Efektivitas Layanan Bimbingan Kelompok dengan Teknik Self-Regulation untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas VII-A SMP Negeri 4 Madiun Tahun Pelajaran 2023/2024
Abstract
Motivasi belajar merupakan dorongan internal dan eksternal yang mendorong seseorang untuk terlibat dalam proses belajar secara aktif, giat, dan berkesinambungan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas layanan bimbingan kelompok dengan teknik self-regulation dalam meningkatkan motivasi belajar siswa kelas VII A di SMP Negeri 4 Madiun. Metode penelitian yang digunakan adalah PTBK (Penelitian Tindakan Bimbingan dan Konseling) dengan pendekatan deskriptif kualitatif, dan tindakan yang diberikan pada penelitian ini sebanyak dua kali siklus layanan bimbingan kelompok. Subjek yang digunakan dalam penelitian ini merupakan 8 orang siswa kelas VII A SMP Negeri 4 Madiun Tahun Pelajaran 2023/2024. Hasil penelitian yang telah dilakukan menunjukkan bahwa pemberian layanan bimbingan kelompok dengan teknik Self-Regulation efektif untuk meningkatkan motivasi belajar siswa. Hal tersebut terbukti dari peningkatan hasil skor tes pada siklus kedua.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Kemmis, S., & McTaggart, R. (1988). The Action Research Planner. Deakin University Press.
Pranoto, H. (2016). Upaya Meningkatkan Percaya Diri Siswa Melalui Layanan Bimbingan Kelompok di SMA Negeri 1 Sungkai Utara Lampung Utara. Jurnal Lentera Pendidikan LLPM UM METRO, 1(1).
Ryan, R. M., & Deci, E. L. (2000). Intrinsic and extrinsic motivations: Classic definitions and new directions. Contemporary Educational Psychology, 25(1), 54-67.
Sugiyono. (2016). METODE PENELITIAN KUANTITATIF, KUALITATIF, DAN R&D. ALFABETA cv.
Sukardi. (2008). Metodologi Penelitian Tindakan. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Zimmerman, B. J. (2002). Becoming a self-regulated learner: An overview. Theory into Practice, 41(2), 64-70.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Dhafin Kurniawan, Silvia Yula Wardani, Nunung Lusiana Margawati
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.