Peningkatan Hasil Belajar IPAS melalui Pendekatan Culturally Responsive Teaching Berbasis Media Pop Up Book pada Siswa Kelas IV SDN 01 Klegen Madiun

Dian Wanti Lestyorini, Dwi Nila Ardiani, Purwati Purwati

Abstract


Penelitian ini mempunyai tujuan guna menaikkan hasil belajar IPAS pada siswa  kelas IV dengan memakai pendekatan CRT yakni singkatan dari Culturally Responsive Teaching pada materi Kekayaan Budaya Indonesia. Pendekatan CRT yakni pendekatan yang melakukan integrasi budaya dengan materi belajar mengajar. Penelitian ini yaitu PTK atau singkatan dari penelitian tindakan kelas yang diselenggarakan pada dua siklus. Setiap siklusnya meliputi tahap pembuatan rencana, penyelenggaraan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian yakni siswa kelas IV SDN 01 Klegen dengan total 28 orang. Data penelitian hasil belajar siswa dilakukan pengambilan memakai soal-soal essay dan juga pembuatan Pop Up Book budaya Indonesia. Analisis yang dipakai yaitu analisis kuantitatif serta kualitatif. Temuan penelitian dibuktikan dengan ketuntasan belajar siswa kelas IV pada postest yakni 40% dengan nilai paling tinggi 80 serta nilai terendahnya 55. Kemudian pada siklus I terdapat peningkatan yang signifikan yakni nilai tertinggi yang diperoleh 90, yang terendah 50 dengan rerata nilai 70. Setelah itu pada siklus ke II menaikkan dengan presentase 85% dari 28 siswa terdapat 25 siswa yang sudah tuntas dan meningkat hasil belajarnya. Hasil penelitian ini menampilkan yakni penggunaan pendekatan Culturally Responsive Teaching berbasis media Pop Up Book bisa menaikkan hasil belajar IPAS siswa kelas IV SDN 01 Klegen.


Keywords


Hasil Belajar IPAS, Culturally Responsive Teaching, Pop Up Book

Full Text:

PDF

References


Arum, R., & Yuanta, F. (2019). Pengaruh Media Pop-Up Book Terhadap Hasil Belajar Siswa. Cendekiawan, 5, 1–8.

Fitriani, A., Sudirman, S., & Khair, B. N. (2022). Pengaruh Penerapan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Melalui Pendekatan Discovery Learning Berbasis Cerita Bergambar Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IV di SDN 32 Cakranegara. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(2b), 585–592. https://doi.org/10.29303/jipp.v7i2b.534

Khasanah, I. M., Nuroso, H., & Pramasdyahsari, A. S. (2023). Efektivitas Pendekatan Culturally Responsive Teaching ( CRT ) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas II Sekolah Dasar Effectiveness of the Culturally Responsive Teaching ( CRT ) Approach to Improve Learning Outcomes for Class II Elementary School St. Jurnal Pendidikan, Ilmu Sosial, Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(3), 1121–1127.

Mamuaya, Nova Ch., B. I. M. (2023). “Бсп За България” Е Под Номер 1 В Бюлетината За Вота, Герб - С Номер 2, Пп-Дб - С Номер 12. Peran Kepuasan Nasabah Dalam Memediasi Pengaruh Customer Relationship Marketing Terhadap Loyalitas Nasabah, 2(3), 310–324. https://bnr.bg/post/101787017/bsp-za-balgaria-e-pod-nomer-1-v-buletinata-za-vota-gerb-s-nomer-2-pp-db-s-nomer-12

Rizkiyah, farikha laili, & Mulyani. (2019). Penggunaan Media Pop Up Book Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ips Siswa Kelas Iv Sdn Kajeksan Kecamatan Tulangan Kabupaten Sidoarjo. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 7(1), 2581–2590. https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/39/article/view/27292


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Dian Wanti Lestyorini, Dwi Nila Ardiani, Purwati Purwati

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

SEMINAR NASIONAL SOSIAL, SAINS, PENDIDIKAN, HUMANIORA (SENASSDRA) diterbitkan oleh UNIVERSITAS PGRI MADIUN.
SENASSDRA memiliki ISSN: 2987-3940
Alamat: Jl. Setia Budi No.85, Kanigoro, Kec. Kartoharjo, Kota Madiun, Jawa Timur 63118

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.