi Aksara, Ed.).

Hamalik, O. (2014). Kurikulum dan Pembelajaran. PT Bumi Aksara.

Hamdani. (2010). Strategi BelajarMengajar. CV Pustaka Setia.

Hamka. (2018). Media pembelajaran Inklusi ( 1st ed.; 1. Yuwono, ed.). Retrieved from http: //eprints.ulm.ac.6126/1/B5. PublikasihBukuReprensi Media PembelajaranInklusi.

Maryati, I., &Priatna, D. N. (2017). Mosharafa. 6(3). http://e-mosharafa.org/

Nugraha, R. S., Sumardi, S., & Hamdu, G. (2017). Desain PembelajaranTematikBerbasis Outdoor Learning Di SD. Indonesian Journal of Primary Education, 1(1), 34. https://doi.org/10.17509/ijpe.v1i1.7495

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, R&D,.Alfabeta.

Zahroil Batul, R. (2018). Pengembangan Media PembelajaranPohon Pintar Pada Kompetensi Dasar MenerapkanPromosiProdukKelas X Bisnis Daring Dan PemasaranSmk Negeri 2 Blitar. Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Dinda Yunita Ayu Priyamitasari, Dwi Nila Anrdiani, Purwati Purwati

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

SEMINAR NASIONAL SOSIAL, SAINS, PENDIDIKAN, HUMANIORA (SENASSDRA) diterbitkan oleh UNIVERSITAS PGRI MADIUN.
SENASSDRA memiliki ISSN: 2987-3940
Alamat: Jl. Setia Budi No.85, Kanigoro, Kec. Kartoharjo, Kota Madiun, Jawa Timur 63118

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.